Mengenal Fakultas Baru di SITH Rekayasa ITB

Daftar isi: [Tampil]
Menjadi mahasiswa di ITB merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan, Perguruan Tinggi Negeri ini sangat populer dan juga membutuhkan persiapan yang tidak sebentar untuk bisa lolos dalam seleksi masuknya. Namun, tahukah Anda terdapat satu fakultas baru di ITB ini?

Ya, Fakultas SITH Rekayasa atau bisa juga disebut dengan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Program Rekayasa. Di dunia perkuliahan, fakultas tersebut memang belum sepopuler fakultas lain seperti Kedokteran, Hukum, Pendidikan dan Psikologi. Sebab, fakultas ini masih tergolong sebagai fakultas seumur jagung atau baru saja berdiri.
kampus ITB di Jatinangor SITH-Rekayasa
kampus ITB di Jatinangor SITH-Rekayasa

Memang banyak dari siswa kelas 3 SMA yang belum mengetahui tentang fakultas yang satu ini. Namun, didirikannya fakultas ini tentu memiliki tujuan yang jelas. Selain untuk meramaikan khasanah pendidikan yang ada di Indonesia, fakultas yang satu ini juga didirikan untuk berbagai macam keperluan masyarakat. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Penjelasan SITH-Rekayasa

Fakultas SHIIT-R ini merupakan interdisiplin ilmu teknik dan kehayatian yang diaplikasikan ke dalam perekayasaan berbasis biosistem. Yang tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi fungsi dan manfaat biosistem bagi bioindustri.

Nah, tugas mahasiswa fakultas SITH-R ini adalah untuk meningkatkan hasil dari suatu olahan. Seperti misalnya Anda harus menemukan solusi  bagaimana cara untuk meningkatkan hasil dari minyak jarak yang sedikit menjadi lebih banyak dan juga bisa memenuhi kebutuhan setiap orang. Selain itu SITH-R juga bisa diaplikasikan pada bidang pertambangan.

Jurusan yang Ada di Fakultas SITH-Rekayasa

Meski masih tergolong ke dalam fakultas yang masih baru. Namun, fakultas yang satu ini juga memiliki beberapa jurusan lho. Penasaran dengan jurusan apa saja yang ada? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Rekayasa Hayati

Jika Anda memilih untuk masuk ke jurusan ini tentu saja yang dipelajari tentang rekayasa gen dari tikus yang bisa menyala di dalam gelap dan lain-lain. Untuk masuk ke dalam jurusan ini Anda harus menguasai pelajaran Matematika dan Fisika.

Rekayasa Kehutanan

Tugas utama dari jurusan yang satu ini adalah untuk reklamasi, restorasi dan juga rehabilitasi hutan yang ada di Indonesia. Oleh karena 2% hutan di Indonesia selalu menyusut setiap tahunnya, Anda harus bisa menanganinya agar meminimalisir kejadian seperti itu.

Rekayasa Pertanian

Sama dengan namanya, rekayasa pertanian ini tentu berfokus pada cara yang dilakukan untuk meningkatkan hasil panen menggunakan teknologi baru. Tentu saja prospek kerja lulusan ini sangat besar.

Teknologi Pasca Panen

Nah, untuk tugas yang akan dilakukan oleh anak-anak dari jurusan ini adalah mengurusi segala hasil panen. Ya, mulai dari pengemasan, pengawetan serta distribusi produk dari petani sampai ke konsumen.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan SITH-R akan lebih fokus dalam menangani masalah energi, air dan kesehatan pangan. Hal ini disebabkan karena inti dari pelajaran SITH-R ini adalah sains dan industri. Tentu saja jika lulusan dari fakultas ini akan bekerja di kedua bidang tersebut.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai fakultas baru yang ada di ITB yaitu SITH Rekayasa. Selain memiliki peran penting dalam masyarakat, dengan menjadi mahasiswa di fakultas ini juga Anda bisa bekerja di pertambangan dan perminyakan. Bagaimana keren bukan? Buruan daftarkan diri Anda di fakultas tersebut.

No comments

Powered by Blogger.