Ini Standar Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi Terbaru di Era Milenial

Daftar isi: [Tampil]

Perguruan tinggi merupakan institusi atau lembaga yang memiliki tanggung jawab atas kepandaian dan kemajuan bangsanya agar mampu bersaing dengan bangsa di negara lain. Itulah mengapa harus dilakukan evaluasi terhadap sistem pendidikan dan pengajaran pada pendidikan tinggi. Diperlukan adanya Standar Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi (SKL - PT) untuk mengukur keberhasilan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).


standar kompetensi minimal di perguruan tinggi
standar kompetensi minimal di perguruan tinggi

Umumnya sistem pendidikan perguruan tinggi tidak terlalu memperhatikan proses pencapaian hasil pendidikan dan hanya melihat produk lulusan saja maka dari itu dibutuhkan evaluasi. Adanya sistem KBK yang diimplementasikan pada semua perguruan tinggi negeri maupun swasta menjadi jawaban atas lulusan perguruan tinggi agar dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Untuk mengukur keberhasilan KBK, maka dirancang SKL menjadi suatu patokan agar tujuan dari KBK dapat tercapai. SKL juga masih memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi agar dapat membantu mengembangkan potensi pada kompetensi masing-masing.

Lihat pula: Kumpulan Panduan dan Contoh Materi Pendidikan Tinggi 

Dengan ini diharapkan dapat mempersiapkan para lulusan agar bisa bekerja di tempat sesuai dengan bidangnya serta mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan serta menerima tantangan baru untuk tetap menambah ilmu dan belajar selama hidupnya.

Maka dari itu salah satu acuan yang harus ada yaitu Standar Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi (SKL – PT) agar keberhasilan KBK dapat tercapai. SKL – PT dirancang agar mampu memenuhi kebutuhan dunia pendidikan serta sebagai antisipasi perkembangan di masa depan. 

Kualifikasi Kinerja Lulusan Sarjana

Setiap program studi di perguruan tinggi diwajibkan untuk merumuskan profil, kualifikasi, kompetensi, dan indikator untuk mencapai kompetensi lulusannya. Parameter ini wajib ada untuk mengukur keberhasilan program studi. Profil yaitu deskripsi singkat yang menggambarkan peran lulusan seperti akuntan, manajer, designer, dsb. 

Kualifikasi yaitu pendidikan khusus untuk memperoleh keahlian yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan tertentu. Kompetensi yaitu kumpulan tindakan cerdas yang penuh dengan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam bidang pekerjaan tertentu. Indikator yaitu ukuran pencapaian kompetensi lulusan tersebut. 

Menurut Keputusan Menteri No. 232/U/2000 yang telah ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional bahwa seorang lulusan perguruan tinggi sarjana harus memiliki kualifikasi sebagai berikut : 

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan memiliki keterampilan dalam bidang keahlian tertentu agar bisa memahami, menjelaskan, merumuskan, dan menemukan cara dalam penyelesaian masalah sesuai dengan keahlian di bidangnya.
  2. Mampu menerapkan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sesuai dengan bidang keahliannya ke dalam kegiatan yang produktif dengan menerapkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan. 
  3. Mampu menjalankan perilaku dan sikap yang dapat membawa diri berkarya sesuai dengan bidang keahliannya dalam pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai keahliannya. 

Quality Assurance Agency for Higher Education (2004) menetapkan bahwa setiap program studi harus memiliki standar kompetensi yang harus dicapai setiap lulusan yang dihasilkan. Untuk mewujudkan pencapaian standar kompetensi dalam bentuk kinerja kelulusan dikelompokkan menjadi 3 tingkat yaitu threshold performance yaitu kinerja kompetensi minimal, typical performance yaitu kinerja kompetensi di atas minimal, dan excellent performance yaitu kinerja kompetensi lulusan jauh di atas kompetensi. 

Kondisi global dengan persaingan yang ketat membuat para lulusan harus berusaha lebih ekstra apalagi dalam dunia pekerjaan. Hal ini berdampak pada perubahan persyaratan kerja yang juga ketat bukan hanya menekankan kualitas lulusan namun juga penguasaan kemampuan teknis dan akademis serta penguasaan soft skills maka dari itu diberlakukan Standar Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi (SKL - PT).

No comments

Powered by Blogger.