Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi

Daftar isi: [Tampil]
Seperti yang diketahui bahwa dalam dunia sastra ada dua jenis teks penulisan, yaitu teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi. Dijabarkan bahwa keduanya terdapat perbedaan berdasarkan cara penulisan dan pengertiannya. Beberapa pendapat sering menganggap sama kedua teks tersebut, sekilas nampak mirip karena sama-sama menjelaskan sebuah objek.

Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi

Dalam sebuah penulisan ada dua macam teks yang kelihatannya sama tapi ternyata berbeda. Teks laporan hasil operasi dan teks deskripsi keduanya memiliki perbedaan yang kentara. Beberapa perbedaan itu merujuk pada bentuk tulisan dan penjelasannya mengenai sebuah objek.

Untuk mengetahui apa perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks dekskripsi Anda bisa menguraikan terlebih dulu pengertian dari masing-masing jenis teks.

Pengertian dari teks Laporan Hasil Observasi adalah merupakan hasil tulisan atau teks yang menjelaskan atau membahas sebuah informasi tentang sebuah objek sesuai dengan fakta yang ada dan berdasarkan hasil observasi atau pengamatan yang sudah dilakukan.

Sedangkan, untuk teks deskripsi memiliki pengertian sebuah hasil tulisan atau paragraf yang menjelaskan atau menyampaikan sesuatu atau objek dengan cara memberi gambaran secara detil, baik tempat, waktu maupun objeknya itu sendiri.

Adapun perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deksripsi ini dijelaskan antara lain sebagai berikut:
  • Dari sifatnya, masing-masing memiliki perbedaan sifat. Teks laporan observasi bersifat universal sedangkan deskriptif bersifat individual.
  • Pada teks observasi lebih menekankan pengelompokan yang disesuaikan dengan cirinya pada umumnya, sedangkan teks deskripsi lebih kepada uraian bentuk dan ciri si objek tersebut.
  • Teks observasi harus mendapat data atau sumber dari lapangan sedangkan teks deskripsi tidak diharuskan.
  • Teks observasi memiliki data lebih akurat dan bisa dipercaya karena mengamati langsung sedangkan teks deskripsi tidak.

Dari perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deksripsi di atas diketahui bahwa terdapat perbedaan yang terlihat jelas diantara keduanya, yaitu antara hasil pengamatan dengan hasil mendekskripsikan atau menjelaskan sesuatu dengan detil atau bisa dikatakan sebagai klarifikasi.
Apa yang ditulis dari kedua jenis hasil penulisan di atas benar-benar berbeda walaupun objeknya sama. Jika dicontohkan, sebuah objek yang dijabarkan adalah bunga melati.
Contoh hasil pembuatan teks deskripsi
Contoh hasil pembuatan teks deskripsi

Untuk teks laporan akan menjelaskan apa yang terjadi pada si bunga melati secara langsung karena langsung diamati tapi tidak dijelaskan mendetil. Sedangkan, untuk teks dekskripsi menjelaskan bunga melati dari segi bentuk, warna, sifat dan sebagainya yang mendekskripsikan bunga melati lebih lengkap tanpa harus mengamati.

Itulah perbedaan yang bisa ditangkap secara langsung berdasarkan contoh yang dibuat, untuk lebih memperjelas perbedaan antara keduanya secara lebih lengkap. Jadi, ketika Anda membuat salah satu dari keduanya maka tidak akan merasa kebingungan.

No comments

Powered by Blogger.