5 Daerah Penghasil Batik Terbaik di Indonesia

Daftar isi [Tampil]

Batik adalah salah satu produk indonesia yang sudah mendunia. Bahkan, batik disebut sebagai warisan dunia. Tak heran, ketika para wisatawan asing datang ke indonesia, mereka sering menjadikan batik sebagai buah tangannnya. 

Indonesia sendiri memiliki beberapa daerah yang mampu menghasilkan batik yang cantik dan dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Inilah beberapa daerah penghasil batik terbaik di indonesia yang pastinya memiliki corak batik yang berbeda satu dengan yang lain. Tak ada salahnya Anda mengetahui asal batik cantik tersebut, kira kira mana batik darimana yang paling Anda sukai?

Kota Pekalongan

Sudah banyak yang tahu bahwa kota pekalongan adalah daerah penghasil batik. Batik pekalongan dikenal dengan kualitas yang bagus dan banyak orang yang tak meragukan kualitas dari batik pekalongan. Kota pekalongan yang terletak di jalur pantura ini biasanya memproduksi batik dengan warna cerah sehingga warna batik dapat memikat konsumennya. Soal corak, corak batik pekalongan lebih memilih corak yang berbau alam. 

Konon katanya corak batik pekalongan merupakan pengaruh dari negara China, Belanda dan Arab. Tak hanya itu saja, sebagai kota batik, Pekalongan juga memiliki museum batik yang menyimpan berbagai jenis batik dari seluruh daerah di indonesia. Sebelum disulap menjadi museum batik, bangunan tersebut adalah peninggalan belanda sejak 1906. Jadi, tak ada salahnya jalan jalan ke kota Pekalongan, shopping batik sekaligus melakukan wisata budaya.

Kota Solo

Kota yang juga dikenal sebagai daerah penghasil batik terbaik di indonesia adalah kota Solo. Solo yang lekat dengan budaya nyatanya juga menyimpan bentuk budaya dalam bentuk kain batik. Dulunya, tidak semua masyarakat solo bisa mengenakan kain batik. Hanya orang keraton dan bangsawan saja yang bisa memakai batik. Tetapi kini, tradisi tersebut luntur dan siapapun orang bisa memakai kain batik. 

teknik membatik ala jawa
teknik membatik ala jawa

Batik khas solo mengusung corak alam. Untuk coraknya, batik solo dipengaruhi oleh kerajaan ternama yaitu majapahit dan mataram. Tak heran, jika beberapa corak dan motif batik solo pun mengandung makna khusus, sebagai contohnya: sido asih, sido mulyo, sekar jagad, satrio wibowo dan tikel asmorodono.

Kota Yogyakarta

Julukan kota pelajar begitu melekat di kota Yogyakarta. Tetapi tahukah Anda bahwa pada tahun 2014, kota Yogya memiliki panggilan baru yaitu Kota Batik Dunia. Anda yang pernah pergi ke sana, pastilah Anda akan dengan mudah menjumpai pedagang batik maupun toko batik. Batik kota Yogya biasanya memilih warna netral seperti putih, hitam, dan coklat. 

Lihat pula: Daerah Penghasil Tembaga Ternama di Indonesia

Batik khas Yogya juga banyak digunakan sebagai pakaian untuk acara resmi seperti pernikahan. Sebagai contohnya: batik sidomukti yaitu batik yang dikenakan pada saat mengucap ijab qobul, batik motif gompol adalah batik yang digunakan pada saat acara pertunangan, dan ada beberapa lagi batik yogya lain yang sering dijadikan sebagai pakaian untuk acara sakral.

Kota Cirebon

Salah satu kota di Jawa Barat ini termasuk kota penghasil batik. Batik kota Cirebon tak kalah indah dengan batik kota lainnya. Yang paling ternama hingga ke mancanegara yaitu batik mega mendung. Batik disebut mega mendung karena motifnya yang berbentuk gumpalan awan dan warna batik juga memilih warna langit. 

Batik cirebon ada beragam dan batik terbagi menjadi 2 macam, yaitu batik keraton dan batik pesisir. Batik keraton lebih memilih warna yang gelap seperti hitam dan coklat. Sedangkan batik pesisir lebih mengusung warna cerah seperti warna biru dan warna merah. Adapun motif lain dari batik cirebon adalah singa payung, paksinaga liman, naga silam, taman teratai, dan patran keris.

Pulau Bali

Bali nyatanya tak hanya dikenal dengan surganya para wisatawan. Pulau Dewata ini juga memiliki kain batik sebagai produk asli indonesia. Batik asal bali biasanya lebih memilih warna cerah. Batik warna cerah dianggap memilih daya tarik sendiri bagi konsumennya. Batik Bali mengusung corak corak tradisional hingga kekinian. 

Corak batik dapat berupa gambar hewan, contohnya naga, rusa dan kura kura. Jika Anda penasaran seperti apa motif batik yang ternama dari Pulau Bali, inilah beberapa motif kenamaannya seperti buketan, merak abyorhokokai, singa barong, dan ulamsari mas. 

Demikian informasi tentang beberapa daerah penghasil batik terbaik di Indonesia ulasan tim Gearzone Edublogs. Kira-kira mana kain batik yang menarik minat Anda untuk membelinya? 

Deskripsi: daerah penghasil batik terbaik di indonesia antara lain: pekalongan, solo, jogjakarta, cirebon dan bali.