Ini Cara Tepat Menggunakan Hair Tonic Agar Tidak Salah Pakai

Daftar isi: [Tampil]

Memiliki rambut yang cantik, bebas dari masalah rontok dan kulit kepala berminyak tidak melulu harus ke salon setiap hari. Perawatan rutin secara mandiri di rumah bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan hair tonic. 

Hair tonic ini merupakan suatu produk perawatan rambut yang memiliki berbagai macam manfaat mulai dari melindungi kulit kepala dan mencegah kulit kepala berminyak, mencegah ketombe, mengurangi kerontokan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut. 


cara menggunakan hair tonic
cara menggunakan hair tonic

Walau punya segudang manfaat, tetap saja Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan hair tonic supaya hasilnya maksimal. Anda harus paham bahwa manfaat hair tonic tidak akan maksimal Anda dapatkan jika cara menggunakannya salah. Informasi selengkapnya tentang bagaimana cara menggunakan hair tonic yang tepat akan kami ulas dalam uraian berikut ini!

Cara Mudah Menggunakan Hair Tonic

Ketahui hair goals Anda

Selayaknya ketika Anda memilih produk skincare, produk hair care juga perlu Anda pilih berdasarkan jenis dan kondisi rambut Anda. Anda perlu mengenali masalah kulit kepala dan rambut Anda terlebih dahulu baru kemudian Anda dapat memilih produk hair tonic yang Anda butuhkan. Jangan sampai salah pilih atau salah pakai. 

Sebagai contoh, misalnya jika Anda memiliki masalah rambut rontok, maka memilih hair tonic yang dapat menguatkan akar rambut sangat penting menjadi goal Anda. Atau misalnya jika Anda memiliki masalah rambut bercabang, pilih produk hair tonic yang dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut. 

Perhatikan kandungan hair tonic

Setelah Anda tahu hair goals Anda, pastikan Anda mencari produk hair tonic yang memiliki kandungan nutrisi tepat untuk kesehatan rambut Anda. Misalkan jika Anda mencari hair tonic untuk menyuburkan rambut, maka produk hair tonic yang memiliki kandungan lidah buaya sangat penting Anda jadikan pilihan. 

Kemudian untuk membantu menguatkan akar rambut, Anda dapat menggunakan produk hair tonic yang didalamnya memiliki kandungan ginseng atau vitamin E. Sementara jika Anda memiliki masalah dengan ketombe maka hair tonic dengan kandungan asam amino wajib Anda pilih.

Dalam memilih hair tonic, pastikan juga Anda memilih produk yang bebas alkohol (alcohol free). Hal ini penting karena beberapa orang dengan kulit kepala sensitif akan mengalami rasa panas ketika menggunakan produk yang mengandung alkohol di dalamnya. 

Keramas dulu dengan shampoo

Setelah Anda memilih hair tonic yang bebas alkohol dan sesuai dengan kondisi kebutuhan rambut, selanjutnya aplikasikan hair tonic. Keramaslah dulu dengan shampoo sebelum Anda mengaplikasikannya di kulit kepala. 

Langkah awal ini perlu dilakukan dengan tujuan agar rambut dan kulit kepala Anda menjadi bersih karena hair tonic tidak akan bekerja secara maksimal jika rambut Anda masih dalam kondisi kotor. Jadi, pastikan Anda keramas dan membersihkan rambut dulu sebelum mengaplikasikan hair tonic.

Keringkan rambut sampai setengah kering 

Jika Anda ingin tahu mana yang lebih baik antara mengaplikasikan hair tonic pada rambut basah atau rambut kering, maka jawabannya akan lebih baik mengaplikasikan hair tonic pada rambut setengah kering. Jadi, pastikan rambut sudah setengah kering ketika mengaplikasikan hair tonic. 

Aplikasikan hair tonic secara tepat dan beri pijatan ringan

Supaya kulit kepala serta rambut Anda ternutrisi dengan baik, hair tonic perlu Anda aplikasikan secara merata. Mulai dengan meneteskan produk di puncak kepala kemudian biarkan produk mengalir dengan sendirinya.

Setelah itu ratakan hair tonic tersebut di kepala. Setelah seluruh bagian rambut tercover dengan hair tonic, pijat – pijat ringan area kepala Anda. Pijatan ini ditujukan supaya hair tonic terserap sempurna dan sirkulasi darah di kepala juga lancar. Setelah memijat, diamkan kurang lebih 2 menit sampai 3 menit. 

Setelah merawat rambut dengan menggunakan hair tonic, Anda tidak perlu membilas rambut dengan air. Hair tonic bukan conditioner yang harus dibilas setelah pemakaian. Bahkan kini conditioner tanpa bilas pun sudah banyak dijual. 

Setelah pengaplikasian hair tonic, diamkan dan biarkan rambut mengering secara alami. Setelah penggunaan hair tonic sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer. Biarkan rambut Anda mengering secara alami karena akan jauh lebih baik. 

No comments

Powered by Blogger.