Panduan Cara Daftar KIP Kuliah dari Kemdikbud 2020

Daftar isi: [Tampil]
Salah satu perubahan yang dilakukan di tahun 2020 oleh pemerintah adalah meluncurkan KIP Kuliah. KIP Kuliah sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan untuk siswa yang lulus pada tingkat SMA/sederajat dan akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya dengan jejak akademik baik dan keterbatasan ekonomi.
ilustrasi penggunaan kartu indonesia pintar
ilustrasi penggunaan kartu indonesia pintar

Hal tersebut dilakukan agar penerima KIP Kuliah tepat sasaran pada anak yang memiliki keinginan dan mampu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Untuk itu, Anda harus mengetahui prosedur untuk mendaftar kartu sakti ini.

Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah

Syarat Mendaftar KIP Kuliah Kemdikbud 2020

Kemdikbud telah menentukan beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh masing-masing pendaftar KIP Kuliah, di antaranya yaitu sebagai berikut.
  1. Penerima kartu adalah siswa SMA/sederajat yang lulus, yang akan lulus, dan lulus pada dua tahun sebelumnya dalam waktu tahun berjalan.
  2. Penerima harus memiliki NIK, NPSN, dan juga NISN yang valid dan terdaftar di pusat.
  3. Keterbatasan ekonomi orang tua yang kurang dan memiliki nilai akademik yang bagus dilihat dari dokumen yang valid.
  4. Siswa SMA/sederajat yang memiliki kartu KIP dan nilai akademik yang baik.
  5. Siswa SMA/sederajat yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dan potensi akademik baik.
  6. Lulus proses seleksi di salah satu perguruan tinggi baik negeri atau swasta.
  7. Memilih prodi dengan akreditasi A dan B, sedangkan untuk akreditasi C masih akan dipertimbangkan.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

Setelah Anda memenuhi syarat di atas maka dapat melanjutkan dengan proses pendaftaran dan melalui beberapa tahapan yaitu sebagai berikut.
  • Pendaftaran Online
Pendaftaran online dapat dilakukan pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang terdapat pada halaman resmi kemendikbud. Laman tersebut adalah web resmi dari Sistem KIP Kuliah. Selain melalui laman tersebut melalui browser internet, Anda juga bisa mendaftar online melalui KIP Kulian mobile apps yang bisa Anda download pada Google Play Store.
  • Input Beberapa Persyaratan
Seperti yang sudah tertera pada persyaratan maka Anda harus memasukkan NIK, NISN, dan juga NPSN yang valid serta mengisikan alamat email yang masih aktif Anda gunakan untuk mempermudah proses pendaftaran.
  • Tunggu Proses Validasi
Proses validasi untuk NIK, NISN, dan NPSN akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Hal tersebut nantinya akan memengaruhi keputusan apakah Anda berhak menerima KIP Kuliah atau tidak. Secara tidak langsung sistem sedang melakukan survey.
  • Proses Validasi Berhasil
Jika proses validasi berhasil maka Anda akan diberikan Nomor Pendaftaran dan juga Kode Akses untuk akun KIP Kuliah Anda melalui email aktif yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Memilih Jalur Seleksi
Dalam pendaftaran KIP Kuliah Anda bisa melakukan pemilihan jalur seleksi yang akan Anda ambil. Beberapa jalur yang bisa Anda pilih adalah SNMPTN, SMPN, SBMPTN, SMPN, atau jalur Mandiri. Semua jalur memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan KIP Kuliah.
  • Menyelesaikan Pendaftaran di Sistem Sesuai Jalur yang Dipilih
Jalur masuk perguruan tinggi memiliki waktu pendaftaran yang berbeda-beda bahkan untuk SNMPTN dan SNMPN bisa lebih dulu dibandingkan dengan pendaftaran KIP Kuliah. Oleh sebab itu, proses sinkronisasi bisa dilakukan pada waktu selanjutnya. Skema host-to-host akan melakukan sinkronisasi tersebut.
contoh KIP kartu indonesia pintar
contoh KIP kartu indonesia pintar

Atau Anda bisa melakukan pendaftaran KIP Kuliah terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan penyelesaian sistem jalur yang Anda pilih seperti SBMPTN atau mandiri sesuai masing-masing sistem.
  • Penerimaan Calon Penerima KIP
Calon penerima KIP dan sudah diterima di Perguruan Tinggi akan dibantu oleh Perguruan Tinggi untuk memverifikasi sebagai calon penerima KIP Kuliah sehingga Anda hanya perlu menunggu keputusan lebih lanjut.

Jika Anda mendaftar KIP Kuliah, pastikan persyaratan dan data yang Anda masukan sudah benar dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Dengan begitu Anda tidak akan direpotkan kedua kalinya.

Informasi ini disponsori oleh: LP3I Kampus Siap Kerja

No comments

Powered by Blogger.