Apa itu Paspor Guru Pembelajar dan Fungsinya bagi Tenaga Pendidik

Daftar isi: [Tampil]
Semua orang yang berprofesi atau bekerja pada bidang pendidikan, khususnya yang berprofesi sebagai guru ( GTK ) pasti sudah tidak asing lagi dengan paspor guru pembelajar dan website SIMPKB. Website ini sangat familiar di kalangan semua guru dan tenaga kependidikan yang ada di seluruh Indonesia.
Apa itu Paspor Guru Pembelajar?
Apa itu Paspor Guru Pembelajar?

Bagi yang belum mengetahui SIM PKB merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan. Paspor ini sangat berguna bagi semua guru yang ada di Indonesia untuk dapat semakin meningkatkan kemampuan dan juga kompetensi guru dalam menjalankan tugas serta fungsi mereka di satuan pendidikan masing - masing.

Lalu bagaimana agar guru bisa mendapatkan paspor guru pembelajar ini ? Berikut penjelasan tentang SIM PKB.

Paspor Guru Pembelajar

Seperti yang telah disampaikan kegunaan utama dari paspor ini untuk meningkatkan kemampuan guru. SIM PKB ini gunanya untuk bisa masuk untuk melakukan tes PKB, tes PPG, cek SKTP dan melihat hasil tes. Dengan adanya SIM PKB, semua guru, kepala sekolah, serta pengawas sekolah juga tergabung dalam komunitas GTK yang terdiri dari Kelompok Kerja Guru ( KKG ).

PKB sendiri merupakan sebuah elemen utama yang aktivitasnya diberikan angka kredit sebagai pengembangan karir guru. Pengembangan Profesi Berkelanjutan ( PKB) juga terdiri dari tiga buah unsur atau komponen. Komponen tersebut antara lain adalah pengembangan diri, publikasi karya, dan publikasi ilmiah.

SIM PKB juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Nomor 16 Tahun 2009 yang berisi tentang fungsional guru serta angka kreditnya.

Cara Mendapat Paspor Guru Pembelajar

Setelah mengetahui apa itu SIM PKB, berikut akan dijelaskan cara untuk mendapatkan paspor guru pembelajar  atau SIM PKB sebagai berikut.

Untuk dapat registrasi akun SIM PKB terutama untuk guru baru, pastikan nama GTK sudah terdaftar dan masuk dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Setelah nama anda terdaftar sebagai PTK di aplikasi Dapodik, anda dapat mendaftarkan akun baru di SIM PKB.

  • Langkah pertama, bukalah website https://paspor.simpkb.id atau anda dapat mengetik SIM PKB di Google.
  • Setelah masuk ke halaman utama SIM PKB, kemudian anda klik Registrasi Akun yang berwarna merah.
  • Saat sudah berhasil, anda akan dibawa ke halaman Registrasi Akun. Bagi anda yang sudah mengetahui nomor UKG, anda tinggal memasukkan nomor UKG dan tanggal lahir anda sesuai dengan akta.
  • Biasanya pada langkah ini masih banyak yang gagal. Bila gagal anda dapat menghubungi Dinas Pendidikan / Kota setempat di daerah anda untuk bisa mengetahui nomor UKG.
  • Bagi anda yang lupa dengan nomor UKG, anda dapat memilih Cari No. UKG yang berwarna merah.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman Cari No. UKG, akan terdapat beberapa kolom yang perlu anda isi yaitu kolom Nama GTK / No. Peserta UKG, yang kedua adalah kolom Provinsi sesuai tempat anda bekerja, dan yang terakhir adalah kolom kota tempat anda bekerja atau mengajar.
  • Kemudian anda tinggal klik atau tap pada tombol Cari UKG. Secara otomatis akan ditampilkan data GTK yang meliputi nama serta No. UKG anda, serta juga ditampilkan status apakah anda sudah aktif atau belum.
  • Langkah terakhir, bila anda sudah berhasil registrasi akun klik pada tombol kembali ke login. Anda tinggal masukkan username dan password yang telah anda dapat pada saat registrasi akun dan anda sudah bisa masuk ke akun SIM PKB anda.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu paspor guru pembelajar serta kegunaannya bagi guru - guru yang ada di Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.