Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

Daftar isi: [Tampil]
Pernahkah Anda mendengar tentang paragraf argumentasi? Pastinya sudah ya, namun apakah pengertian paragraf argumentasi itu? Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat tentang suatu gagasan dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan;

Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan saat ini telah terjadi dimanapun, baik itu di hutan, sungai, laut, dan danau. Hal tersebut dikarenakan tingkah laku manusia yang hanya mengambil keuntungan dari alam tanpa mau menjaga dan merawatnya.

Manusia yang memiliki sikap egois tersebut membuat alam marah, dan menimbulkan berbagai bencana yang beruntun. Seperti sungai yang mulai membanjiri perumahan, sehingga menenggelamkan harta benda. Kebiasaan manusia yang membuang sampah d sungai menyebabkan sungai menjadi dangkal, sehingga saat hujan air sungai meluap kemana-mana.

Saat ini alam cenderung dirusak oleh manusia, sehingga berbagai bencana terus berdatangan. Maka dari itu, sebagai manusia kita harus bersatu menjaga kelestarian alam ini dengan terus merawatnya.

Baca juga kumpulan materi sekolah secara lengkap di Gurupendidikan.co.id

Pemanasan Global

Saat ini bumi sedang mengalami yang namanya pemanasan global, dimana suhu rata-rata di permukaan bumi meningkat. Hal ini dikarenakan menipisnya lapisan ozon yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari sinar matahari secara langsung. Suhu rata-rata permukaan bumi yang meningkat tersebut menimbulkan efek yang berbahaya, seperti iklim di bumi yang menjadi kacau. Iklim yang kacau sangat merugikan petani, khususnya yang mengandalkan air hujan untuk mengairi ladang. Saat terjadi kemarau panjang secara tiba-tiba maka petani akan mengalami gagal panen. Selain menjadikan kacaunya iklim di bumi, pemanasan global juga menyebabkan volume permukaan laut meningkat. Pemanasan global menimbulkan efek panas di bumi, sehingga gunung es yang ada di kutub utara dan selatan perlahan-lahan mencair. Akibatnya volume permukaan laut meningkat dan pulau-pulau kecil lama-kelamaan akan tenggelam.


Dengan menuliskan paragraf argumentasi, diharapkan pembaca akan memiliki pola pikir yang sama dengan penulis. Pola karangan yang digunakan dalam paragraf argumentasi juga biasanya adalah sebab-akibat atau akibat-sebab.
Ilustrasi contoh teks argumentasi
Ilustrasi contoh teks argumentasi

Setelah membaca contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan di atas pastinya Anda sudah bisa memahami seperti apa paragraf argumentasi tersebut bukan? Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.