Mengenal Komponen Pembiayaan BOS Pada SMA

Daftar isi: [Tampil]
Ada beberapa revisi tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Revisi yang telah ditetapkan sebagai aturan untuk bantuan operasional sekolah sendiri tentunya mengatur beberapa aspek dan komponen penting.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang seperti apa sih komponen pembiayaan BOS pada SMA? Berikut informasi selengkapnya yang Anda harus tahu dan pahami mengenai komponen pembiayaan BOS pada SMA!

Komponen Pembiayaan BOS Pada SMA

Hal – hal yang ada kaitannya dengan komponen pembiayaan BOS pada SMA diantaranya meliputi beberapa aspek berikut ini :

Pengembangan perpustakaan

Dalam program pengembangan perpustakaan beberapa program yang dilakukan diantaranya penyediaan buku teks utama, penyediaan buku teks pendamping dan penyediaan buku non teks.

Penyediaan buku teks utama merupakan program pendampingan siswa dimana sekolah menyediakan buku teks bagi peserta didik sesuai dengan aturan serta kurikulum yang telah digunakan. Tidak hanya bagi siswa, buku teks utama juga diadakan untuk guru yang mengajar demi keperluan kegiatan pembelajaran.

Untuk buku teks pendamping disediakan sebagai pendamping bagi peserta didik dan guru sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan. Buku teks pendamping yang boleh dibeli oleh sekolah adalah buku – buku teks yang sudah dinilai oleh pihak kementerian. 
Komponen pembiayaan BOS

Buku nonteks yang disediakan harus mengacu pada tata aturan yang sudah menjadi ketetapan oleh pihak kementerian. Pembelian buku teks dan non teks maksimal sebesar 20% dari dana BOS Reguler yang sudah diterima.

Pelaksanaan PPDB

Pembiayaan dalam rangka PPDB juga termasuk semua hal yang ada kaitannya dengan pendataan ulang bagi peserta didik lama. Semua tata laksana dalam program PPDB juga terkait dengan pengadaan alat tulis, penggandaan formulir, penyediaan konsumsi, transportasi dan sebagainya.

Kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler

Pembiayaan alat habis pakai, pembiayaan remedial, biaya pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, pembiayaan aplikasi pembelajaran atau produk digital lainnya, serta pembiayaan pendidikan karakter semuanya ditanggung oleh dana BOS.

Kegiatan evaluasi pembelajaran

Ulangan harian, program ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, US berbasis komputer, dan USBN yang terdiri atas penggandaan soal, laporan dan sampai biaya transportasi pengawas ujian semuanya ada dalam prosedur BOS.

Pengelolaan sekolah

Pembelian berbagai macam alat atau bahan habis pakai yang sangat dibutuhkan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, administrasi dan juga layanan umum, tata usaha dan semua kegiatan perkantoran ada dalam komponen pembiayaan BOS sendiri.

Pengembangan profesi untuk guru serta tenaga pendidikan terkait dan pengembangan manajemen untuk sekolah

Jika dilakukan penyelenggaraan kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan musyawarah kerja Kepala Sekolah di setiap sekolah, maka ada dana untuknya. Pembiayaan mengadakan pelatihan atau in house training atau lokakarya (workshop) yang diperlukan juga berkaitan dengan dana BOS pada SMA yang bisa dibebankan.

Biaya pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah

Biaya untuk melakukan pemeliharaan kerusakan dan perbaikan sarana serta prasarana sekolah meliputi berbagai potensi kerusakan komponen yang bersifat nonstruktural dengan ketentuan penggantian kurang dari 30% dari komponen terpasang bangunan.

Semua hal yang ada kaitannya dengan perbaikan furniture sekolah, toilet, sumber air bersih, pemeliharaan komputer semuanya diatur dalam bantuan dana operasional sekolah yang diberikan terhadap masing – masing sekolah.

Pembayaran honor

Pemerintah daerah serta masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan pada prinsipnya wajib melakukan alokasi pembiayaan honor untuk guru honorer dan guru yayasan yang telah ditugaskan pada sekolah – sekolah.

Itulah berbagai macam komponen pembiayaan BOS pada SMA yang perlu menjadi bahan pertimbangan Anda. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang semakin menambah wawasan khususnya tentang BOS.

No comments

Powered by Blogger.