Contoh Laporan Praktikum Bioreaktor Kultur Pucuk secara In Vitro

Daftar isi: [Tampil]
Berikut ini merupakan contoh BAB PENDAHULUAN dalam laporan praktikum bioreaktor. Penelitian semacam ini biasa dilakukan di perguruan tinggi (universitas) pada jurusan bioteknologi maupun teknik kimia. Sebagaimana isi pendahuluan pada umumnya yang merupakan bab pertama dalam suatu laporan ilmiah, maka kerangka yang terdapat dalam bagian ini adalah sebagai berikut:
  1. Latar Belakang Penelitian
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
Isi pendahuluan laporan praktikum dapat Anda lihat di bawah ini. Untuk melihat contoh laporan praktikum berbagai bidang studi mulai dari fisika, matematika, kimia, kamu dapat mempelajarinya di portal Laporan Praktikum.
ilustrasi praktikum kimia-biologi
Ilustrasi praktikum kimia-biologi

Latar Belakang Penelitian

Vanda tricolor atau yang dikenal dengan sebutan tanaman anggrek merupakan salah satu spesies tanaman hias yang benilai ekonomis tinggi di Indonesia. Menurut data dari Irawati (2002), di Indonesia terdapat lebih dari 5000 spesies anggrek dari total 30000 spesies anggrek di dunia.

Oleh karena profit yang didapat dari pemasaran tanaman hias anggrek, banyak ahli botani merumuskan sistem penanaman yang mudah dan cepat untuk menghasilkan tanaman anggrek dengan varietas unggul. Penyemaian bunga anggrek membutuhkan waktu selama 5 tahun (Alimohamdi & Bagherieh-Najjar, 2009). 

Hal ini menjadi pertanyaan para ahli botani untuk bisa memperbanyak tanaman anggrek dalam waktu lebih singkat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh para ahli botani adalah menggunakan inisiasi kultur in vitro pada tanaman anggrek. Kultur in vitro dilakukan pada bagian tanaman yang sekecil-kecilnya seperti organ, jaringan sel, kepala sari, serbuk sari, dan protoplas dalam keadaan aseptik. Pada praktikum ini diambillah pucuk Vanda tricolor sebagai eksplan.

Proses pengkulturan pucuk Vanda tricolor dilakukan di dalam bioreaktor. Penggunaan bioreaktor ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk (baik berupa biomassa, senyawa metabolit, maupun enzim) dalam sistem lingkungan terkontrol dalam waktu singkat (Gupta&Ibaraki, 2008). Oleh karena itu diharapkan dapat dihasilkan perbanyakan biomassa Vanda tricolor dalam waktu singkat sebagai planlet yang siap diaklimatisasi untuk pembungaan selanjutnya. 

Rumusah Masalah

  • Bagaimana cara menghitung kinetika pertumbuhan kultur pucuk Vanda tricolor secara kualitatif dan kuantitatif?
  • Bagaimana cara membuat kurva tumbuh kultur pucuk Vanda tricolor dalam bioreaktor?

Tujuan Penelitian

  1. Menentukan nilai laju pertumbuhan spesifik (ยต) kultur pucuk Vanda tricolor dalam bioreaktor bubble-coloumn
  2. Menentukan nilai doubling time (dt) kultur pucuk Vanda tricolor dalam bioreaktor bubble-coloumn3. Menentukan perolehan biomassa (Yx) kultur pucuk Vanda tricolor dalam bioreaktor bubble-coloumn
Oke, itulah isi bab pendahuluan dari laporan praktikum berjudul INISIASI DAN PEMELIHARAAN KULTUR PUCUK Vanda tricolor SECARA IN VITRO PADA BIOREAKTOR.

No comments

Powered by Blogger.