Cara Mengatasi Dapodik Tidak Bisa Dibuka [Update 2019]

Daftar isi: [Tampil]
Dapodik atau data pokok pendidikan dasar dan menengah merupakan suatu sarana sekaligus program perencanaan pendidikan yang tersedia dalam bentuk aplikasi yang sangat mudah diakses. Hanya saja, seringkali terjadi masalah aplikasi dapodik yang tidak bisa dibuka.
cara mengtasi web dapodik error tidak bisa dibuka
cara mengatasi web dapodik error tidak bisa dibuka

Ada banyak hal yang menjadi penyebab dapodik tidak bisa dibuka termasuk masalah jaringan, server, aplikasi error atau yang lainnya. Lantas bagaimana cara mengatasi dapodik tidak bisa dibuka 2019? Berikut kami akan bagikan informasinya untuk Anda secara detail untuk mengatasi masalah yang sama. Check these out!
Error web dapodik tidak bisa dibuka
Error web dapodik tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Dapodik Tidak Bisa Dibuka 2019

Salah satu aspek yang menjadi indikasi dapodik tidak bisa dibuka adalah munculnya keterangan We Are Sorry, But Something Went Terribly Wrong. Ya, jika keterangan tersebut muncul maka masalah aplikasi Dapodik tidak bisa dibuka menghampiri Anda. 
Aplikasi dapodik tidak bisa dibuka
Aplikasi dapodik tidak bisa dibuka

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara mengatasi dapodik tidak bisa dibuka 2019 yang bisa Anda terapkan, berikut langkah – langkahnya:
  1. Pertama – tama lakukan stop services Dapodik Web Srv dan Dapodik DB. Caranya dengan Anda tekan tombol Win+R. Kemudian ketik services.msc setelah itu klik pada services tersebut dan klik stop.
  2. Kemudian cara yang kedua, Anda buka window explorer dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik asli. Hal ini merupakan suatu langkah dan cara backup data yang belum disinkronisasikan. Nantinya akan Anda temukan folder program files (x86) atau pada folder program files yang ada di sebagian komputer Anda.
  3. Langkah selanjutnya, Anda buka regedit dengan cara Anda tekan tombol Win+R kemudian ketika Regedit. Anda akan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/DitjenDikdasmen/Dapodik dimana Anda akan hapus key folder Dapodik.
  4. Lakukan instalasi Dapodik 2019. Kalau sudah selesai, buka browser dan hapus segera history browser kemudian buka di addressbar: localhost:5774
  5. Kalau instalasi yang sudah dilakukan berhasil, selanjutnya Anda lakukan stop service dapodikwebsrv dan dapodikdb.
  6. Kemudian lakukan program replace data yang Anda miliki (dapodik asli) kemudian lakukan restart laptop atau komputer Anda.

Setelah semua step by step diatas dilakukan, selanjutnya selesai. Demikian bagaimana cara mengatasi dapodik tidak bisa dibuka 2019. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi sangat bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.