Ini Perbedaan Mendasar Kemeja PDH dan PDL serta Ciri-Cirinya

Daftar isi: [Tampil]
Pakaian kerja merupakan pakaian yang hanya digunakan saat bekerja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Biasanya, bidang pekerjaan yang menggunakan seragam atau pakaian kerja adalah pekerjaan formal yang berkaitan erat dengan pelayanan masyarakat. Salah satu pakaian kerja yang dikenal adalah PDH dan PDL.
Kemeja kerja lapangan dan dinas dari Vidogarment - Konveksi Surabaya

PDH dan PDL dipakai sebagai bentuk formal dan identitas pegawai yang bekerja pada suatu instansi terkait. Dengan memakai pakaian tersebut, masyarakat dapat mengenali suatu instansi. Kedua pakaian tersebut memiliki fungsi dan bahan kain yang berbeda. Selain itu terdapat perbedaan-perbedaan lain yang dimiliki keduanya. Apa saja? Yuk, intip penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan PDH dan PDL

Kemeja PDL

PDL merupakan kepanjangan dari Pakaian Dinas Lapangan, yakni pakaian dinas yang dipakai di luar ruangan. Bahan yang digunakan untuk membuat kemeja PDL kebanyakan menggunakan bahan American Drill Bulltop yang memiliki tekstur kuat dan kasar. Bahan tersebut juga tebal, seperti yang banyak dijumpai pada seragam TNI karena banyak dipakai di luar ruangan.

PDL menjadi pakaian yang menampilkan identitas pegawai dan biasanya lengkap beserta dengan celana panjang dan atribut yang menyertainya.

Beberapa ciri-ciri kemeja PDL adalah sebagai berikut:
  • Bahan pembuatannya terbuat dari kain tebal dan kuat
  • Dapat dipadukan dengan batik atau kain lainnya
  • Memiliki lencana atau skoder di bagian pundaknya
  • Mempunyai saku
  • Mempunyai tali pengait di bagian lengan untuk memudahkan pemakai saat menggulung lengan
  • Terdapat ventilasi pada bagian belakang
  • Bahan yang biasa digunakan antara lain American drill, nagata drill, taipan drill, ripstop, marsoto, hingga valextra canvas
  • Terdapat logo intansi yang berkaitan

Kemeja PDH

Kemeja PDH (Pakaian Dinas Harian) merupakan pakaian yang biasa digunakan oleh para pegawai sebuah instansi saat bekerja. Para pegawai yang menggunakan pakaian ini biasanya bekerja di dalam ruangan, sehingga pemilihan bahannya terdapat kriteria khusus agar pakaian tetap nyaman saat digunakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kemeja PDH biasanya adalah American Drill Verlando yang cocok untuk dijadikan bahan pakaian formal yang elegan. Pakaian ini juga nyaman, tetapi tidak setebal kain pada PDL.

Beberapa pegawai instansi yang biasa menggunakan pakaian ini antara lain Linmas, PNS, Dishub, POLRI, serta Damkar. Selain itu, banyak pegawai perusahaan swasta yang menggunakan pakaian kerja jenis ini.

Beberapa ciri-ciri kemeja PDH antara lain:

  • Kain yang digunakan halus dan terlihat rapi serta elegan
  • Mempunyai kantong, kerah, serta kancing pada bagian depan kemeja
  • Dapat berupa kemeja lengan pendek maupun kemeja lengan panjang
  • Terdapat logo perusahaan atau instansi yang berkaitan agar dapat dikenali masyarakat dengan mudah

Saat ingin membuat kemeja PDL maupun PDH, pemilihan kain perlu diperhatikan agar tetap nyaman digunakan dan tidak salah aplikasi. Beberapa ciri kain yang telah disebutkan di atas sesuai dengan pakaiannya masing-masing dapat Anda pilih sebagai bahan yang tepat untuk membuat kemeja PDH ataupun PDL.

No comments

Powered by Blogger.