Mengenal DHTGK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) versi 2.1

Daftar isi: [Tampil]
Pada era digital seperti sekarang ini, institusi pemerintah termasuk dunia pendidikan sudah memanfaatkan produk – produk digital. Dalam dunia pendidikan, salah satu produk digital yang turut dimanfaatkan adalah DHGTK. Apa itu DHGTK?

Web daftar hadir guru dan tenaga kependidikan
Web daftar hadir guru dan tenaga kependidikan

DHGTK merupakan daftar hadir guru dan tenaga kependidikan yang pada kesempatan kali ini kita akan berusaha mengenalnya. Mari kita mengenal DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) dalam rincian informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengenal DHGTK

Oke dalam mengenal DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan), kita akan pahami dulu tentang aplikasi DHGTK itu sendiri. Aplikasi DHGTK ini merupakan suatu aplikasi laman yang bisa diakses di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1

Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan digunakan untuk mengisi kehadiran guru dan tenaga kependidikan tidak secara manual atau melalui berkas, melainkan secara online. 

Data pada aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan mengambil data hasil sinkronisasi Dapodik sehingga pada akhirnya daftar guru dan tenaga kependidikan yang tampil pada DHGTK akan sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi Dapodik. 

Kemudian untuk mengisi data kehadiran secara online melalui aplikasi DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan) sebagai berikut ini :

  • Pilihlah tanggal yang berada di sebelah kiri untuk menentukan tanggal kehadirannya.
  • Kalau sudah tampil daftar nama – nama guru Anda perlu isi jam masuk dan jam keluarnya. 
  • Jika kemudian ada perubahan pada bagian kolom datang dan atau pada kolom pulang, maka check box akan segera berubah warna. 
  • Perhatikan warna checkboxnya. 
  • Nah, jika checkboxnya berwarna abu – abu, tandanya data tidak akan disimpan. Sementara jika checkboxnya memiliki warna biru, maka hal tersebut merupakan suatu tanda bahwa data perubahan akan disimpan. 

Guru dan Tenaga Kependidikan yang sudah melakukan absensi melalui mesin sidik jari, maka bagi dirinya tidak dapat mengisi data kehadiran dengan cara yang sudah kami sebutkan diatas pada tanggal yang sama. 

Sebagai peringatan yang Anda harus tahu bahwa adapun melakukan langkah entri data kehadiran hanya dapat digunakan oleh pihak sekolah yang memiliki beberapa kondisi berikut ini :

  • Masih belum memiliki mesin scan jari atau fingerprint sensor
  • Mesin scan jari atau finger print sedang dalam perbaikan atau dalam masalah kerusakan yang belum teratasi
  • Fisik dari mesin scan jari atau finger print tidak berfungsi karena adanya berbagai macam alasan. 

Nah, mengenai berbagai macam informasi cara melakukan entry daftar hadir guru dan tenaga kependidikan bisa Anda akses di laman resmi DHGTK yaitu di alamat web http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/kelengkapan/entri

Kehadiran. Sebagai catatan bahwa dalam pengisiannya Anda harus melakukan login dulu dengan menggunakan akun sekolah sesuai yang terdapat pada aplikasi Dapodik itu sendiri. 




No comments

Powered by Blogger.