Ini yang Harus Rutin Kamu Lakukan Untuk Cegah Gigi Berlubang

Daftar isi: [Tampil]

Gigi berlubang merupakan masalah serius yang sulit di atasi. Karena itu sebelum gigi Anda berlubang, pastikan Anda mencegahnya. Ada beberapa hal yang Anda harus lakukan secara rutin sebagai metode untuk cegah gigi berlubang.

Dengan melakukannya tentu gigi Anda akan sehat dan tidak berpotensi mengalami kondisi berlubang yang parah. Berikut ini beberapa hal yang harus rutin Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang agar tidak sampai parah, cek dulu informasinya!

Cara Cegah Gigi Berlubang Secara Ampuh

Manfaatkan pasta gigi yang sesuai

Untuk mencegah gigi berlubang, menggosok gigi secara rutin harus Anda lakukan. Namun menggosok gigi saja tidak cukup untuk Anda. Pastikan Anda juga memilih pasta gigi yang tepat. Pastikan pasta gigi yang Anda pilih adalah pasta gigi yang didalamnya terdapat kandungan fluoride.

cara mencegah gigi berlubang
cara mencegah gigi berlubang

Kandungan fluoride ini sangat penting dimiliki pasta gigi Anda karena kandungan tersebut merupakan kandungan yang dapat mencegah gigi berlubang. Beberapa manfaat kandungan fluoride untuk gigi diantaranya:

  • Meremineralisasi enamel gigi dengan mengikat area gigi yang mengalami pembusukan dan menarik mineral lain seperti kalsium
  • Mencegah terjadinya pembusukan lebih lanjut pada gigi dengan cara merangsang produksi fluorapatite yang dapat membantu menahan asam serta bakteri
  • Memiliki kandungan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah mikroba menempel pada gigi

Hindari makanan yang berpotensi merusak gigi

Untuk menghindari atau menyembuhkan gigi berlubang, pastikan Anda mengurangi konsumsi makanan yang cita rasanya manis dan terlalu manis. Makanan yang terlalu manis dapat memancing produksi bakteri dalam mulut serta berpotensi menggerogoti gigi Anda.

Selain mengonsumsi makanan yang bersifat manis, hal lain yang dapat membuat gigi jadi berlubang adalah terlalu sering mengonsumsi makanan yang didalamnya terkandung asam fitat.

Asam fitat ini merupakan kandungan yang tidak aman bagi gigi karena dapat mencegah gigi menyerap mineral didalam makanan yang pada akhirnya berpotensi mengakibatkan kesehatan gigi mengalami penurunan. Karena itu sedari sekarang hindari makanan yang mengandung asam fitat karena potensi merusak gigi sangat besar.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D

Jika vitamin D tidak dipenuhi tubuh dalam jumlah yang cukup, maka senyawa kalsitriol yang berfungsi  untuk menyerap kalsium dari makanan ke gigi tidak terpenuhi. Karena itu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D didalamnya sangat dianjurkan.

Mengenai apa saja makanan yang didalamnya banyak mengandung vitamin D banyak pilihannya. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya herring, sarden, tuna dan trout. Anda bisa konsumsi secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda.

Berkumurlah dengan larutan garam secara rutin

Berkumur secara rutin dengan larutan garam juga dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk cegah gigi berlubang. Garam merupakan suatu zat yang didalamnya terdapat banyak kandungan antibakteri yang mampu menghilangkan dan membunuh kuman serta bakteri didalam gigi.

Larutan garam yang dibuat berkumur, tidak hanya berfungsi sebagai pencegah sebelum kamu harus memakai obat sakit gigi berlubang, melainkan juga dapat menyembuhkan batuk dan meredakan sakit tenggorokan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi

Banyak orang yang meremehkan hal ini. Padahal sebenarnya pemeriksaan ke dokter gigi sangat penting dilakukan. Untuk memeriksa kondisi kesehatan gigi Anda, dianjurkan agar pemeriksaan dilakukan selama 6 bulan sekali.

Memang sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap remeh hal ini, namun sebenarnya manfaatnya sangat banyak dengan Anda memeriksa kondisi kesehatan gigi secara teratur. Dengan pemeriksaan rutin, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda seperti apa dan Anda juga dapat mencegah serta menemukan solusi jika terjadi masalah pada gigi.

Dengan pemeriksan rutin, karang gigi akan dibersihkan dan jika memang ada lubang, lubang gigi tersebut akan ditambal. Sehingga gigi berlubang tidak sampai terjadi pada gigi Anda. Karena kalau sampai terjadi infeksi sampai ke akar gigi bisa terjadi dan berbahaya bagi kesehatan jangka panjang gigi Anda.

Itulah beberapa hal sederhana yang harus rutin kamu lakukan untuk cegah gigi berlubang. Pastikan Anda melakukannya dan jangan sampai absen ya demi kesehatan gigi Anda.

No comments

Powered by Blogger.