Mengenal Macam–Macam Teknik Membatik Tradisional Asli Indonesia

Daftar isi: [Tampil]

Batik merupakan seni tradisional Indonesia yang harus dilestarikan. Kegiatan membatik menjadi salah satu wujud melestarikan seni tradisional Indonesia. Membatik memang bukan kegiatan yang mudah, akan tetapi kegiatan yang satu ini bisa dipelajari. 


Anda yang ingin belajar membatik, macam – macam teknik membatik ada banyak dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda tentang apa saja macam – macam teknik membatik yang perlu Anda pelajari. Let’s check these out!

Macam – Macam Teknik Membatik

Teknik canting tulis

Teknik canting tulis merupakan suatu teknik membatik yang paling umum dan menghasilkan harga jual batik paling tinggi. Canting tulis merupakan teknik membatik yang dilakukan dengan menggunakan alat bernama canting.

seorang anak belajar batik tulis
seorang anak belajar batik tulis

Dari alat canting itulah motif batik dibuat secara sederhana di atas kain mori. Malam dilelehkan kemudian cairan malam diisikan ke canting dan kemudian kain dapat dihias dengan lelehan malam di atasnya. 

Teknik membatik yang satu ini butuh jiwa seniman dan ketelitian tinggi untuk membuatnya. Karena cara pembuatannya yang sangat sulit dan perlu sangat teliti, karena itulah harga batik canting sangat mahal. 

Teknik cap 

Teknik batik cap merupakan teknik membatik yang dilakukan dengan menggunakan alat canting cap. Canting cap tersebut akan dicelupkan pada cairan malam kemudian diucapkan di atas kain mori. Teknik membatik yang satu ini memiliki kelebihan yaitu menjadi teknik pembuatan batik dengan malam yang lebih cepat terlebih dibandingkan teknik batik tulis. 

Teknik ikat celup

Jika teknik canting tulis merupakan sebuah teknik membatik yang sangat sulit, maka teknik ikat celup merupakan teknik membatik yang sangat mudah. Bahkan pelajaran membatik dengan teknik ikat celup sudah diberikan di SMP dan SMA/ SMK. 

Pembuatan motif pada kain batik dengan teknik ikat celup dilakukan dengan mengikat sebagian kain kemudian dicelupkan ke dalam cairan pewarna. Setelahnya ikatan dibuka, kemudian kain yang terikat bisa menghasilkan corak tertentu sesuai lipatan ikatannya karena kain yang terikat tidak akan terkena cairan pewarna. 

Teknik membatik ikat celup ini juga dikenal dengan istilah menjumput. Hasilnya disebut sebagai batik teknik jumputan. Siapa pun bisa belajar teknik membatik yang satu ini karena bahan, alat dan caranya sangat mudah di coba. 

Teknik printing

Dari macam – macam teknik membatik diatas, teknik selanjutnya yang Anda harus terapkan adalah teknik printing. Metode membatik yang semacam ini dilakukan dengan membuat sentuhan batik di atas kain melalui cara printing.  

Jadi untuk membuat batik dengan metode printing, maka alat printing di butuhkan. Proses pewarnaannya sendiri hanya diwarnai pada satu bagian sisi kain batik saja. Sehingga proses produksinya akan sangat efisien. 

Proses membatik dengan printing juga sangat cepat karena itu batik printing biasanya digunakan oleh perusahaan dan batik printing juga dibanderol jauh lebih murah dibandingkan batik tulis yang memang butuh ketelitian dan kreativitas seni tinggi untuk membuatnya. 

Waktu pembuatan batik dengan metode printing juga sangat cepat. Dalam sekali cetak saja, satu warna hanya butuh waktu 5 menit untuk membuatnya. Tidak hanya itu, alat printing juga menjadi sebuah alat membatik yang sangat canggih sehingga motif batiknya memiliki hasil yang sangat detail.

Teknik colet

Teknik pembuatan batik dengan teknik colet merupakan teknik membatik yang sangat akrab disapa sebagai teknik lukis. Melalui teknik colet, pembatik harus mengoleskan pewarna kain dengan menggunakan kuas kemudian dilukiskan motif di atas kain mori. 

motif batik tradisional
motif batik tradisional

Teknik yang satu ini butuh jiwa seni yang tinggi dalam pembuatannya karena orang yang membuat harus jeli. Step by stepnya harus tepat dilakukan agar warnanya dapat menyatu dan tidak ada kesan senjang. 

Dalam pembuatan batik colet, semakin bagus motif batik colet maka harganya juga akan semakin tinggi. Hanya saja memang membuat batik colet yang sangat bagus motifnya bukan hal yang mudah.  

Itulah macam – macam teknik membatik yang Anda harus tahu. Anda pun dapat menjadikan salah satu teknik di atas sebagai teknik membatik yang Anda lakukan.

No comments

Powered by Blogger.