Panduan Dapodik 2020 dengan Versi Terbaru

Daftar isi: [Tampil]
Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai panduan Dapodik 2020 lengkap dengan penjelasan beberapa pembaharuan yang hadir pada aplikasi ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 yang sudah rilis awal agustus 2019 memiliki pembaruan yang cukup signifikan sehingga semakin membantu dalam pemenuhan data untuk berbagai kebutuhan sekolah.
Panduan Dapodik 2020 dengan Versi Terbarunya
Panduan Dapodik 2020 dengan Versi Terbarunya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 beserta pembaruan yang dimaksud.

Sarana dan Prasarana

Kebutuhan informasi mengenai sarana dan prasarana dalam melakukan program pendidikan membuat pemanfaatan informasi tersebut semakin dibutuhkan. Oleh karena itu, informasi lengkap mengenai informasi sarana dan prasarana pada aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dilakukan.

Yang pertama adalah informasi mengenai tanah dan bangunan. Jika sebelumnya informasi mengenai tanah sekolah berada pada menu sekolah, maka setelah pembaruan ini data tanah dan bangunan pindah ke dalam menu sarana dan prasarana.

Sedangkan pada informasi bangunan diharapkan memiliki informasi spesifik mengenai jumlah lantai pada sebuah bangunan dan ukuran setiap komponen bangunan pada sekolah. Kedua informasi ini juga harus dilengkapi dengan bukti kepemilikan yang resmi.

Panduan dapodik 2020 yang selanjutnya adalah menu Ruang yang berisikan data mengenai prasarana pada aplikasi versi sebelumnya. Data pada menu Ruang akan terhubung dengan data bangunan, sehingga diharapkan dapat diketahui jumlah pasti ruangan yang tersedia pada masing-masing bangunan sekolah.

Yang terakhir adalah menu alat, angkutan dan buku. Menu ini dikelompokkan menjadi tiga komponen, yaitu alat, angkutan dan buku. Pada komponen alat berisikan informasi data mengenai jumlah peralatan dan kondisi peralatan tersebut pada setiap ruangan di sekolah.

Sedangkan pada menu angkutan berisikan data mengenai kendaraan yang digunakan untuk kepentingan operasional sekolah. Informasi yang diminta berupa jenis angkutan beserta bukti kepemilikan kendaraan. Kemudian pada menu buku berisikan informasi buku, status kelayakan, jumlah buku dan juga lokasi buku tersebut disimpan.

Peserta Didik

Menu peserta didik yang tidak tersedia pada aplikasi versi sebelumnya sudah diluncurkan pada aplikasi versi terbaru ini. Menu peserta didik berisikan informasi terkait prosedur mutasi dan kelulusan siswa atau peserta didik.

Untuk mempermudah pendataan pada setiap peserta didik, sekolah harus mensosialisasikan kepada 
peserta didik untuk menyiapkan data berupa nomor kartu keluarga sebagai pengganti identitas diri sebelum berusia 17 tahun.

Selanjutnya, pemberian informasi mengenai kelulusan peserta didik pada kelas 6, 9 dan 12 dilakukan oleh admin Dapodik Pusat secara otomatis melalui sistem yang sudah disediakan. Jika terdapat peserta didik yang tidak lulus, sekolah harus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan pada peserta didik tersebut.

Terakhir, bagi peserta didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 di tahun ajaran 2019/2020, proses mutasi harus dilakukan setelah aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 rilis dan sudah dilakukan sinkronisasi data dari aplikasi versi lama dengan versi baru. Hal ini dilakukan agar pemetaan pada siswa bisa dilakukan dengan mudah.

Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

Panduan Dapodik 2020 yang selanjutnya adalah adanya pembaruan pada menu Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dengan adanya beberapa komponen tambahan sebagai berikut:

Yang pertama adalah melakukan sosialisasi mengenai persiapan nomor kartu keluarga pada guru dan tenaga kependidikan guna kelengkapan informasi untuk pendataan sekolah.

Komponen selanjutnya adalah pendataan nomor unit kepala sekolah (NUKS) untuk dilakukan pengakomodasian kebutuhan pihak terkait untuk melakukan evaluasi, pembinaan guru dan tenaga kependidikan serta dukungan transaksional berdasarkan pada GTK berdasarkan data Dapodik.

Demikianlah penjelasan mengenai panduan Dapodik 2020 lengkap dengan penjelasannya. Semoga Bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.