Cara Mengikuti Rekrutmen Kereta Api 2019

Daftar isi: [Tampil]
Bekerja di perusahaan ternama merupakan keinginan dan kebanggaan setiap lulusan baru. Apalagi jika perusahaan tersebut memberikan benefit yang cukup menguntungkan bagi karyawannya. Maka tak heran jika banyak lulusan baru yang terus menerus mengejar perusahaan sejenis ini.

Tata Cara Rekrutmen Kereta Api

Rekrutmen merupakan suatu cara dari perusahaan untuk melakukan pengrekrutan karyawan baru. Perekrutan ini biasanya dilakukan besar-besaran, namun terkadang juga bisa dilakukan per wilayah atau area tertentu saja.

Perusahaan transportasi seperti kereta api (PT KAI) pun ikut melakukan rekrutmen secara besar-besaran. Setiap tahun akan ada program perekrutan untuk posisi dan jabatan yang berbeda-beda. Jenis latar pendidikan dan jurusannya juga tidak sama.
Ilustrasi rekrutment PT KAI 2019
Ilustrasi rekrutment PT KAI 2019

Meski demikian, tata cara yang diberikan setiap tahunnya tidak jauh berbeda. Yuk, perhatikan cara mengikuti rekrutmen sebagai pegawai kereta api berikut ini agar bisa lolos seleksi.

Mengetahui Sumber Info Pengumuman Perekrutan

Anda wajib memastikan bahwa proses rektrutmen benar-benar diadakan oleh pihak resmi perusahaan kereta api.  Info tentang proses perekrutan akan diumumkan padawebsite resminya yaitu recruitment.kai.id/lowongan.

Pahami Kriteria Pelamar Kerja

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja sebelum nantinya lanjut mendaftar. Beberapa hal yang umum untuk diketahui adalah seperti berikut ini.

Kewarganegaraan

Untuk mengikutiseleksi rekrutmen, Anda harus berkewarganegaraan Indonesia. Tidak dilerbolehkan bagi warga negara asing untuk mengikutinya.

Jenis Kelamin

Tidak semua proses rekrutmen bisa diikuti wanita dan pria. Contohnya, untuk posisi kondektur biasanya hanya boleh diikuti oleh pria saja.

Usia Pelamar

Pada saat melamar kerja di perusahaan kereta api, mereka mematok batas usia minimal maksimal.
Batas usia ini disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang diperoleh pelamar. Jika Anda nekat mendaftar padahal tahu bahwa melebihi atau kurang dari batas usia, maka siap-siap Anda tidak akan lolos tahap awal.

Penampilan

Beberapa posisi seperti Customer Service akan mencantumkan kriteria dengan penampilan yang harus menarik. Bukan tanpa alasan mengapa kriteria ini dicantumkan. Hal ini merupakan bagian dari trik serta alasan untuk menarik calon pelanggan.

Memenuhi Persyaratan Rekrutmen

Setelah dirasa memenuhi kriteria, maka Anda boleh berlanjut ke tahap kelengkapan persyaratan. Beberapa persyaratannya antara lain adalah sebagai berikut.

Bukti Identitas

Bukti Identitas yang diminta biasanya adalah fotokopi KTP. Dari KTP ini, pihak rekrutmen akan melihat apakah sesuai dengan kriteria, seperti usia, jenis kelamin, dan kewarganegaraannya.

Ijazah

Sebagai penanda dan buktibapa pendidikan terakhirnya, maka pelamar harus melampirkan fotokopi ijazah.

Transkrip Nilai

Yang tak kalah penting dan berbarengan dengan ijazah yaitu transkrip nilai. Transkrip ini akan menunjukkan,apakah nilai ujian akhirnya sesuai dengan batas nilai minimum kriteria yang diajukan.

Pas Foto

Pihak rekrutmen menentukan bentuk ukuran pas foto, dengan format softcopy ataupun hardcopy. Pada format softcopy, akan ditentukan berapa maksimum kapasitas ukuran dan dalam bentuk apa. Pas foto ini merupakan penentu penampilan awal pada tahap seleksi permulaan.

Mengetahui Jenis Tahapan Seleksi

Rekrutmen yang diadakan Oleh perusahaan ini biasanya melalui beberapa tahap. Tahapan ini memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya tersaring menjadi beberapa kandidat terpilih.
Setelah melakukan pendaftaran, seleksi awalnya dimulai dengan administrasi. Seleksi ini lebih ke pemilihan kelengkapan dan kesesuaian berkas dengan kriteria dan persyaratan.

Seleksi selanjutnya adalah tes psikologi si pelamar. Setelah melewati seleksi ini, maka akan dilanjutkan dengan wawancara dan diakhiri dengan tes kesehatan atau medical check up.

Mengikuti Prosedur

Dalam situs resminya, pihak rekrutmen akan mencantumkan pula prosedur pendaftaran. Dimulai dari panduan secara online maupun offline, batas waktu pendaftaran, hingga lokasi yang mengadakan rekrutmen ini.


Agar bisa lolos dalam seleksi selanjutnya, Anda sebaiknya harus mengikuti cara yang telah dijabarkan di atas. Tata cara dalam rekrutmen perusahaan keretaapi ini tidak sesulit yang dikira jika sudah menjalaninya.

No comments

Powered by Blogger.