Ini Sederet Tips Membuat Video Kuliner yang Instagramable

Daftar isi [Tampil]

Bagi Anda yang suka kegiatan memasak atau ingin belajar memasak, sudah tersedia banyak platform yang menghadirkan konten – konten memasak. Salah satunya Anda bisa menyaksikan beragam video kuliner melalui TikTok, YouTube dan Instagram.

Atau Anda tertarik untuk membuat video kuliner yang instagramable dan diunggah di berbagai platform sosial media yang Anda punya agar viral dan banyak ditonton? Nah, jika hal tersebut yang Anda inginkan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tips melakukukan food photography untuk memulai bisnis kuliner. So, let’s check these out!

Tips Buat Video Kuliner yang Instagramable

Buat food video dengan format flat lay

Video dengan format flat lay merupakan jenis video yang sangat mudah untuk Anda bagikan. Utamanya jika Anda memanfaatkan sosial media baik itu TikTok, Instagram atau Twitter untuk membagikan video hasil masakan atau proses memasak Anda.

cara mudah food photography
cara mudah food photography

Dalam dunia videografi, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengambil video dengan format flat lay. Cara pertama, menggunakan tripod panjang yang Anda atur posisi tingginya dan mengarahkannya ke arah bawah.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu kombinasikan antara monopod serta boom pole holder. Ketiga, Anda bisa memanfaatkan overhead camera rig yang bisa secara langsung Anda beli di toko online.

Bikin dalam durasi singkat

Video yang terlalu lama dapat membuat penonton bosan menontonnya. Oleh sebab itu video kuliner baik itu tantangan makanan atau resep yang akan diupload di sosial media termasuk Instagram atau TikTok baiknya dibuat dalam durasi singkat.

Anda bisa membuat video dengan durasi 15 sampai 30 detik yang menampilkan step by step makanan. Video pertama menampilkan informasi makanan yang akan dibuat, video kedua dan ketiga menampilkan step – step makanan dalam video tersebut, kemudian video terakhir menampilkan hasil makanan yang Anda buat.

Cara ini lebih terbukti ampuh untuk menaikkan likes dan rasa penasaran visitor atau penonton untuk nonton video yang Anda post terus menerus. Anda bisa mencobanya.

Tampilkan hal – hal menarik dan unik dalam video

Sebagian besar konten creator di TikTok atau platform sosial media lainnya menampilkan hal – hal unik dalam videonya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian setiap visitor atau calon visitor yang melihat konten video yang diupload tersebut.

Jadi tips buat video kuliner yang instagramable selanjutnya adalah dengan mendengarkan suara bahan makanan yang diletakkan dalam wadah, menunjukkan suasana dapur dan perlengkapan memasak, menunjukkan merk bahan makanan kemudian menuangkannya, ada juga yang mengedit videonya dengan animasi stop motion atau efek cepat. Anda bisa coba!

Fokus pada suara dalam video

Hal yang dapat membuat video TikTok menarik adalah suara. Suara bisa berasal dari berbagai hal mulai dari template musik yang sudah ada, memperdengarkan suara alat pemotong memotong bahan makanan, atau memasukkan unsur ASMR yang sekarang ini sedang menjadi tren. Anda bisa memasukkan salah satu unsur suara tersebut atau mengombinasikannya.

Jangan lupa pencahayaan

Pastikan Anda membuat video dengan unsur pencahayaan yang memadai. Anda bisa menambahkan ring light ketika membuat video yang akan diunggah tersebut agar pencahayaannya mumpuni dan menghasilkan video yang berkualitas untuk ditonton.

Itulah beberapa tips buat video kuliner yang instagramable dan bisa menjadi video andalan untuk Anda upload di instagram atau sosial media Anda lainnya. Selamat mencoba!