Dasar – Dasar Belajar Menjahit Secara Otodidak

Daftar isi: [Tampil]
Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar menjahit itu sulit. Untuk orang yang niatannya masih setengah – setengah dan tidak rajin dalam setiap pembelajaran yang dilakukan mungkin belajar menjahit memang terkesan sulit.
dasar menjahit secara otodidak
dasar menjahit secara otodidak

Akan tetapi jika Anda memiliki niatan untuk belajar, Anda bisa lebih mudah memahaminya bahkan secara otodidak sekalipun. Untuk belajar menjahit secara otodidak, yang Anda harus kenali dulu adalah dasar – dasarnya.

Lantas apa saja dasar – dasar belajar menjahit secara otodidak yang perlu dilakukan? Berikut informasinya!

Dasar – Dasar Belajar Menjahit Secara Otodidak

Dasar membuat pola baju untuk badan bagian atas

Membuat pola untuk badan bagian atas merupakan pola yang dibuat untuk badan bagian bahu sampai ke bagian pinggang. Pola ini juga biasa disebut sebagai pola badan yang dasarnya adalah untuk bagian muka dan bagian belakang.

Dasar membuat pola baju untuk badan bagian bawah

Pola dasar dalam belajar menjahit secara otodidak yang juga sangat penting dipelajari dan basic banget adalah pola dasar bagian bawah. Pola ini dibuat untuk badan bagian bawah yaitu terdapat pada bagian pinggang sampai bagian lutut atau terkadang dibuatkan suatu pola sampai bagian mata kaki. Untuk wanita, pola tersebut disebut pola rok depan dan pola belakang.

Dasar membuat pola baju untuk bagian lengan

Dasar belajar menjahit secara otodidak yang selanjutnya adalah mempelajari pola lengan. Pola lengan merupakan suatu pola yang dibuat untuk lengan yang diukur mulai dari lengan bagian atas sampai dengan bagian siku atau diteruskan sampai di bagian area pergelangan tangan.

Dasar membuat pola badan atas dan pola badan bawah

Pola badan bagian atas dan pola badan bagian bawah merupakan pola yang digunakan sebagai sebuah pola dasar dalam pembuatan gaun atau baju – baju yang konsepnya bukan two piece melainkan terusan.

Dasar dalam pengukuran badan

Selanjutnya ada pengukuran badan yang merupakan hal dasar selanjutnya yang harus Anda pelajari setelah mempelajari cara dalam pembuatan pola baju. Dasar dalam melakukan pengukuran badan sebenarnya cukup mudah.

Tentunya model yang akan dijadikan tolak ukur dalam pengukuran harus berdiri tegak. Kemudian baru bisa diukur semua komponen badan yang dibutuhkan mulai leher sampai telapak kaki.
Untuk kegiatan menjahit, beberapa alat tambahan yang dibutuhkan meliputi :
  • Meteran yang digunakan untuk mengukur badan dan sebagai acuan dalam membuat pola baju. Anda perlu menyiapkan meteran dengan satuan inci dan sentimeter.
  • Buku pola digunakan sebagai media menggambar pola yang dibuat dalam ukuran skala
  • Skala merupakan alat yang digunakan sebagai pembanding untuk melakukan pengukuran pola berdasarkan gambar yang sudah dibuat di buku pola
  • Pensil digunakan untuk menggambar pola dan penulisan pengukuran
  • Penggaris aneka macam untuk keperluan menjahit
  • Karet penghapus digunakan untuk menghapus gambar atau pola jika terjadi kesalahan
  • Kertas sampul digunakan untuk membuat suatu rancangan. Juga digunakan untuk meletakkan pola gambar ukuran yang sebenarnya yang nantinya akan dipindahkan ke kain.
  • Gunting digunakan untuk memotong atau membuat pola yang telah dibuat baik itu berupa pola kecil atau pola besar

Itulah dasar – dasar belajar menjahit secara otodidak yang Anda perlu tahu. Bagi Anda yang ingin belajar menjahit siapkan semua alat yang dibutuhkan dan pelajari semua dasarnya agar Anda bisa lebih cepat mahir.

No comments

Powered by Blogger.