Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Sekolah Dasar dan Tempat Tanggal Lahir

Daftar isi: [Tampil]
Pada artikel ini akan dijelaskan perihal cara mencari NISN berdasarkan nama sekolah dasar yang sering kali menjadi masalah ketika ingin melakukan validasi data peserta didik di sekolah dengan jenjang lebih tinggi. NISN sendiri diberikan pada saat peserta didik lulus dari sekolah dasar dan dicantumkan pada ijazah peserta didik tersebut.
cara mencari nisn berdasarkan nama sekolah dasar
Cara cek NISN berdasar nama sekolah

NISN merupakan nomor identitas siswa yang diberikan oleh kemendikbud yang bersifat unik dan digunakan untuk membedakan antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Sederhananya, NISN seperti Nomor Kartu Tanda Penduduk pada warga negara yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

NISN hanya diberikan kepada siswa yang menempuh pendidikan pada sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang berarti sekolah tersebut sudah terdaftar pada database referensi Kemendikbud. Sedangkan siswa yang mendapatkan NISN hanya siswa yang sudah terdaftar dalam aplikasi Dapodik sekolah dasar atau setara pada satuan pendidikan tempat mereka belajar.

Para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah dengan jenjang lebih tinggi seringkali terkendala karena tidak mengetahui NISN milik calon peserta didik. Padahal NISN berlaku selamanya, selama anak masih terdaftar sebagai peserta didik.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Kemendikbud menyediakan situs khusus dengan fitur pencarian NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir maupun dengan nama sekolah dasar peserta didik. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mencari NISN pada situs tersebut.

Cara Mencari NISN Berdasarkan Tempat Tanggal Lahir

Jika terjadi kehilangan dokumen atau tidak mengetahui NISN peserta didik, orang tua yang ingin melakukan validasi kepada sekolah lanjutan bagi anaknya menjadi terganggu. Oleh karena itu, Kemendikbud menyediakan situs khusus yang memungkinkan siswa mencari tahu NISN berdasarkan namanya.

Pencarian NISN menggunakan nama maupun tempat, tanggal lahir dapat dilakukan pada situs http://nisn.data.kemendikbud.go.id./. Pada situs ini tersedia pencarian NISN berdasarkan nama, tanggal lahir dan juga pencarian nama lengkap peserta didik berdasarkan NISN dan nama ibu kandung yang sudah terdaftar.

Untuk melakukan pencarian NISN menggunakan nama, peserta didik harus memasukkan nama lengkap, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung yang sudah didaftarkan. Setelah semua kotak terisi, klik tombol ‘Cari’ dan tunggu hingga hasil pencarian ditemukan.

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Sekolah Dasar

Selain pencarian NISN berdasarkan tempat tanggal lahir, cara lainnya adalah dengan mencari berdasarkan nama sekolah dasar siswa tersebut. Anda bisa mengunjungi sekolah dasar siswa tersebut dan menanyakan NISN siswa sebagai alumni dari sekolah tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi operator Dapodik yang memiliki akses langsung untuk mencari data siswa berdasarkan nama sekolah dasar pada situs http://data.dikdasmen.kemendikbud.go.id.

Jika Anda membuka situs tersebut dan ingin melakukan pencarian sendiri, Anda akan menemukan tampilan pada situs yang memberikan pilihan jenis data siswa baru atau jenis data siswa pindahan/mutasi.

Data siswa yang ditampilkan pada situs tersebut adalah nama lengkap siswa, jenis kelamin, NISN, tanggal lahir, nama ibu kandung, rombongan belajar dan tanggal lulus sekolah dasar. Data-data ini tentu saja merupakan data resmi yang didaftarkan peserta didik pada database Dikdasmen.

NISN yang berlaku selamanya mengharuskan para orang tua maupun peserta didik mengetahui atau menyimpan dokumen yang berkaitan dengan identitas peserta didik. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi ataupun melakukan mutasi sekolah juga tentu membutuhkan data-data tersebut.

Namun, saat ini sudah tersedia situs khusus yang menyediakan data-data inti para peserta didik. Demikian Lah penjelasan mengenai cara mencari NISN berdasarkan nama sekolah dasar ataupun tempat tanggal lahir peserta didik. Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.