Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dan Cara Installnya [Valid]

Daftar isi: [Tampil]
Untuk mengetahui data semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, tersedia aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dan cara installnya yang akan dibahas pada artikel ini. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pencarian data dengan validitas yang terjamin dan juga sudah dilakukan pembaruan pada aplikasi tersebut.
pembaruan aplikasi dapodikdasmen 2020
Pembaruan aplikasi dapodikdasmen 2020

Sebagaimana adanya laporan yang diterima beberapa waktu lalu mengenai bugs pada aplikasi sehingga mengganggu fungsi dari aplikasi itu sendiri, pembaruan dilakukan dengan maksud mempermudah sekolah-sekolah untuk pemutakhiran data dan juga ditambahkan dengan beberapa fitur lain yang tidak kalah berguna.

Saat ini, aplikasi Dapodikdasmen tersedia dalam versi 2020.a dalam bentuk installer dan updater. Bagi sekolah-sekolah yang sudah melakukan pengisian data pada aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 namun belum melakukan sinkronisasi, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pembaruan aplikasi menjadi versi 2020.a.
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dan Cara Installnya
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dan Cara Installnya

Pembaruan aplikasi bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan menginstall aplikasi patch Dapodikdasmen versi 2020.a atau menginstall updater pada pembaruan online. Berikut ini adalah cara menginstall dan mengunduh aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dan cara installnya

Untuk melakukan penginstalan aplikasi Dapodikdasmen, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Yang pertama, unduh file aplikasi tersebut dengan spesifikasi patch 2020.a pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id. Setelah itu, lakukanlah proses instalasi dan tunggu hingga selesai. Setelah aplikasi berhasil di install, lakukan refresh pada device dengan menekan tombol Ctrl + F5.

Cara Download dan Install Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020

Untuk melakukan pembaruan pada aplikasi, Anda bisa melakukannya dengan cara mengunduh updater secara online. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pertama-tama pastikan komputer Anda sudah terhubung dengan internet, kemudian masukkan username dan password untuk log in ke dalam aplikasi Dapodikdasmen versi 2020. Setelah Anda berhasil masuk ke dalam akun Anda, klik tombol pengaturan Cek Pembaruan Aplikasi klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  • Setelah memencet tombol cek pembaruan, akan muncul tampilan dengan keterangan tersedianya pembaruan versi 2020.a yang bisa dilakukan. Pada tampilan ini, Anda diberikan pilihan untuk melakukan pembaruan dengan memencet tombol “Lanjutkan” atau tidak melakukan pembaruan. Dalam proses ini, jendela browser jangan ditutup hingga proses pembaruan selesai.
  • Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan pembaruan secara otomatis. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat Ulang Halaman Sekarang” untuk menampilkan aplikasi versi 2020.a yang berhasil diperbarui. Lakukan refresh pada komputer Anda jika diperlukan dengan menekan tombol Ctrl + F.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a full installer

Selain kedua cara yang sudah disebutkan diatas, Anda bisa melakukan penginstalan aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a full installer. Aplikasi versi ini bisa mengurangi dan mencegah resiko tersisanya bug pada aplikasi versi sebelumnya. 

Namun jika Anda ingin menginstall versi 2020.a fill installer, pastikan Anda sudah melakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara mudah untuk menginstall aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a full installer pada komputer Anda.

  1. Pertama-tama, Anda harus uninstall aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 pada komputer Anda. Kemudian unduh installer aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.a di menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id. Lalu, Anda tinggal melakukan proses instalasi seperti biasa dan tunggu proses tersebut hingga selesai. Refresh komputer jika diperlukan.
  2. Setelah aplikasi tersedia di komputer Anda, lakukan registrasi pada aplikasi tersebut dengan mengikuti cara yang tertera pada aplikasi versi 2020. 
  3. Saat melakukan registrasi, dilarang menggunakan prefill lama. Anda harus melakukan pengunduhan prefill baru setiap kali akan melakukan registrasi pada aplikasi.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dan cara installnya maupun pengunduhannya secara lengkap dan mudah. Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.