Cara Cek NIP di Situs BKN Dengan Mudah

Daftar isi: [Tampil]
Saat ini, tenaga pendidikan atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan guru sudah tidak terhitung jumlahnya, baik guru laki-laki maupun guru wanita. Status kepegawaian guru ini kebanyakan masih menjadi tenaga pendidik honorer atau masih wiyata atau bakti. Namun kerja tenaga honorer dalam bidang pendidikan juga tidak kalah hebatnya dengan para guru PNS yang gajinya sudah sangat terjamin.

Cek NIP BKN di aplikasi My SAPK

Justru hampir sebagian besar administrasi yang berbasis online dipegang oleh para guru wiyata bakti, seperti aplikasi dapodik, mencari informasi cara cek NIP bkn.go.id dan sebagainya. Sehingga sebenarnya baik guru PNS maupun wiyata bakti, tidak ada perbedaannya dalam hal tanggung jawab kerja. Salah satu pertanyaan yang sedang banyak dibicarakan oleh para guru saat ini adalah mengenai bagaimana cara cek NIP bkn.go.id yang benar.

Mengingat informasi tersebut sangat dibutuhkan, maka dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang cara cek NIP bkn.go.id yang baik dan benar serta mudah dilakukan. Langsung saja berikut penjelasannya secara lengkap untuk Anda.

Pengertian NIP

Menjadi seorang PNS merupakan impian bagi setiap guru. Seperti yang Anda tahu, gaji guru wiyata bakti kurang sebanding dengan tenaga yang telah diberikannya dalam memajukan dunia pendidikan.
Kecuali jika hal ini dianggap sebagai suatu ibadah, mungkin rasa kurang puas terhadap honor yang diperoleh akan sedikit terlupakan. Wiyata bakti memang memegang peranan yang penting dalam kemajuan dunia pendidikan.

Apalagi saat ini kebanyakan segala informasi dan sistem aturan serta laporan yang dilakukan dilakukan secara online. Mengingat hal ini tentunya pra kaula muda sepertinya lebih memahami daripada yang sudah tua.

Sebelum menjelaskan bagaimana cara cek NIP bkn.go.id, ada baiknya Anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan NIP? Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung  di dunia pendidikan pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan ini, namun bagi orang yang bekerja di luar jalur kedinasan pasti masih jarang yang paham tentang arti sebutan NIP ini.

NIP merupakan kependekan dari Nomor Induk Pegawai. NIP ini akan diterima jika Anda sudah diterima sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Di dalam NIP ini mencantumkan data-data pribadi Anda seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan segala identitas diri yang terkait dengan PNS.
Cara Cek NIP bkn.go.id

Tahun 2018 kemarin telah dibuka penerimaan CPNS besar-besaran, mungkin Anda termasuk salah satu peserta yang mengikutinya. Bagaimana? Apakah Anda juga termasuk peserta yang lulus seleksi CPNS?

Tahun 2018 kemarin memang merupakan salah satu tahun penerimaan CPNS yang cukup besar peluangnya. Namun tidak sedikit juga yang gagal untuk lulus seleksi, bahkan lebih banyak yang gagal daripada yang diterima.

Salah satu faktor banyaknya kegagalan ini adalah jumlah passing grade yang relatif tinggi yang sulit dilalui oleh para peserta CPNS. Namun bukan berarti tidak ada yang lulus seleksi ya, beberapa di antara orang-orang beruntung lulus dan diterima sebagai CPNS.

NIP atau nomor induk pegawai saat ini bisa dilihat di bkn.go.id. Namun tidak jarang juga seseorang yang belum tahu bagaimana cara melihatnya. Untuk mengecek NIP melalui laman BKN, Anda bisa membukanya di aplikasi My SAPK BKN. Laman ini bisa Anda gunakan untuk melihat data PNS secara lengkap termasuk NIP Anda. Periksa apakah data Anda sudah benar ataukah masih ada beberapa kesalahan.

Bagaimana? Mudah bukan cara cek NIP bkn.go.id? Silahkan cek secepatnya agar apabila ada data yang belum benar Anda bisa dengan segera memperbaikinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan Anda untuk melihat data diri dan identitas secara lengkap termasuk NIP Anda di bkn.go.id.

No comments

Powered by Blogger.