Kolam Renang Rusak? Ini Daftar Komponen Penting yang Harus Diperhatikan

Daftar isi: [Tampil]
olahraga renang. Anda dapat dengan mudah menemukan kolam renang umum yang ada di kota anda bahkan beberapa kalangan kelas menengah atas memiliki kolam renang pribadi di rumah mereka agar lebih tenang dan nyaman karena memberikan privasi.

Komponen Kolam Renang

Namun apa jadinya jika kolam renang rusak? Tentu menjadi hal yang sangat merepotkan dan membutuhkan biaya untuk melakukan perbaikan dan renovasi kolam renang yang tidak bisa dibilang kecil. Daripada menunggu hingga terjadi kerusakan, terdapat beberapa komponen kolam renang yang harus diperhatikan untuk mencegah kerusakan kolam renang.

1. Pompa (Pump)

Pompa berfungsi untuk mendorong air kolam saat proses sirkulasi berlangsung. Pompa juga memiliki peran penting untuk menjaga air dari pencemaran sehingga air tetap bersih. Ada baiknya untuk memilih jenis dan model pompa yang berkualitas meskipun harganya memang lebih mahal. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan kolam renang.

2. Filter (Penyaring)

Sistem filter kolam renang
Sistem filter kolam renang

Filter berfungsi untuk menyaring air kolam dari debu dan kotoran sehingga menjadi bersih dan jernih kembali. Filter umumnya memiliki pasir zeolit atau pasir silica yang akan menangkap debu dan kotoran dari air yang melewati proses penyaringan tersebut. Dengan kata lain, apabila anda memilih filter yang berkualitas bahkan hingga penyaringan partikel terkecil sekalipun maka akan menjaga keawetan kolam renang. Perlu anda pahami jika filter juga harus anda rawat dan bersihkan secara teratur.

3. Inlet Fitting dan Vacuum Fitting

Inlet fitting merupakan sebuah outlet lubang air yang berfungsi untuk menyalurkan air bersih yang sudah disaring kembali ke dalam kolam renang. Inlet fitting terdiri dari ukuran yang bervariasi mulai dari ½ inci hingga 1,5 inci. Vacuum fitting merupakan saluran peletakkan selang vakum dengan fisik yang mirip inlet fitting. Alat ini umumnya ditemui pada kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi semi overflow dan full overflow.

4. Skimmer Box

contoh instalasi skimmer overflow
contoh instalasi sirkulasi skimmer-overflow

Skimmer box dapat ditemui pada kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi skimmer. Skimmer box merupakan alat sirkulasi air kolam, media lubang aliran air hujan dan media peletakan vacuum. Skimmer box memiliki sistem penyaringan air yang baik sehingga menjaga agar air kolam tetap bersih.

5. Lighting (lampu)

Kolam renang juga membutuhkan pencahayaan baik itu kolam renang indoor maupun outdoor. Lampu ini biasanya akan dipasang pada dinding bawah kolam sehingga dasar kolam dapat terlihat lebih jelas. Jenis lampu yang dapat dipilih yaitu jenis halogen atau led karena lebih terang dan juga lebih tahan lama.

6. Trafo

Trafo memiliki peran penting dalam kelistrikan kolam renang yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC ke DC. Pasanglah trafo yang berkualitas dan terjamin agar keamanan dan pencahayaan kolam renang lebih terjamin.

7. Tangga Kolam Renang

Perbaikan tangga kolam renang
Perbaikan tangga kolam renang

Kolam renang umumnya juga dilengkapi dengan tangga untuk memudahkan para penggunanya. Tangga memang terdengar sepele namun sebenarnya memiliki peranan yang penting untuk membantu pengguna untuk naik turun maupun beristirahat dekat tangga. Jadi tangga kolam renang tidak boleh diabaikan. Sebaiknya pilih bahan yang tahan air agar tidak cepat rusak dan berkarat.

Inilah beberapa komponen kolam renang yang harus diperhatikan dan dilakukan perawatan yang rutin untuk mencegah kerusakan komponen yang dapat berakibat fatal pada keawetan kolam renang. Sebaiknya pilih komponen-komponen terbaik dan berkualitas agar kolam renang tidak cepat rusak dan lebih tahan lama dibandingkan harus mengeluarkan biaya yang besar berulang kali karena kolam renang yang sering rusak dan butuh direnovasi.

No comments

Powered by Blogger.