Pengumuman Hasil UKMPPD Terbaru [September 2019]

Daftar isi: [Tampil]

Mengenal Tentang UKMPPD

Ada beberapa ujian tulis yang harus ditempuh oleh seorang calon dokter sejak awal menempuh pendidikan kedokterannya. Mulai dari tes masuk universitas, ujian semesteran, sidang akhir, dan lain sebagainya. Setiap tes harus dijalankan agar bisa menjadi dokter yang mumpuni. Salah satu ujian yang juga diselenggarakan setiap tahunnya adalah UKMPPD (Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter).

UKMPPD merupakan jenis ujian akhir sebagai tolak ukur penilaian sejauh apa mutu dan kualitas kompetensi seorang calon dokter agar nantinya dapat memberi pelayanan dengan baik kepada masyarakat.

Bagi mahasiswa kedokteran yang akan mengikuti UKMPPD harus memenuhi syarat yaitu telah selesai melakukan koas. Mereka yang telah lulus ujian kompetensi ini nantinya bisa mendapatkan ijazah kedokteran.

UKMPPD ini sendiri pertama kali dijalankan mulai Agustus 2014. Hingga saat ini, terhitung sudah lima periode yang sudah berjalan dengan baik setiap tahunnya yang diadakan Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beserta lembaga lainnya seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Konsil kedokteran Indonesia (KKI), dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) juga ikut membantu terselenggaranya ujian ini.

Sejak diselenggarakannya UKMPPD ini, tentu saja menimbulkan pro dan kontra dari sudut pandang berbagai pihak, tak terkecuali bagi para akademisi kedokteran maupun mahasiswa itu sendiri. Hal ini wajar apalagi program tersebut baru memasuki 5 periode. Namun demikian, UKMPPD memiliki kelebihan tersendiri.

Jika dibandingkan dengan UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia) sebelum terselenggaranya UKMPPD, ujian ini tergolong lebih efektif dan akan melahirkan dokter-dokter baru dan benar-benar berkualitas. Apalagi tugas seorang dokter tidak main-main dan menyangkut nyawa seseorang.
Pihak universitas pun akan menjadi lebih bertanggung jawab kepada anak didik dari masing-masing fakultas kedokteran karena adanya UKMPPD ini. Mereka pastinya tidak ingin mahasiswanya gagal dalam menempuh ujian tersebut.

Pengumuman Hasil UKMPPD 2019

Berikut hasil UKMPPD periode Agustus 2019 yang telah diumumkan oleh PNUKMPPD pada tanggal 13 Sepember kemrin. Berikut daftar peserta yang telah dnyatakan lulus.
Adapun jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) pada tahun 2019 yang telah berlalu, dapat dilihat pada tautan berikut:

Jadwal UKMPPD 2019

Ilustrasi pengumuman hasil UKMPPD 2019
Ilustrasi pengumuman hasil UKMPPD 2019


Tips Sebelum Menempuh UKMPPD

Untuk mengikuti ujian, lazimnya Anda perlu menyiapkan diri sebelum menempuh UKMPPD. Hal ini dikarenakan, ujian ini juga menjadi penentu layak tidaknya Anda untuk menyandang gelar dan status dokter.

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan sebelum menempuh UKMPPD nanti.

Lengkapi Persyaratan

Layaknya ujian pada umumnya, UKMPPD juga membutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta, seperti pas foto berlatar belakang warna merah, hasil scan identitas diri berupa KTP/ SIM/ Paspor, serta unduhan formulir yang sudah diisi dan dilengkapi dengan tandatangan.

Selain syarat yang harus dilengkapi, calon peserta juga membayar biaya untuk UKMPPD sesuai dengan besaran yang telah ditentukan. Batas waktu pembiayaan ini pun juga telah ditetapkan oleh UKMPPD.

Setelah melakukan pembiayaan, kelengkapan syarat tersebut diserahkan kepada admin prodi masing-masing fakultas. Data tersebut nantinya akan diinput oleh admin prodi yang sudah terhubung dengan pihak penyelenggara UKMPPD.

Admin prodi dari masing-masing fakultas ini tak hanya mendata calon peserta saja, tetapi juga proses registrasi hingga ujian selesai. Oleh karena itu, calon peserta tetap bisa belajar tenang tanpa perlu pusing memikirkan adanya kendala dalam proses registrasi.

Persiapkan Diri

Calon peserta ujian tentu harus belajar untuk bisa lulus dari UKMPPD. Selain mempelajari bahan sendiri, membentuk kelompok belajar adalah salah satu cara yang tepat dan efektif untuk memudahkan Anda.

Kelompok belajar dapat membantu Anda lebih menguasai materi yang sudah pernah dipelajari. Bahkan bagian yang sempat terlupa bisa ditanya atau didiskusikan bersama teman-teman sesama calon peserta UKMPPD.

Latihan mengerjakan soal-soal UKMPPD juga dapat membantu Anda. Bahaslah soal-soal tersebut bersama kelompok belajar Anda sehingga dapat saling mengisi dengan yang lainnya.
Ikuti juga tryout UKMPPD untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam menguasai materi yang sudah pernah dipelajar semasa kuliah maupun saat menjalani kelas. Semakin banyak latihan atau tes tryout yang Anda ikuti, tak menutup kemungkinan Anda lebih menguasai ujian tersebut nantinya.

Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan diri ini merupakan hal terpenting sebelum menjalani UKMPPD. Tubuh yang sehat menjadi senjata prioritas yang harus dijaga agar tidak mengganggu konsentrasi Anda pada saat sedang ujian.

Anda perlu menjaga asupan makanan yang sehat agar tetap dapat berpikir jernih. Konsumsilah makanan yang bergizi untuk membantu ingatan Anda.

Selain itu, perhatikan pula kondisi tidur Anda. Kurangnya jam tidur dapat membuat Anda mengantuk saat ujian berlangsung dan konsentrasi pun ikut terganggu.

Menjadi seorang dokter ternyata harus melewati tahap, tes, dan ujian yang beragam. Waktu dan proses ujian yang ditempuh cukup banyak dan harus benar-benar dilakukan dengan serius.
Untuk itu, teruslah berusaha serta tetap belajar dan bekerja keras agar Anda bisa menjadi dokter yang layak demi melayani masyarakat. Ingatlah, bahwa UKMPPD bukan seleksi, melainkan menekankan kepada ujian kompetensi.

No comments

Powered by Blogger.