Mengenal Apa Itu MOQ (Min Order Quantity) dan Contohnya

Daftar isi: [Tampil]
Dalam dunia grosir dan ritel, Anda perlu mengetahui adanya MOQ atau Min Order Quantity. Beberapa pebisnis merasa ini akan menguntungkan namun ada yang bilang ini justru merugikan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan MOQ? Apa manfaatnya?
Mengenal Apa Itu MOQ (Min Order Quantity) dan Contohnya
Mengenal Apa Itu MOQ (Min Order Quantity) dan Contohnya

Sebagai pembeli, Anda juga perlu mengetahui cara membeli dengan efektif bila memakai teknik MOQ. Pastinya ini sangat penting bagi Anda yang memang ingin mencicipi bisnis grosir atau ritel dalam jumlah besar.

Apa Itu MOQ?

Secara umum, MOQ merupakan jumlah stok paling rendah yang dijual oleh pemasok kepada pembeli. Jika tidak membeli sejumlah MOQ yang sudah ditentukan, maka penjual tidak akan memperbolehkan Anda untuk membelinya. Biasanya harga produksi rendah akan membuat MOQ menjadi lebih tinggi.

Misalnya saja jika Anda membeli pakaian dari produsen. Semakin tinggi MOQ yang diberikan maka Anda akan mendapatkan harga lebih rendah untuk setiap pakaiannya. Sebenarnya ini memang bisa jadi keuntungan tersendiri bila Anda memang memiliki modal besar untuk menjualnya kembali.

Apa Manfaat MOQ untuk Distributor atau Penjual?

Sebenarnya MOQ ini membuat distributor atau penjual untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat. Mereka tidak akan menyimpan barang terlalu lama karena para pembeli harus membelinya dengan jumlah tertentu. Untuk menentukan MOQ, biasanya para penjual akan menghitung total biaya inventaris dengan pengeluaran lain.

Contoh Pemakaian MOQ dalam Bisnis

Misalnya Anda adalah penjual baju jersey futsal. Anda menjual satu set baju futsal sejumlah Rp 100.000 untuk pelanggan eceran. Jika Anda ingin menjualnya secara grosir, Anda tinggal mengurangi harga supaya para pembeli tertarik untuk membelinya dalam jumlah banyak. Dengan cara ini, Anda sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Satu set jersey bisa Anda jual Rp 85.000 namun dengan MOQ sejumlah 100 set. Cara ini juga akan mengurangi biaya penyimpanan dan biaya pemasaran karena sudah ada satu pembeli grosir yang mau membeli dalam jumlah banyak. Harga yang lebih murah akan menarik para pembeli grosiran.

Trik Menghadapi MOQ Bagi Pembeli

Setelah memahami cara kerja MOQ, sekarang bagaimana jika Anda sebagai pembeli menemukan sistem pembelian dengan MOQ? Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah negosiasikan harga. Jika Anda memang berminat membeli dalam jumlah banyak, minta distributor untuk menurunkan harga.

Berikutnya adalah membelinya di e-commerce yang memang menjual secara grosir misalnya Alibaba. Dengan situs ini, Anda bisa membandingkan berbagai produk yang sama dengan MOQ yang berbeda. Anda tinggal mencari penawaran yang sesuai dengan kriteria dan budget yang disiapkan.

Antaralogistic, Cara Mudah Import Barang dari China!

Sebelum Anda berbisnis di bidang wholesaler ataupun grosir, Anda memang harus mengetahui trik yang bisa dipakai untuk mendapatkan harga semurah-murahnya. MOQ ini memang kerap merugikan pembeli tapi bila membelinya dengan teliti, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

No comments

Powered by Blogger.