Mengenal Yayasan (YPI) Al-Azhar dan Sejarahnya

Daftar isi: [Tampil]
Pesantren merupakan tempat belajar atau sarana belajar agama islam yang sudah ada sejak zaman dahulu. Keberadaannya pun saat ini semakin populer karena banyak sekali orang yang mendirikan pesantren modern, salah satunya yaitu Al-Azhar yang letaknya berada di daerah Kebayoran Jakarta.
Nah, untuk Anda yang ingin mengenal yayasan Al-Azhar dan sejarahnya lebih lanjut, yuk simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Al-Azhar

Awalnya pesantren ini diberi nama yayasan pesantren islam yang dicetuskan oleh Dr. Syamsuddin. Namun, beberapa saat kemudian namanya tersebut diganti menjadi Al-Azhar. Yayasan tersebut memperoleh sepetak bidang tanah pada tahun 1953. Di atas tanah itulah dibangun Masjid Agung Kebayoran.
Masjid Agung Al Azhar
Masjid Agung Al Azhar

Seiring dengan perkembangan zaman, masjid tersebut mengalami renovasi dan kini telah menjadi masjid yang besar. Sebelumnya, masjid ini hanya dikunjungi oleh beberapa masyarakat sekitar untuk beribadah dan berdakwah. Namun, lama kelamaan masjid yang satu ini pun mengalami banyak perubahan dan perkembangan.

Baca juga: Al Azhar Memorial Garden, Pemakaman Khusus Muslim dari YPI Al Azhar

Banyak sekali orang yang berdatangan untuk mendengarkan dakwah dari Buya Hamka yang mudah dipahami dan menyejukkan hati. Tak sedikit juga orang yang menggali ilmu pendidikan islam di masjid ini.

Saat ini, di kompleks Masjid Agung Al-Azhar terdapat lebih dari 25 kegiatan dengan berbagai corak dan bentuk seperti majelis taklim, ceramah umum, pendidikan formal mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi dan lain-lain. Selain itu, di tempat ini juga Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti bimbingan perjalanan haji dan lain-lain.

Visi Al-Azhar 

Menjadi lembaga dakwah dan pendidikan Islam modern serta terkemuka dalam mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa. Guna untuk membentuk masyarakat Indonesia yang berilmu, beriman, beramal dan bertakwa menuju izzul Islam Wal Muslimin.

Misi Al-Azhar

  1. Mengawal dan membawa akidah islam sunnah Rasul Muhammad SAW dan Al-Quran.
  2. Membina dan mengembangkan dakwah serta pendidikan Islam dalam arti yang seluas-luasnya dengan semangat amar makruf nahi munkar.
  3. Menegakkan nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan ajaran Islam demi kesejahteraan umat dna bangsa lahir dan batin. 
  4. Mendukung dan mendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan umat islam untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. 
  5. Meningkatkan kualitas SDM guna mewujudkan masyarakat yang beramal, beriman, berilmu dan bertakwa melalui pengembangan kegiatan yang meningkatkan IPTEK dan IMTAQ sesuai akidah islam.

Tujuan Yayasan Al-Azhar

  1. Mendidik para muda-mudi Indonesia agar menjadi alat yang bersih dan suci. 
  2. Mendidik para muda-mudi Indonesia untuk menjadi kader pembangunan akhlak guna menyejahterakan Indonesia.
  3. Mendidik muda-mudi Indonesia agar bisa menjadi missi islam di belakangan hari.

Dengan mengenal yayasan Al-Azhar dan sejarahnya seperti di atas, kini Anda bisa memilihnya sebagai pesantren yang tepat untuk anak Anda. Selain memiliki visi dan misi yang membangun. Pesantren ini juga merupakan salah satu pesantren modern dengan cara pembelajaran yang asyik. Jadi, jangan heran jika pesantren ini menjadi sangat cocok untuk anak milenial

No comments

Powered by Blogger.