LTMPT - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi: Fungsi dan Tujuannya

LTMPT - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi: Fungsi dan Tujuannya

Setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi harus melalui ujian seleksi. Beberapa universitas bekerja sama dengan lembaga untuk menseleksi calon mahasiswa/i yang  mendaftar pada kampus pilihannya. Salah satu lembaga yang ikut menyeleksinya adalah LTMPT. Apa itu LTMPT? LMPT adalah singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

LTMPT bergerak dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).  Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  dan terstandar di Indonesia. Asas dari LTMPT adalah fleksibel, akuntabel, adil, transparan dan efisien.

Mengenal LTMPT: fungsi dan tujuannya.jpg

Apa Itu LTMPT?

LTMPT merupakan lembaga nirlaba yang mengurus tes calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi (PT) secara terstruktur dan terukur. Persepsi positif  dari LTMPT adalah Di Negara Indonesia akan memiliki lembaga permanen yang menyelenggarakan tes untuk masuk Perguruan Tinggi dan berstandar nasional.

Pelaksaaan tes menggunakan metode UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dengan menggunakan Desktop dan tes dilaksanakan pada beberapa tempat dan berkali-kali. Setelah 10 hari dari pelaksanaan tes, peserta calon mahasiswa mendapatkan hasil tes secara transparan.

Apa Saja Fungsi Dari LTMPT?

Pada tahun 2019, Kemristekdikti menetapkan kebijakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan oleh LTMPT. Beberapa fungsi dari LTMPT adalah sebagai berikut :

  • Mengolah dan mengelola data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi lewat jalur SNMPTN oleh rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  • Mengolah dan mengelola data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi lewat jalur SBMPTN oleh rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
  • Calon mahasiswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN dan Mandiri dengan ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) .
  • Memberikan informasi hasil perengkingan UTBK SBMPTN kepada peserta dan Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.

Tujuan LTMPT

Sebagai penyelenggara tes, LTMPT mempunyai standar tes yang terstruktur. Adapun tujuan dari LTMPT adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang berasaskan adil, kredibel, transparan, fleksibel, efisien, serta akuntabel.
  • Membantu perguruan tinggi dalam mengelola dan mengolah data calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasar pada nilai akademik dan atau prestasi siswa lainnya.
  • Memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan pelajaran pada saat sudah masuk di perguruan tinggi berdasarkan hasil UTBK SBMPTN dan kriteria lainnya.

Jalur-jalur Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri  

Setiap masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ada jaluryang dapat ditempuh oleh calon mahasiswa. Jalur tersebut adalah SNMPTN, SBMPTN serta jalur mandiri.
Bottom of Form

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi serta portofolio akademik siswa. Beberapa penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah, akreditasi sekolah, prestasi siswa, nilai rapor, serta persyaratan lain sesuai PTN yang dituju.
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dahulu, jalur ini melaksanakan tes dengan ujian tertulis. Sekarang, pelaksanaan ujian menggunakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).
  • Ujian Mandiri. Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian SNMPTN maupun SBMPTN dapat mengikuti jalur ini. Jalur masuk ke PTN yang terakhir adalah ujian mandiri diatur dan ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri yang dituju. Proses seleksi dan penerimaan calon mahasiswa melalui jalur ini bisa menggunakan hasil dari UTBK. Oleh karena LTMPT melayani jasa pengolahan data Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk jalur Mandiri bagi yang lulus pada tahun 2017, 2018 dan 2019.

Kesimpulannya adalah apa itu LTMPT? LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi dibawah naungan Kemristekdikti. LTMPT merupakan lembaga penyelenggara Perguruan Tinggi di Indonesia yang mempunyai standar dan struktur.

Post a Comment

0 Comments