Daftar Aplikasi Sound of Text Untuk Nada Dering WA

Daftar isi [Tampil]

Sound of Text akhir-akhir ini memang sedang booming, di mana kamu bisa mengubah pesan teks yang ada di WhatsApp menjadi pesan suara. Dalam menggunakan sound of text, tersedia banyak sekali tools yang bisa kamu pilih dengan mudah. Adapun, suara yang dihasilkan pun terdengar seperti milik mbak-mbak Google yang biasanya kamu temui saat memakai fitur terjemahan.

nada dering wa
nada dering wa

Nantinya, sound of text ini akan mengubah pesan teks dari WhatsApp kamu menjadi file audio MP3, sehingga saat ada masa kamu ingin mendengarkan pesan dari orang lain, kamu bisa memutarnya. Biasanya sound of text sendiri juga sudah disediakan dalam berbagai macam bahasa dan kamu tinggal pilih saja ingin menggunakan yang mana. Bahkan variasi suaranya bisa jadi juga beragam, tak hanya berpatok pada suara mbak Google saja, ada juga lainnya seperti suara Spongebob dan sejenisnya.

Deretan Situs atau Aplikasi Untuk Melakukan Sound of Text

Jika kamu ingin memakai tools sound of text, maka ada banyak yang direkomendasikan di internet, tinggal pilih saja mana yang kamu mau karena hampir setiap tools memiliki kelebihan juga kekurangan masing-masing. Demikianlah berikut ini ada daftar lengkap tools sound of text agar kamu bisa mengubah pesan teks orang terkasih menjadi pesan suara.

Lihat pula: Cara Download Sound of Text

Botika

Kamu akan terkejut jika tahu bahwa developer yang membuat Botika ini asalnya dari Indonesia. Hasil suara yang dihasilkan pun terkesan natural seperti orang Indonesia pada umumnya dan ada 2 jenis suara yang dapat kamu coba yaitu suara wanita dewasa atau mungkin suara wanita muda. Untuk tutorial mengubahnya pun sebagai berikut:

  • Buka browser dan akses situs Botika di https://botika.online/TextToSpeech/.
  • Bila sudah berada di halaman Botika, kamu tinggal masukkan saja pesan teks yang akan diubah pada kolom Text to Speech.
  • Kemudian pilih dari 2 jenis suara yang ada entah itu Female Mature atau Youngster.
  • Setelahnya jika sudah diubah, kamu bisa mendengarkannya lebih dulu sebelum melakukan pengunduhan dengan cara menekan tombol Play yang ada. Apabila ingin mengunduhnya tinggal tekan tombol dengan ikon panah ke bawah.

VoiceMaker

Lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya, di VoiceMaker ini kamu dapat mengubah suara menjadi milik laki-laki dewasa atau bahkan anak kecil. Ada macam-macam bahasa yang sudah tersedia dan pastinya kamu juga bisa melakukan beberapa pengaturan dalam hal pitch, kecepatan, hingga volume yang diinginkan. Proses pengubahannya pun cukup simpel dan tidak ribet, berikut ini langkahnya.

  • Buka browser dan masuk ke situs https://voicemaker.in/.
  • Masukkan teks pada kolom yang disediakan kemudian pilih Language and Region.
  • Lalu pilih salah satu suara dari banyaknya pilihan yang muncul pada kolom Voice, nantinya akan ada beberapa nama yang muncul di dalam aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya tinggal Convert to Speech dan langsung unduh jika hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Sound of Text

Situs resmi Sound of Text ini menyediakan ragam bahasa yang dapat kamu pilih, sekaligus cara penggunaan aplikasinya cukup simpel dan tidak membuatmu bingung sama sekali. Sama seperti yang di atas, kamu tinggal mengikuti tutorial yang ada di bawah ini.

  • Akses situsnya https://soundoftext.com/ dari browser di ponselmu.
  • Salin teks yang akan diubah ke pesan suara pada kolom Teks, kemudian pilih bahasa dari kolom Voice yang ada.
  • Segera klik Submit agar pesan segera diubah dalam bentuk suara. Nantinya silakan diputar lebih dulu demi memastikan bahwa hasil convert sudah sesuai keinginan dengan menekan tombol Play. Bila sudah sesuai, maka tinggal tekan saja opsi Download yang ada di situs tersebut.

Vocades

Vocades memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tariknya. Di sini kamu bisa mengubah teks menjadi suara milik siapapun yang kamu mau, mulai dari suara Spongebob, tokoh politik bahkan hingga suara selebriti. Sayangnya, situs ini hanya akan bisa dipakai jika teksnya dalam bahasa Inggris, jadi mau tak mau kamu harus mengubahnya lebih dulu agar lebih mudah di konvert. Berikut ini adalah tutorial lengkapnya untuk kamu.

  • Buka situs https://vo.codes/ pada browser ponsel kamu lalu segera tentukan jenis suara yang akan dipakai pada kolom All Voice.
  • Apabila ingin penggunaan suara kartun atau anime, tinggal klik saja pada kolom Speaker Info.
  • Barulah silakan masukkan teks yang akan diubah dengan batasan jumlah kata yakni 500 kata saja.
  • Klik tombol Speak untuk mendengarkannya. Kekurangan dari aplikasi ini ialah tidak adanya fitur unduhan yang disediakan, sehingga mau tidak mau kamu harus merekam suara yang dihasilkan.

Freetts Voice Name

Untuk rekomendasi terakhir aplikasi yang dapat membuat pesan teks menjadi pesan suara ialah Freetts Voice Name. Tampilannya sederhana dan sangat mudah digunakan oleh para penggunanya. Berikut ini tutorial lengkap pemakaiannya untuk kamu.

  • Silakan kunjungi https://freetts.com/#ads di browser kamu lalu klik opsi Start Text to Speech Free.
  • Setelah berada di kolom yang tersedia, tinggal tulis atau salin pesan teks yang kamu mau dengan batasan kata maksimal 5000 kata.
  • Lalu pilih bahasa pada menu Choose the Language, dan pilih gaya suara yang kamu inginkan di menu Voice Style.
  • Setelah berhasil di convert, kamu bisa segera mengunduh hasilnya apabila sesuai dengan keinginan.

Itulah beberapa aplikasi atau tools untuk mengubah pesan teks menjadi pesan suara. Kamu juga bisa menjadikan hasil pesan suara tersebut menjadi nada dering WA lho. Yuk dicoba!