Penjelasan Lebih Lengkapnya Tentang SIM PKB 2019

Daftar isi: [Tampil]
Tahukah Anda apa itu SIM PKB 2019? SIM PKB (SIMPKB) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan sistem informasi manajemen terpadu pada Perembangan Keprofesian Berkelanjutan. Adapun yang dimaksud dengan PKB sendiri adalah proses dari penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

SIM PKB (SIMPKB) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan sistem informasi manajemen terpadu pada Perembangan Keprofesian Berkelanjutan
Sistem informasi manajemen terpadu pada Perembangan Keprofesian Berkelanjutan

Penting untuk kita ketahui bersama, bahwa SIM PKB ini bisa digunakan untuk login ke Pretest dan Posttest PKB, melakukan pengecekan pada SKTP, Pretest PPG, dan mengecek hasil Prets PPG. Semua guru pendidik di sekolah – sekolah saat ini harus mengikuti SIM PKB. Sebab sejak tahun 2017 lalu, Ditjen GTK sudah kembangkan program PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang menjadi kelanjutan dari program Guru Pembelajar. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kompetensi guru yang sudah terintegrasi dalam SIM PKB.

Informasi Lengkap Tentang SIM PKB 2019

Penjelasan Lebih Lengkapnya Tentang SIM PKB 2019

Baik itu guru pendidik, kepala sekolah, atau pun pengawas sekolah melalui SIM PKB ini harus masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK. Dimana hal tersebut terdiri dari Gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja dan Kepala Sekolah (KKKS), dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

SIM PKB sendiri merupakan sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. PKB pada dasarnya menjadi kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan. Contohnya saja seperti pengembangan profesinya. Hasil akhir yang diharapkan sebetulnya masih berkaitan erat dengan keberhasilan siswa pendidik.

Penjelasan Lebih Lengkapnya Tentang SIM PKB 2019

Sementara itu untuk guru pendidiknya sendiri melakukan pembelajaran dengan tujuan tidak lain untuk menjadikan para siswa – siswanya bisa memiliki pengetahuan yang lebih, memiliki keterampilan yang jauh lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam mengenai materi yang akan diajarkan, juga bisa memperlihatkan dengan baik apa saja yang diketahui serta mampu melakukannya.

Selain hal tersebut, pada dasarnya pengembangan keprofesian yang berkelanjutan ini harus banget dilakukan berdasarkan kebutuhan para guru pendidik. Itu artinya kebutuhan untuk mencapai atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru pendidik. Hal tersebut yang nanti juga akan berimplikasi pada pendapatan angka kredit untuk kenaikan pangkat atau jabatan fungsional guru.

Baca Juga: Cara Login Info GTK yang Mudah Terbaru 2019

Penting pula untuk diketahui bahwa pada peraturan menteri negara pemberdayaan aparatur negara juga reformasi birokrasi yang membahas tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, PKB dapat diartikan sebagai unsur utama yang mana kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir para guru pendidik.

Selain itu juga perlu untuk diketahui bahwa kegiatan pada program Guru Pembelajar saat ini sudah menjadi salah satu jenis pengembangan keprofesian yang berkelanjutan para guru yang masuk dalam komponen pengembangan diri. Oleh sebab itu sejak tahun kemarin GPO sudah berubah menjadi SIMPKB atau SIM PKB.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai SIM PKB 2019. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda semuanya.

No comments

Powered by Blogger.