Mengenal Jumlah Penduduk serta Luas Wilayah Pekanbaru

Daftar isi: [Tampil]
Pekanbaru merupakan ibu kota dari provinsi Riau sekaligus menjadi kota yang paling besar di provinsi Riau, Indonesia. Pekanbaru merupakan sebuah kota yang kini menjadi sentra ekonomi terbesar yang terdapat di wilayah Pulau Sumatera. Pekanbaru juga termasuk sebuah kota yang memiliki tingkat pertumbuhan, tingkat migrasi dan urbanisasi yang cukup tinggi.

Referensi sejenis: Peta Pekanbaru

Pekanbaru merupakan kota yang bertumbuh dengan sangat cepat. Dengan pertumbuhan kota yang sangat cepat tentu banyak orang yang kemudian ingin tahu berapa sebenarnya jumlah penduduk dan luas wilayah Pekanbaru yang terupdate. Disini kami berikan informasinya untuk Anda!

Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Pekanbaru

Kota Pekanbaru merupakan wilayah yang memiliki jumlah penduduk cukup padat. Jumlah penduduk di kota Pekanbaru sampai awal tahun 2020 tercatat sebesar 897.767 jiwa. Kota Pekanbaru ini terletak diantara 1010 14I - 1010 34I Bujur Timur dan 00 25I – 00 45I Lintang Utara.

Foto kepulauan Riau dilihat dari atas
Foto kepulauan Riau dilihat dari atas

Ketinggian dari permukaan laut berkisar antara 5 sampai dengan 50 meter. Kemudian permukaan wilayah bagian utara landai dan bergelombang dengan ketinggian berkisar diantara 5 meter sampai dengan 11 meter.

Atas dasar Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 1987 tertanggal 7 September 1987 Daerah Kota Pekanbaru kemudian kota Pekanbaru menurut peraturan tersebut diperluas dari wilayah 62,96 km2 menjadi 446,50 km2.

Kota Pekanbaru terdiri atas 8 kecamatan dan sebesar 45 Kelurahan setiap Desa. Dari hasil pengukuran atau pematokan yang terjadi di lapangan oleh BPN Tk. I Riau maka luas wilayah kota Pekanbaru ditetapkan mencapai luas wilayah sebesar 632,26 km2.

Dengan adanya kondisi peningkatan pembangunan hal tersebut kemudian menjadi penyebab meningkatnya kegiatan penduduk di segala aspek dan di segala bidang yang pada akhirnya akan meningkatkan tuntutan dan kebutuhan masyarakat atas kondisi penyediaan fasilitas dan juga utilitas kota serta kebutuhan yang lain.

Perbatasan Kota Pekanbaru

Dalam rangka menciptakan ketertiban dalam sektor pemerintahan dan pembinaan wilayah yang cukup luas, kemudian terbentuk suatu kecamatan Baru dengan Perda kota Pekanbaru terbaru. Hal tersebut diatur dalam Perda Pekanbaru nomor 4 Tahun 2003 menjadi 12 kecamatan dan kelurahan atau desa baru dengan Perda tahun 2003 menjadi sebanyak 58 kelurahan atau desa.

Berdasarkan keputusan tersebut, kota Pekanbaru berbatasan dengan daerah kabupaten atau kota dengan rincian batasan sebagai berikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Siak dan kabupaten Kampar
  • Sebelah selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Kampar dan Pelelawan
  • Sebelah timur berbatasan langsung dengan kabupaten Siak dan Pelelawan
  • Sebelah barat berbatasan langsung dengan kabupaten Kampar

Kota Pekanbaru dalam wilayah berdasarkan peraturan terbaru dibelah oleh Sungai Siak yang mengalir dari wilayah barat ke wilayah timur. Kota Pekanbaru memiliki beberapa anak sungai diantaranya Sungai Umban Sari, Sungai Air Hitam, Sungai Siban, Sungai Setukul, Sungai Pengambang, Sungai Ukui, Sungai Sago, Sungai Senapelan, Sungai Limau, Sungai Tampan dan juga Sungai Sail.

Sungai Siak merupakan jalur perhubungan lalu lintas perekonomian rakyat pedalaman Pekanbaru ke kota dan daerah yang lain. Kota Pekanbaru secara umum memiliki iklim tropis dengan suhu udara maksimal berkisar antara 34,1 derajad Celcius sampai 35,6 derajad Celcius dan minimal antara 20,2 derajad Celcius sampai 23 derajad Celcius.

Wilayah ini memiliki intensitas curah hujan antara 38,6 – 435,0 mm setiap tahunnya. Kondisi kelembaban maksimalnya antara 96 sampai 100% dan kelembaban minimal berada di kisaran 46 sampai 62%.

Kini kota Pekanbaru dengan jumlah penduduk yang padat dan luas wilayah Pekanbaru berdasarkan peraturan terbaru sudah berkembang sangat pesat. Pada perkembangannya, Kota Pekanbaru berubah menjadi kota dagang yang multi etnik dimana keberagaman tersebut telah menjadi sosial budaya dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat Pekanbaru yang semakin besar.

No comments

Powered by Blogger.