Ini 5 Luka pada Tubuh yang Tidak Boleh Kamu Anggap Enteng

Daftar isi: [Tampil]

Ketika tubuh mengalami luka, luka yang terjadi tidak boleh dianggap enteng atau remeh. Terjadinya luka pada tubuh menjadi sebuah tanda bahwa kulit mengalami kerusakan. Jenis luka pada tubuh sendiri ada banyak tipenya dan dapat terjadi karena berbagai macam faktor. 

Ada jenis luka ringan dan ada juga jenis luka berat. Mengenai jenis – jenis luka apa saja yang bisa terjadi pada tubuh, berikut ini 5 luka pada tubuh yang tidak boleh kamu anggap enteng. Cek informasi selengkapnya berikut ini dan kenali adakah tipe luka ini pada tubuhmu!

5 Luka pada Tubuh yang Tidak Boleh Kamu Anggap Enteng

Kulit mengelupas

Kulit mengelupas merupakan salah satu jenis luka pada tubuh yang seringkali terjadi. Siapa pun bisa mengalaminya karena jenis luka yang satu ini termasuk salah satu luka ringan. Bahkan gesekan antara kulit dengan benda dapat mengakibatkan pengelupasan pada jaringan terluar kulit. 

Ada beberapa penyebab mengapa kulit mengalami pengelupasan diantaranya : 

  • Kulit kering
  • Terbakar sinar matahari
  • Eksim
  • Dermatitis kontak
  • Dermatitis seboroik
  • Psoriasis

Akan tetapi tidak semua pengelupasan kulit merupakan hal yang wajar. Beberapa tipe pengelupasan ada yang mengindikasikan bahwa orang yang mengalaminya tersebut perlu mendapatkan penanganan yang serius. 

contoh penyakit pada kulit tangan
contoh penyakit pada kulit tangan


Jenis pengelupasan pada kulit yang menjadi suatu indikasi bahwa orang yang mengalaminya perlu mendapatkan penanganan serius diantaranya jika kulit tangan mengelupas terjadi dalam lembaran besar, disertai infeksi atau demam.  

Luka tusuk

Luka tusuk pada kulit terjadi ketika ada benda yang masuk ke dalam jaringan kulit. Jenis luka ini biasanya mengakibatkan kulit berdarah. Luka tusuk memang seringkali menutup dengan cepat. 

Akan tetapi luka tusuk harus segera ditangani karena pendarahan yang dibiarkan begitu saja berpotensi menyebabkan infeksi serius di kemudian hari. 

Jenis – jenis cedera yang dapat mengakibatkan luka tusuk seperti menginjak kaku, terkena gigitan hewan atau jenis luka yang lain. 

Luka sayatan atau irisan

Luka irisan atau sayatan merupakan jenis luka yang terjadi karena ada bagian kulit yang terkoyak. Biasanya luka sayatan atau irisan ini merupakan jenis luka yang terjadi karena disebabkan oleh benda – benda tajam seperti halnya pecahan kaca, pisau, gunting atau terkena pisau bedah. 

Luka sayatan atau irisan harus segera di tindaklanjuti. Salah satu cara penindaklanjutan yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci bagian kulit yang terluka, kemudian selanjutnya mengobati luka dengan obat merah dan membungkusnya dengan kain kasa untuk menutup luka dan mencegahnya terinfeksi dengan kotoran sampai luka mengering. 

Luka laserasi

Laserasi merupakan tipe luka pada tubuh yang mengakibatkan kulit terpotong atau robek. Tipe luka yang satu ini seringkali bersifat dangkal dan hanya melukai area permukaan kulit saja. Akan tetapi beberapa jenis luka laserasi ada juga yang bersifat dalam dan menyebabkan terjadinya cedera otot, cedera pada tendon, cedera ligamen, pembuluh darah dan saraf orang yang terluka. 

Luka laserasi paling sering terjadi disebabkan oleh trauma tumpul. Misalkan cedera pada kulit yang terjadi akibat pukulan pemukul bisbol, tongkat atau dipukul dengan kepalan tangan. Tipe luka laserasi biasanya memiliki jenis robekan bergerigi karena kulit mengalami robekan dan tidak dipotong atau tersayat. 

Luka abrasi 

Tipe luka yang lainnya adalah luka abrasi. Jenis luka abrasi merupakan jenis luka pada tubuh dimana kulit terhapus atau dikerik. Beberapa kejadian yang mengakibatkan luka abrasi diantaranya seperti ketika kulit terseret di atas karpet atau tanah yang menghasilkan gumpalan darah dan menyebabkan luka. 

Biasanya luka abrasi bersifat dangkal. Jadi bagian kulit yang terluka hanya bagian lapisan luar kulit saja. Akan tetapi tidak semua luka abrasi bersifat dangkal. Ada beberapa jenis luka abrasi yang cukup dalam bahkan sampai menembus ke dalam lapisan kulit dan dapat meninggalkan bekas luka, misalnya luka abrasi akibat terseret aspal karena kecelakaan. 

Itulah 5 luka pada tubuh yang bisa terjadi. Beberapa jenis luka utamanya jika cukup dalam perlu segera ditangani dan tidak boleh dianggap enteng. Berikan penanganan terbaik dan tepat pada kulit yang terluka. 

No comments

Powered by Blogger.