Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler [2019]

Daftar isi: [Tampil]
Ada peraturan baru terkait dengan Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan saat ini memang baru. Ada beberapa hal terkait petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler atau BOS yang kemudian diubah.

Apa saja aspek yang kemudian diubah dalam bantuan BOS yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan ketentuan dan peraturan barunya? Berikut informasi tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler yang perlu Anda tahu!

dana bantuan operasional sekolah
dana bantuan operasional sekolah

Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler  

Peraturan kementerian pendidikan dan budaya telah melakukan pengubahan lampiran 1 Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler (BOS Reguler) secara khusus yang ada kaitannya dengan besaran pembiayaan honor kepada guru yayasan di tingkat SD, tingkat SMP, tingkat SMA dan tingkat SLB.

Masyarakat yang sebelumnya hanya 15% di ubah kemudian menjadi sekitar 30% dalam tata laksananya. Pada petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2019 lalu, disebutkan bahwa Pembayaran honor bulanan guru atau tenaga kependidikan dan juga non kependidikan honorer yang ada di sekolah telah diselenggarakan oleh masyarakat dalam rangka penggunaan dana BOS reguler yang paling banyak sebesar 15% dari total BOS reguler yang sudah diterima.
Dana BOS dan panduan pengajuannya
Dana BOS dan panduan pengajuannya

Kemudian dilakukan revisi pada tanggal 22 Januari 2019 mengenai petunjuk teknik BOS dengan agenda bahwa : pembayaran honor bulanan guru yayasan atau tenaga kependidikan dan nonkependidikan yang ada di sekolah telah diselenggarakan oleh masyarakat dan dapat menggunakan dana BOS reguler yang paling banyak sebesar 30% dari total BOS reguler yang telah diterima.

Petunjuk teknis BOS serta produk hukum dari kementerian pendidikan dan budaya senantiasa diupload dan bisa didownload oleh masyarakat umum di alamat website : https://jdih.kemdikbud.go.id/.

Terkait dengan petunjuk teknis BOS ini, hal yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah adalah melakukan pembentukan tim BOS sekolah reguler yang memiliki beberapa agenda atau tugas, diantaranya:

  • Mengisi, mengirim serta melakukan upaya pemutakhiran data – data pokok pendidikan secara lengkap ke dalam suatu sistem data pokok pendidikan yang telah disesuaikan berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
  • Memastikan serta bertanggung jawab atas data yang sudah masuk ke dalam Dapodik sesuai dengan kondisi riil yang ada di sekolah. 
  • Melakukan verifikasi kesesuaian jumlah dana yang telah diterima dengan data peserta didik yang sudah ada. 
  • Melakukan penyelenggaraan keadministrasian secara detail dan lengkap sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku. 
  • Memenuhi ketentuan transparansi atas suatu pengelolaan dan penggunaan. 
  • Melakukan penyusunan dan menyampaikan laporan secara detail dan lengkap. 
  • Menyampaikan semua laporan terkait realisasi penggunaan dana BOS reguler dalam jaringan atau daring melalui laman bos.kemdikbud.go.id
  • Memberikan tanggung jawab secara formal dan secara material atas penggunaan BOS reguler yang telah diterima
  • Memberikan pelayanan serta sekaligus upaya penanganan dan pengaduan masyarakat.

Demikian berbagai petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler yang sangat penting Anda tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif untuk Anda.

No comments

Powered by Blogger.