5 Tujuan Dasar Praktek Kerja Lapangan (PKL/Magang)

Daftar isi: [Tampil]
Praktek kerja lapangan atau PKL merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang pelajar atau mahasiswa. Karena seseorang yang akan melakukan PKL tersebut seharusnya mengetahui apa tujuan dasar praktek kerja lapangan yang ia lakukan, maka inilah ulasannya.

manfaat magang dalam perkuliahan
Ilustrasi manfaat magang dalam perkuliahan

PKL memiliki tujuan yaitu melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan bidang yang diambil di sebuah perusahaan sebagai bentuk persyaratan sebelum melakukan skripsi atau tugas akhir. Sebelum itu, mahasiswa atau pelajar tersebut haruslah mengajukan permohonan terlebih dulu pada perusahaan yang dituju untuk bisa bekerja di tempat tersebut dalam rangka PKL.

Tujuan Dasar Praktek Kerja Lapangan

Melakukan PKL sebagai bentuk persyaratan mengambil skripsi juga memiliki tujuan, dan pada hakikatnya tujuan PKL untuk mempraktekan atau latihan bekerja langsung di Lapangan atau tempat kerja yang sebenarnya. Adapun 5 tujuan dasar praktek kerja lapangan dapat dijabarkan melalui penjelasan berikut ini, bisa Anda simak:

Memperkenalkan Dunia Kerja

Seorang pelajar SMA/SMK atau Mahasiswa yang sudah mencapai bagian akhir belajarnya sudah harus mengenal dunia pekerjaan yang akan ia ambil kelak. Dalam dunia pembelajaran, cara memperkenalkan seorang pelajar atau mahasiswa untuk bekerja secara langsung yaitu melalui praktek kerja lapangan tersebut.

Ia akan mengetahui dan merasakan secara langsung dengan sendirinya setelah permohonan mengajukan PKL diterima, dan ia akan melakukan pekerjaan layaknya karyawan disana begitu sudah mendapatkan perintah dan jobdesk yang diberikan.

Menciptakan Sikap Profesional

Sebagai seorang pekerja atau karyawan sebuah perusahaan, kita harus bersikap profesional pada apapun tugas kita. Untuk itu, si pelajar atau mahasiswa ini belajar untuk menciptakan sikap tersebut agar kelak ia tidak akan kaget dan canggung ketika sudah mulai benar-benar bekerja.

Itulah inti dan tujuan dasar praktek kerja lapangan sebenarnya, untuk mempraktekkan yang ia belum tahu mengenai pekerjaan dan laporan tertulisnya nanti sebagai bentuk pertanggungjawaban si pelajar atau mahasiswa ini kepada sekolah atau kampusnya.

Menambah Wawasan dan Pandangan

Seorang pelajar atau mahasiswa belum mempunyai pengalaman atau pengetahuan secara langsung sama sekali mengenai dunia pekerjaan atau perkantoran.

Oleh karena itu, dia masuk ke dalam sebuah perusahaan untuk menambah pengetahuan atau wawasannya tersebut secara langsung sehingga ia mempunyai pengalaman dalam bekerja walaupun hanya berupa praktek kerja. Serta menambah cara pandangannya terhadap dunia pekerjaan karena sudah merasakan dan  menjalani secara langsung.

Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Sebagai seorang karyawan sudah seharusnya memiliki sebuah kreativitas dan produktivitas dalam bekerja. Untuk benar-benar bisa terbentuk kemampuan tersebut harus diasah melalui PKL ini.
Dengan demikian, mahasiswa atau pelajar yang menjalaninya bisa tahu bagaimana cara membentuk keduanya secara maksimal untuk bekal saat bekerja sebenarnya kelak.

Menerapkan Ilmu

Yang hanya dimiliki oleh seorang pelajar atau mahasiswa dan dibawa ke tempat PKL nya hanyalah ilmu pengetahuan yang sudah mereka dapatkan di tempat belajarnya secara teori.

Untuk itu, diperlukan adanya PKL untuk bisa menerapkan ilmu tersebut secara praktek dan langsung berhubungan dengan semua pihak yang terkait. Dengan begitu, ia tahu apa yang harus dilakukan ketika menemukan sebuah kasus atau masalah saat bekerja di tempat sebenarnya.

Dari 5 tujuan dasar praktek kerja lapangan di atas, kita semua mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya tujuan dari PKL tersebut dan bagaimana cara seorang mahasiswa atau pelajar tersebut menjalaninya.

Bahkan, dengan bekal dan pengalaman ini bisa menjadi sarana untuk para pelajar atau mahasiswa tersebut mendapatkan pekerjaan setelah ia menyelesaikan studinya tersebut. Dan, tempat PKL ini bisa menjadi salah satu calon tempat bekerja sebenarnya.

No comments

Powered by Blogger.