Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah Dan Keluarga

Kejahatan yang semakin meningkat, sifat acuh di antara sesama dan kebobrokan ahlak yang mendominasi kehidupan. Semua kejadian ini seakan memberi peringatan keras pentingnya pendidikan karakter dalam menciptakan generasi bersifat mulia.

penerapan pendidikan karakter harus dilaksanakan sedini mungkin bahkan dalam ruang lingkup yang paling kecil yaitu keluarga. Keluarga menjadi tonggak utama dalam kesuksesan perbaikan moral anak bangsa yang kemudian meluas ke pendidikan karakter di sekolah.

pentingnya pendidikan karakter di keluarga sekolah
pentingnya pendidikan karakter di keluarga sekolah


1. Menanamkan Nilai Moral Yang Tinggi

Melalui pendidikan karakter yang terpadu dan berkesinambungan, akan menjadikan kesuksesan proses penanaman nilai moral menjadi lebih mungkin. Berawal dari waktu kanak-kanak dengan kecenderungan sikap mencontoh tingkah laku lingkungannya.

Pendidikan karakter akan mengajarkan semua pelajaran mulia dari perwatakan manusia. Sehingga dari kecil nilai-nilai luhur menjadi hal yang merupakan keharusan dalam bertingkah laku.

Pentingnya pendidikan karakter menjadi nyata dan terlihat jelas. Kegagalan dalam pemberian contoh tingkah laku baikkan menjadi penyebab utama kegagalan seorang anak tumbuh menjadi pribadi bermoral tinggi.

2. Bagian Proses Pengidentitasan Diri

Pendidikan karakter akan semakin memperjelas terkuaknya identitas diri dari sang anak. Bibit-bibit nilai kebaikan yang muncul akan tumbuh semakin rindang. Penanaman sifat yang dilakukan secara kontinu tanpa adanya langkah terputus mulai dari rumah sampai tingkat lingkungan sekolah.

Hal ini bagaikan dengan menuliskan hal sama berulang-ulang, terbiasa dan kemudian menjadi hafal.

Identitas sebagai bangsa yang menjunjung tinggi budaya malu akan terpatri secara kuat. Oleh karena itu anak-anak Indonesia dengan budaya ketimuran tidak akan terganggu dengan mebauran efek globalisasi. Norma yang dipegang kuat tetap akan menjadikan generasi Indonesia sebagai generasi yang mempunyai sikap malu yang tinggi.

3. Pembentukan Sumber Daya Manusia Berahlak

Apakah benih akan tumbuh subur begitu saja saat ditinggalkan dalam bentuk biji? Menjadi hal yang mustahil tentunya. Sama halnya dengan mengharapkan terciptanya sumber daya manusia yang berahlak tanpa melalui proses penanaman pendidikan karakter. Mengharapkan hasil yang muluk-muluk tanpa mau berusaha. Mimpi sumber daya manusia berahlak tetap menjadi mimpi.

Di setiap proses pentingnya pendidikan karakter bagi terciptanya sumber daya manusia berahlak menjadi sanggat jelas terbukti. Pendidikan di setiap tahapan akan mampu mengantarkan bangsa Indonesia menuju terciptanya manusia dengan ahlak terpuji.

4. Terciptanya Generasi Penuh Kasih

Rasa kasih sayang, saling berbagi dan berempati tidak akan muncul begitu saja tanpa disertai dengan pembelajaran. Anak-anak akan mengerti tenang nilai kasih melalui kebiasaan yang mereka terima, pengetahuan yang selalu diberikan oleh keluarga, dan pemberian contoh dalam tindakan yang nyata.

Tidak hanya tercetak dalam buku-buku tebal. Atau tertulis dalam papan-papan pengumuman. Usaha yang maksimal, kerjasama dari semua pihak akan mendukung kelancaran pentingnya pendidikan karakter melalui nilai-nilai yang disisipkan dalam pembelajaran di rumah dan disekolah.

Keluarga sebagai anak tangga pertama dalam pembentukan generasi  penuh kasih menjadi pokok poin kesuksesan pendidikan berkarakter. Sedangkan sekolah bertugas untuk melanjutkan pembangunan pondasi yang sudah kokoh.

5. Penurunan Angka Kriminalitas

Dengan moral yang telah terbentuk baik dari dini. Melali pendidikan dalam keluarga dan sekolah secara otomatis tercipta pula individu-individu super dengan nilai-nilai kebaikan yang selalu dipegang erat.

Kebaikan menjadi kebiasaan sehingga angka kriminalitas akan turun. Pentingnya pendidikan karakter dalam hal ini mengharuskan penerapannya menjadi tanggung jawab bersama. Terarah dan dengan kerjasama yang bagus dari keluarga dan sekolah. sifat mulia yang telah terpaku dengan kokoh akan menghindarkan dari perilaku yang tidak sesuai. Hingga kejahatan pun akan menurun bahkan tidak ada.

Dari semua uraian di atas maka pentingnya pendidikan karakter menjadi tanggung jawab kita bersama. Terciptanya generasi yang berahlak mulia dengan identitas nasionalis dan budaya ketimuran yang kental menjadi mimpi yang harus diubah menjadi kenyataan secara gotong royong oleh semua pihak.

Post a Comment

0 Comments