Cara Log-In Info GTK Tahun Pelajaran 2019 [Update]

Cara Log-In Info GTK Tahun Pelajaran 2019 [Update]

Penting sekali untuk diketahui bahwa pada dasarnya laman Info GTK ini sudah banyak dicari oleh mereka yang berprofesi sebagai guru pendidik. Alasannya tidak lain karena pada laman Info GKT tersebut Anda nanti bisa dengan mudahnya tahu, atau bisa melakukan pengecekan SKTP tahunan apa memang sudah keluar atau justru masih belum. Bahkan ada banyak pula guru yang menggunakan laman Info GTK ini juga mengetahui apa data sertifikasi guru masih ada masalah atau pun tidak.

Login info GTK

SKTP atau yang juga disebut sebagai Surat Keputusan Tunjangan Profesi ini sendiri merupakan salah satu persyaratan untuk pencarian tunjangan profesi para guru pendidik. Sehingga tidak perlu heran jika pada akhirnya penerbitan SKTP adalah salah satu yang paling dinanti – nantikan oleh semua guru. Di saat – saat seperti inilah biasanya para guru pendidik mulai mendekati para operator Dapodik untuk melakukan pengecekan apa SKTP tersebut sudah keluar atau belum, bahkan kadang kalanya hal demikian dilakukan untuk sekadar memperbaiki data yang ada di aplikasi Dapodik itu sendiri. 

Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara log-in Info GTK semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Log-In Info GTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Sebagai informasi tambahan, perlu untuk Anda ketahui bahwa laman Info Guru atau Info GTK ini sendiri merupakan fasilitas yang dibuat secara khusus oleh Direktorat Guru, serta Tenaga Kependidikan sebagai fasilitas bagi para guru pendidik. Dengan begitu mereka nanti akan dibantu untuk melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah dikirim lewat aplikasi Dapodik di masing – masing sekolah. Kabar baiknya, saat ini log-in info GTK semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 telah dibuka.

Info GTK ini sebenarnya berfungsi hanya untuk membantu para guru untuk bisa menampilkan data – data dari sekolah, dan untuk melakukan pengecekan validasi data guru lewat Info GTK tersebut, Dapodik sekolah harus sudah sinkron minimal 1 minggu atau 7 hari sebelumnya. Lalu bagaimana cara log-in Info GTK semester 2 tersebut? Mari simak langkah – langkah selengkapnya di bawah ini.


  • Jika sudah lanjutkan dengan memasukkan NUPT atau NIK sebagai User ID. Tetapi demikian, Anda juga bisa menggunakan User ID ini pada akun Dapodik.
  • Apabila Anda memang akan menggunakan NUPTK atau NIK sebagai User ID, maka Anda juga perlu memasukkan Tanggal Lahir sebagai Password. Misalnya saja dengan format YYYYMMDD. Dimana untuk YYYY sendiri adalah tahun lahir dengan 4 digit, MM menunjukkan bulan lahir dengan 2 digit, lalu DD yang berarti sebagai tanggal lahir.
  • Contoh mudahnya seperti ini, yakni untuk tanggal lahir 10 Januari 1967, maka Anda bisa menuliskan 19670110.
  • Namun demikian, apabila Anda lebih memilih untuk menggunakan User ID akun Dapodik, maka Anda perlu memasukkan Password yang ada di akun Dapodik. Untuk mendapat User ID dan Password PTK ini Anda bisa langsung hubungi operator sekolah.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memasukkan Kode Captcha yang ada di bagian bawah password dengan benar.
  • Setelah itu Anda bisa melakukan klik di tombol Submit. Tunggu saja sampai laman tersebut memverifikasi data dengan sempurna.
  • Terakhir, apabila masih ada ketidaksesuaian data di lembar Info GTK, maka Anda bisa lakukan pengecekan data di aplikasi Dapodik.

Nah, itulah cara log-in Info GTK semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 telah buka yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments