Tugas dan Fungsi Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen)

Daftar isi: [Tampil]
Dalam pengaturan pajak, kita mengenal Direktorat Jenderal Pajak. Sementara dalam pengaturan sistem pendidikan di Indonesia, kita mengenal Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Lantas, apa tugas dan fungsi direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia?

tugas dan fungsi dikdasmen
mengenal tugas dan fungsi dikdasmen

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia sehingga dapat memberikan keteraturan sistem pendidikan di Indonesia.

Karena tentu tanpa Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang berperan serta dalam dunia pendidikan, keteraturan dalam dunia pendidikan di Indonesia tidak akan seperti sekarang ini.

Logo ortala Ditjen Dikdasmen


Tugas dan Fungsi Ditjen Dikdasmen

Sebelum kita membahas tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, kita akan membahas dulu apa sih sebenarnya Ditjen Dikdasmen atau Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah?

Ditjen Dikdasmen merupakan unsur pelaksana pendidikan di Indonesia yang berada di bawah tanggung jawab dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ditjen Dikdasmen ini memiliki tugas dalam penyelenggaraan perumusan serta tata laksana kebijakan yang ada kaitannya dengan bidang pendidikan dasar dan menengah.

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh satuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 11 Tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja kementerian pendidikan dan kebudayaan pada pasal 347, dinyatakan bahwa tugas dan fungsi direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah sebagai berikut ini:

  • Merumuskan berbagai macam kebijakan pada bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana pendanaan serta tata kelola pendidikan dasar dan menengah.
  • Merumuskan tentang pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan kualitas pendidikan karakter bagi peserta didik, memberikan fasilitas sumber daya, memberikan izin dan kerja sama penyelenggaraan satuan pendidikan yang telah diselenggarakan oleh perwakilan negara asing atau lembaga asing. 
  • Penyelenggaraan pendidikan di daerah khusus dan di daerah tertinggal serta penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 
  • Memberikan fasilitas pembangunan teaching factory dan technopark yang ada di lingkungan sekolah menengah kejuruan
  • Menyusun norma, standar, prosedur serta sekaligus criteria di bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 
  • Memberikan suatu bimbingan teknis dan bimbingan supervisi pada bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 
  • Melakukan berbagai tahapan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 
  • Melaksanakan administrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Melaksanakan fungsi lain yang telah diberikan oleh kementerian terkait. 

Itulah tugas dan fungsi direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah yang penting diketahui. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan memberikan inspirasi positif bagi Anda.

No comments

Powered by Blogger.