Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019

Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019

Masuk perguruan tinggi negeri adalah adalah keinginan dari mayoritas pelajar setelah menamatkan SMA.  Persaingan untuk dapat menjadi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri begitu ketat. Ada banyak jalur tes yang tersedia saat penerimaan mahasiswa baru. Berikut ini adalah daftar jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019 untuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019
Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019


1. SNMPTN

Jalur ini juga dikenal sebagai jalur undangan. Proses seleksinya menggunakan daftar nilai rapor dan tanpa menggunakan ujian tulis. Nilai yang dilihat sebagai syarat seleksi SNMPTN adalah nilai rapor dari semester 1 kelas X sampai kelas XII semester 1. Untuk SMK, nilai tambahan yang perlu disertakan yakni teori dan praktik kejuaruan.

Yang menjadi pertimbangan adalah nilai rapor dari siswa yang mengalami peningkatan tiap semester.Sehingga siswa yang akan mengikuti jalur ini pada penerimaan mahasiswa baru 2019, dituntut untuk melihat kembali nilai rapornya. Hal lain yang menjadi pertimbangan dalam penerimaan jalur ini adalah akreditasi sekolah. Semakin baik akreditasi sekolah , maka sebakin besar jatah diterimanya siswa yang berasal dari sekolah tersebut.

2. SBMPTN

SBMPTN singkatan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ujian yang dilakukan merupakan ujian  tulis yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia khusus untuk perguruan tinggi negeri. Pada penerimaan mahasiswa baru 2019, ujian SBMPTN dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ujian tulis berbasis cetak, ujian tulis berbasis komputer, dan kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Peserta SBMPTN dapat memilih tiga program studi dengan ketentuan tertentu. Bagi calon mahasiswa yang memilih 1 program studi, dapat memilih pada PTN manapun. Tetapi untuk yang memilih 2atau 3 program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada pada satu wilayah pendaftaran dengan tempat mengikuti ujian saja.

3. PMDK

Jalur seleksi PMDK adalah singkatan dari Penelusuran Minat Dan kemampuan. Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki bakat serta minat yang tertulis pada rapor atau piagam. Prestasi yang dimaksudkan bisa berupa prestasi akademik maupun non akademik. Syarat yang diajukan bagi yang memiliki bakat pada bidang akademik adalah dengan memiliki nilai rata-rata minimal 7,00 setiap semester selama masa SMA/SMK.

Sedangkan untuk  prestasi non akademik, calon mahasiswa dapat menunjukkan sertifikat prestasinya minimal pada tingkat daerah. Sertifikat yang ditunjukkan dapat berupa prestasi dibidang olahraga, seni, keagamaan, dan lainnya. Tidak hanya itu, nantinya calon mahasiswa akan diuji sesuai bakat yang tertulis pada piagam/sertifikat tersebut.  Pada penerimaan mahasiswa baru 2019. Beberapa universitas negeri sudah mengumumkan waktu untuk pendaftaran beserta ujiannya.

4. Ujian Mandiri

Seleksi masuk melalui jalur mandiri adalah jalur ujian yang diadakan oleh tiap universitas. Setiap universitas memiliki metode sendiri untuk mengatur ketentuan dan syarat ujian mandiri. Umumnya ujian ini bersifat tertulis. Namun beberapa universitas menerapkan sistem ujian kompetensi yang sesuai dengan program studi. Waktu pelaksanaan seleksi ini adalah setelah diadakannya seleksi SBMPTN.

Jalur seleksi mandiri dapat menjadi alternatif pilihan pada penerimaan mahasiswa baru 2019. Sebab persaingan pada jalur ini tidak begitu ketat dan persyaratannya hanya ditentukan oleh universitas sendiri. Namun calon mahasiswa tetap dituntut untuk rajin belajar, karena juga terdapat peluang tidak diterima melalui jalur ini.

5. Ujian Masuk Khusus

Seleksi ujian masuk khusus adalah jalur ujian yang dilakukan oleh internal dari universitas tersebut di seluruh Indonesia. Contohnya, ujian khusus yang terdapat pada kampus politeknik negeri yang pelaksanannya secara bersamaan bagi seluruh kampus politeknik negeri se-Indonesia. Ujian khusus ini tidak hanya di kampus politeknik, namun juga terdapat di beberapa kampus misalnya kampus Universitas negeri islam, universitas kedinasan, sekalipun PTN seperti Seleksi Mandiri ITB tahun 2019.

Berbagai macam jalur seleksi yang tersedia untuk menuju perguruan tinggi, dapat membuat calon mahasiswa memiliki pandangan tentang pilihan jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga persiapan untuk mengikuti salah satu jalur pada penerimaan mahasiswa baru 2019 dapat dimulai mulai saat ini.

Post a Comment

0 Comments