Tata Cara Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS Pada Dapodik

Daftar isi: [Tampil]
Bagi kepala sekolah yang ada di Indonesia, terdapat suatu tata aturan yang baru. Tata aturan yang baru tersebut salah satunya adalah tentang pemutakhiran dapodik. Pembaharuan demi pembaharuan juga hadir.

Kepada kepala sekolah, diinstruksikan bahwa seseorang untuk sesegera mungkin melakukan langkah pemutakhiran data akun kepala sekolah serta akun bendahara sekolah. Pemutakhiran tersebut dilakukan melalui aplikasi dapodikdasmen yang terbaru.

Pemutakhiran akun kepala sekolah di Dapodik
Pemutakhiran akun kepala sekolah di Dapodik

Lantas, bagaimana cara pemutakhirannya? Mengenai tata cara pemutakhiran akun kepala sekolah dan bendahara bos pada dapodik, berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Tata Cara Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara di Dapodik

Tata cara dalam melakukan upaya pemutakhiran akun kepala sekolah dan bendahara bos pada dapodik, sebagai berikut ini :

Pemutakhiran akun dan tugas tambahan kepala sekolah

Langkah – langkah dalam tata cara pemutakhiran akun serta tugas tambahan kepala sekolah sebagai berikut ini :
  • Pertama – tama Anda harus melakukan login pada aplikasi dapodikdasmen sebagai operator
  • Kemudian masuklah dengan tab GTK kemudian pilih atau klik pada data individu (nama) kepala sekolah
  • Klik di bagian tab penugasan dan selanjutnya pilih buat atau ubah akun PTK
  • Silahkan Anda membaca ketentuan serta petunjuk pengisian data akun PTK
  • Isikan data username atau email, password serta ulangi di bagian konfirmasi password dan simpan.
  • Selanjutnya masuk pada data rinci kepala sekolah, lakukan pengecekan data tugas tambahan dan pastikan bahwa jabatan telah dipilih. Jabatan yang dipilih yaitu “Kepala Sekolah. Setelah itu cek data nomor SK dan TMT yang telah Anda isi dengan benar.
  • Untuk tugas tambahan yang memang masih aktif di kolom TST harus Anda kosongkan.

Pemutakhiran akun dan tugas tambahan bagi Bendahara Sekolah

Jika Anda merupakan seorang bendahara sekolah, ada beberapa cara pemutakhiran akun bendahara sekolah BOS pada Dapodik. Langkah – langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama – tama Anda harus melakukan login pada aplikasi Dapodikdasmen sebagai operator.
  • Kemudian masuk pada bagian tab GTK dan pilih atau klik di bagian data individu (nama) bendahara Sekolah.
  • Klik di bagian tab penugasan kemudian pilih buat atau ubah akun PTK
  • Selanjutnya silahkan Anda membaca semua ketentuan serta petunjuk pengisian data akun PTK yang sudah disediakan
  • Isikan data username (email), password dan ulangi di bagian konfirmasi password
  • Setelah itu simpan.
  • Kemudian Anda perlu memasukkan data secara rinci mengenai data – data bendahara sekolah yang dimaksud, cek data tugas tambahan dan Anda harus pastikan bahwa jabatan telah dipilih yaitu bendahara BOS bukan jabatan yang lain.
  • Selanjutnya cek data nomor SK dan TMT yang telah diisi secara benar. Untuk tugas tambahan yang masih aktif kolom TSTnya memang harus Anda kosongkan.

Melakukan validasi dan sinkronisasi

Dalam upaya validasi dan sinkronisasi data – data, baik dalam pemutakhiran akun kepala sekolah atau bendahara sekolah, ada hal penting yang Anda harus perhatikan. Hal penting tersebut adalah bahwa pemutakhiran harus menggunakan alamat email yang masih aktif, asli dan masih berfungsi.

Itulah bagaimana tata cara pemutakhiran akun kepala sekolah dan bendahara BOS pada dapodik. Melalui tata cara diatas bisa dipastikan Anda akan sukses dalam menerapkan step by step pemutakhiran akun kepala sekolah dan bendahara BOS pada dapodik sesuai yang ditetapkan.

No comments

Powered by Blogger.