Cara Kompres Foto SSCN JPG Jadi 200KB Tanpa Pecah

Daftar isi [Tampil]

Ada cara kompres foto sscn jpg jadi 200kb secara offline maupun online tanpa membuat gambar menjadi pecah. Hasil foto yang diambil langsung dari kamera smartphone biasanya memang masih berukuran sangat besar.

Terlebih jika resolusi kamera pada smartphone tersebut berukuran besar hingga puluhan MB atau bahkan ratusan Megabyte.

Biasanya jenis kamera seperti ini banyak kita jumpai pada HP Flagship yang memiliki resolusi hingga 108 MP. Dengan demikian maka sudah pasti hasil fotonya bisa diatas 1 MB atau bahkan lebih dari 5 MB hanya untuk satu file saja.

Sedangkan kebanyakan website atau aplikasi seperti foto untuk daftar akun sscn mempunyai limit upload maksimal hanya sampai ratusan KB saja.

Kompres ukuran file photo
Kompres ukuran file photo

Nah, masalah seperti ini dapat kita selesaikan dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi atau software dari pihak ketiga.

Cara kompres foto sscn jpg jadi 200KB tanpa membuat gambar menjadi pecah

1. Adobe Photoshop

Software yang satu ini memiliki banyak fitur lengkap untuk keperluan edit foto yang diantaranya untuk mengkompress file foto menjadi ukuran kecil.

Sebut saja file foto yang tadinya berukuran 3 MB bisa di optimize menjadi 100 KB saja tanpa membuat gambar menjadi pecah atau buram.

Sebagai software untuk kalangan edit foto profesional, software Photoshop juga bisa memberikan beberapa pilihan seberapa besar file tersebut ingin kita kompres.

Semakin kecil ukuran filenya maka sudah tentu qualitasnya menjadi menurun dari aslinya. Dan sebagai info tambahan saja bahwa file foto yang pas untuk ukuran website biasanya dikisaran 50 KB hingga 200 KB. Jadi jangan setting valuenya dibawah 50 KB karena sudah pasti hasil fotonya menjadi pecah.

Untuk menggunakan software adobe photosop sebagai kompres foto sangatlah mudah dan cepat. Anda tidak perlu gunakan berbagai pilihan tools yang begitu banyak.

Lihat pula: Download Kinemaster MOD Pro APK Terbaru

Cukup upload foto yang ingin anda kompres ke software photoshop, kemudian tekan tombol keyboard shortcut yaitu ctrl + shift + alt + s hingga muncul tab baru pada layar monitor.

Ganti value qualitynya menjadi angka lebih rendah, atau bisa juga pilih menu high menjadi medium atau low. Agar file foto tersebut bisa berubah ukurannya menjadi lebih kecil.

Setelah itu barulah anda bisa mengupload foto 200KB an saja ke website yang anda inginkan untuk kepentingan verifikasi atau pendaftaran lainnya.

2. TinyJPG

Menggunakan Adobe Photoshop memang pilihan terbaik untuk keperluan kompres foto menjadi lebih kecil. Sebab ada banyak sekali fitur pendukungnya yang bahkan bisa memperhalus gambar pecah menjadi tajam kembali.

Namun jika anda tidak ingin ribet menggunakan adobe photoshop yang butuh sedikit skill dan pengetahuan maka ada cara lain yang jauh lebih praktis.

Caranya yaitu menggunakan TinyJPG yang harus anda akses secara online. Silahkan buka web browser anda terlebih dahulu bisa menggunakan google chrome, mozilla firefox atau browser lainnya.

Kemudian ketikan url https://tinyjpg.com/ untuk membuka website resminya yang menyediakan fitur kompres foto online. Baik untuk pengguna PC maupun smartphone sama-sama bisa menggunakan layanan kompres foto instant ini.

Pada halaman depan website TinyJPG terdapat tombol upload yang bisa anda klik untuk mulai mengupload foto yang ingin di kompres.

Tipe file foto tersebut bisa berupa .png maupun .jpg yang maksimal berukura 5 MB untuk dikompres menjadi sekitar 200KB an saja.

Setelah berhasil terupload foto yang ingin anda kompres tersebut maka secara otomatis server tinyjpg akan langsung mengkompresnya.

Tunggu hingga progress nya mencapai angka 100% dan setelah itu bisa anda download dengan menekan tombol download yang tertera pada layar.

Kamu juga bisa mengetahui seberapa besar situs tinyjpg ini telah berhasil mengkompres fotomu tersebut dengan nilai persentase yang dapat kamu lihat pada bagian bawahnya.

Kamu juga bisa drag and drop untuk upload file foto dalam jumlah yang banyak hanya dalam sekali klik. Caranya yaitu dengan select all pada folder foto koleksi yang akan kamu kompress. Kemudian drag and drop ke kotak upload yang ada pada situs tinyjpg.com tersebut.

Tunggu hingga proses upload seluruhnya selesai dan setelah itu bisa kamu download kembali untuk mendapatkan file foto yang sudah berukuran lebih kecil.