Cara Log-In di Laman DHGTK (Daftar Hadir Guru)

Daftar isi: [Tampil]
Sejak tahun 2018 kemarin, DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) atau yang juga disebut dengan daftar Hadir Guru Online sudah bisa digunakan. Yang demikian ini pastinya bertujuan untuk lebih memudahkan dalam menghitung kehadiran guru, juga akan dituangkan dalam juknis tunjangan profesi. Sehingga diharap agar DHGTK di masing – masing sekolah sudah terisi dengan benar.

Log-In di Laman DHGTK
Log-In di Laman DHGTK

Alasannya, ketepatan dan kebenaran dalam pengisian kehadiran di DHGTK tersebut nanti akan berdampak pada pembayaran tunjangan, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai guru pendidik yang sudah bersertifikasi. Itu artinya, dibayar atau tidaknya, maupun terlambat dan tidaknya proses pembayaran tunjangan profesi nanti akan dipengaruhi data kehadiran yang ada di daftar Hadir Guru Online tersebut.

Mengetahui Tujuan Dibuatnya DHGTK

Log-In di Laman DHGTK
Log-In di Laman DHGTK

Pasti dibuatnya DHGTK atau daftar Hadir Guru Online ini bukan tanpa tujuan, dimana yang demikian tersebut dibuat untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan bagi mereka yang berprofesi sebagai guru pendidik, baik itu di SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Hasil absensi di laman DHGTK tersebut nanti akan dicetak dan diterbitkan menjadi SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) oleh operator tunjangan juga operator simbar atau sistem pembayaran yang ada di Dinas Pendidikan kabupaten, kota, maupun provinsi.

DHGTK sendiri dibuat sesuai pasal 15 tahun 2017. Yang mana semua syarat – syarat yang ada di dalam pasarl tersebut bisa dipenuhi dari Dapodik. Juga sudah sesuai dengan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No. 50 tahun 2017 yang membahas mengenai pengelolaan transfer ke daerah – daerah dan dana desa yang menyatakan bahwasannya penyaluran tunjangan profesi ini akan dilakukan paling lambat 7 hari setelah uang masuk kas.

Lalu pada saat SKTP sudah diterbitkan maka harus dibayarkan kepada guru – guru. Jadi tidak ada alasan memperlambat proses penyaluran dengan meminta berkas – berkas dalam bentuk apapun yang masih ada kaitannya dengan penyaluran tunjangan kepada guru – guru.

Lalu bagaimana cara log-in di laman DHGTK? Mari simak langkah – langkah mudahnya berikut ini.

Cara Log-In di Laman DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan)

Log-In di Laman DHGTK
Log-In di Laman DHGTK
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa Log-In di laman DHGTK adalah mengakses atau mengunjungi laman daftar Hadir Guru Online tersebut, yakni http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau http://223.27.144.195:2017/index.php.
  • Apabila Anda sudah berhasil membuka laman DHGTK tersebut, maka di bagian Isian Anda perlu meng-Input NPSN Sekolah tempat Anda mengajar. Contohnya seperti ini, 12355468, lalu masukkan saja User ID dan Password-nya. Penting sekali untuk Anda tahu bahwa User ID dan Password yang bisa Anda masukkan adalah yang sudah ter-Input di aplikasi Dapodik. 

Baca Juga: Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
 
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memasukkan kode sesuai yang tertulis dan klik Log-In.
  • Apabila Anda sudah berhasil Log-In di laman DHGTK tersebut maka Anda bisa mengakses fitur Beranda, Kehadiran, Keluar Aplikasi, dan Siklus Pekerjaan Sebelum maupun Setelah terbit SKTP. Nah, pada menu Beranda ini ada sub menu Profil Sekolah. Silakan Anda Kunci dan buat SPTJM juga Data Pengguna.
  • Pastikan juga Anda sudah membuat Kalender Sekolah, caranya mudah sekali Anda hanya perlu memilih Tambah Baru atau Hapu Semua di kolom Template Kalender.
  • Setelah itu buat Daftar Hadir Guru, caranya adalah dengan memilih Semester – Bulan – Buat Daftar Hadir. Jika sudah, pilih Save atau Simpan.
  • Apabila Anda sudah bisa membuat daftr hadirnya, maka Anda bisa mengisi daftar hadir tersebut dengan cara memberikan Tanda (atau) menghapus tanda (v).

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara log-in di laman DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan). Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.