Mengenal Ujian Apoteker UKAI dan Contoh Soalnya

Daftar isi: [Tampil]
Beberapa orang sering menganggap pekerjaan sebagai apotekter sudah selesai ketika memberikan obat yang diresepkan oleh dokter dan memberikan arahan mengenai aturan dosis saja. Tetapi faktanya tidak demikian, pekerjaan apoteker juga memiliki cakupan yang cukup luas, salah satunya juga turut memastikan kualitas obat yang akan diberikan kepada pengguna.

mengenal ujian apoteker UKAI dan soalnya
Mengenal ujian apoteker UKAI dan soalnya

Maka dari itu, sebelum terjun ke dunia pekerjaan, seorang apoteker harus memiliki perbekalan yang cukup. Selain sudah menempuh pendidikan, mereka juga harus mengikuti beberapa persyaratan, salah satunya tentang ujian UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia).

Apa itu UKAI?

UKAI adalah salah satu wujud yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya untuk menyetarakan kualitas apotekter Indonesia, dengan menggelar sebuah ujian bertaraf Nasional. Sebelum dinyatakan atau disumpah, seorang aptekter harus berhasil melaksanakan ujian UKAI.

Ini adalah sebuah metode yang digunakan sebagai cara untuk membentuk sebuah standart ideal mengenai pekerjaan sebagai apoteker. Melalui UKAI, pemerintah diharapkan Indonesia memiliki apoteker yang unggul, bahkan layak untuk bekerja dengan level international.

Tips Menghadapi Ujian UKAI

Meskipun kamu berhasil mendapatkan IPK 4.00, namun sebelum bekerja sebagai seorang Apoteker, kamu harus tetap menjalakan sebuah ujian yang biasa disebut sebagai UKAI. Seperti yang sudah kami katakan, UKAI merupakan syarat bagi seorang calon apoteker mendapatkan pengakuan mengenai kemampuannya terkait obat.

Apakah kamu salah satu orang yang akan menjalankan UKAI? Agar hasilnya memuaskan dan sekali ujian langsung lulus, kamu harus memiliki cara belajar terbaik. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips menghadapi UKAI agar lulus dalam sekali ujian. Yuk kita simak topiknya dibawah ini.

Persiapkan Sejak Awal Kuliah

Untuk kamu para mahasiswa baru sebaiknya siapkan UKAI sejak awal masuk kuliah biar kamu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya dan dalam sekali test langsung berhasil. Meskipun waktu ujian masih lama, namun mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari pasti akan lebih maksimal.
Kamu bisa memulai untuk memperkenali topik yang sifatnya basic, dan pasti ada dalam ujian UKAI. Dengan begitu, mendekati ujian kamu bisa lebih fokus pada materi terbaru yang belum kamu ketahui.

Pilih Materi yang Paling Tinggi Muncul

Sebagai seorang yang sudah belajar mengenai dunia apoteker bertahun-tahun, tentu kita memiliki pengetahuan yang lebih baik, maksudnya kita memiliki cukup wawasan mengenai perkembangan keimuan dalam bidang ini.

Gunakan hal ini sebagai cara untuk memprediksikan soal mana saja yang memiliki kemungkinan paling besar untuk muncul di UKAI. Dengan begini, cara belajar kita akan lebih efektif, karena apa yang kita pelajari akan menjadi lebih sedikit.

Catat semua topik tersebut, dan perdalam pengetahuan kamu mengenai beberapa topik yang sudah kamu simpukan, sampai kamu tidak ada masalah dengan hal tersebut.

Fokus pada Materi yang Kurang Paham

Jika ingin menjadi seorang apoteker, maka kita harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua jenis obat yang sering digunakan oleh masyarakat. Semua orang memiliki keterbatasan, termasuk ketika mengingat materi atau ilmu.

Namun sebagai calon apoteker yang baik, kamu harus bisa mengatasi hal tersebut. Tips agar lulus ujian apoteker yang kedua adalah mempelajari materi-materi lain yang belum kamu pahami. Fokus dan perdalam mengenai materi tersebut, tujuannya tidak hanya sekedar lulus UKAI saja, namun nantinya kita juga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Belajar Bersama

Belajar dengan teman-teman menurut kami jauh lebih seri dibandingkan dengan belajar sendiri. Kamu bisa membuat kelompok belajar yang khusus mempelajari soal-soal yang nantinya muncul dalam ujian UKAI.

Metode balajar yang bisa kamu pilih juga cukup banyak, bisa dimulai dari memperdalam materi lalu dilanjutkan dengan membahas soal-soal yang ada bersama teman satu kelompok.

Manfaatkan Tryout dengan Baik

Tryout adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh para universitas dalam mempersipakan mahasiswanya menghadapi UKAI. Kamu harus bisa memanfaatkan ini dengan baik. Tidak hanya sebagai media belajar, Tryout bisa kamu jadikan sebagai ajang untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kamu mengai soal UKAI.

Contoh Soal UKAI Terbaru

Soal dalam UKAI sendiri biasanya berupa pilihan ganda yang disajikan dalam bentuk cerita dengan ruang lingkup soal dunia apoteker. Seperti tujuan diadakannya UKAI, soal yang dihadirkan tentu juga untuk mengetahui sejauh mana pemahaman calon apoteker sebelum terjun dalam dunia kerja.

Untuk kamu yang yang ingin menghadapi UKAI dan membutuhkan contoh latihan soal, silahkan berkunjung ke Rubenandrianto.com, sebuah blog sederhana yang menghadirkan banyak latihan soal sebagai media untuk belajar.

Enaknya lagi, tidak hanya tersedia latihan soalnya saja, dalam website itu juga terdapat jawaban dari setiap soal sehingga akan memudahkan mahasiswa dalam belajar. Selengkapnya silahkan kunjungi website tersebut, kamu bisa menjadikan ini sebagai media belajar dalam menghadapi ujian nanti.

No comments

Powered by Blogger.