Daftar Software untuk Desain Undangan Pernikahan secara Gratis

Daftar isi [Tampil]

Kebanyakan orang memilih menggunakan jasa desain untuk membuat undangan. Tentu saja mereka perlu mengeluarkan biaya lebih besar dibanding mendesain sendiri undangan tersebut. Jika ingin menekan biaya, Anda dapat memilih untuk membuat desain sendiri.

Jangan khawatir kalau Anda merasa tidak memiliki skill desain grafis. Pasalnya, saat ini sudah banyak aplikasi atau software yang dapat membantu dalam pembuatan desain undangan pernikahan. Bahkan orang yang tidak memiliki kemampuan desain pun dapat membuat undangan yang bagus.

Software Desain Undangan Nikah
Software Desain Undangan Nikah

Software Desain Undangan Pernikahan Gratis

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi software untuk membuat undangan pernikahan yang gratis. Jadi, Anda tak perlu memikirkan biaya langganan atau semacamnya.

  1. Canva

Canva merupakan software yang tidak dibuat secara khusus untuk mendesain undangan. Software yang satu ini dapat dipakai untuk membuat desain grafis secara umum. Mungkin Anda juga sudah kenal dengan Canva karena memang terkenal.

Apabila ingin menggunakan Canva, Anda dapat memilih untuk memakai aplikasi mobile atau memakai situs webnya. Tidak ada perbedaan fitur di antara keduanya. Semuanya dapat diakses secara gratis. Anda juga tak perlu kerepotan karena Canva telah menyediakan bayak template undangan.

Tutorial terkait: Cara Download YouTube Mp4 dan Mp3 tanpa Install Aplikasi

Untuk menemukan template undangan pernikahan dengan lebih mudah, pilih kategori Invitation. Setelah itu, temukan kata kunci atau keyword wedding. Pilih salah satu desain yang disukai, kemudian ubah isinya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Invitation Maker 2.0

Selanjutnya ada software bernama Invitation Maker 2.0. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa software satu ini memang dikembangkan khusus untuk membuat desain undangan. 

Di dalamnya terdapat banyak opsi jenis-jenis undangan yang dapat dipilih oleh penggunanya. Contohnya antara lain undangan pernikahan, ulang tahun, pertunangan, baby shower, wedding anniversary, dan masih banyak lagi.

Salah satu keunggulan dari Invitation Maker 2.0 adalah tersedia berbagai pilihan background dengan kualitas HD meski seluruh layanannya gratis. 

Untuk saat ini, Invitation Maker 2.0 baru tersedia di Android dan Anda dapat menginstallnya melalui Playstore.

  1. Invitation Maker by Greetings Island

Meski punya nama yang mirip seperti aplikasi sebelumnya, Invitation Maker ini berasal dari pengembang yang berbeda. Nama pengembangnya adalah Greetings Island.

Invitation Maker punya antarmuka atau interface yang lebih clean sehingga lebih disukai. Senada dengan tampilan aplikasinya, undangan yang dihasilkan menggunakan Invitation Maker juga kebanyakan bernuansa clean dan minimalis. Konsep ini sangat cocok dengan tren saat ini.

Pengguna Invitation Maker dapat membuat undangan dengan mudah dan gratis. Cukup pilih template, kemudian ubah sedikit di bagian teksnya. Selesai.

  1. Invitation Card Maker

Belakangan ini, undangan pernikahan lebih banyak disebar dalam bentuk video atau gambar bergerak (GIF). Kalau Anda berniat membuat undangan pernikahan seperti ini, maka aplikasi yang paling cocok dipakai adalah Invitation Card Maker.

Tips lainnya: Cara Chat WhatsApp tanpa Simpan Nomor Kontak

Aplikasi ini sudah menyediakan template yang hanya perlu sedikit diubah oleh pengguna. Sama persis seperti semu aplikasi yang sempat dibahas sebelumnya.

Sayangnya, Invitation Card Maker versi gratis memberikan batasan kepada pengguna, misalnya tidak bisa menyimpan desain dengan kualitas HD. Jika menginginkan kualitas lebih, pengguna perlu berlangganan paket premium.

  1. Wedding Invitation Card Maker by VCApps

Aplikasi yang terakhir ini dibuat sangat khusus untuk pembuatan undangan pernikahan. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, pengguna harus mengisi detail acara terlebih dahulu.

Setelah itu, aplikasi akan memberikan beberapa rekomendasi desain. Pengguna dapat memilih salah satunya dan menambah berbagai ornamen sebagai pelengkap.

Berkat aplikasi-aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, Anda akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Keuntungan yang kedua adalah Anda bebas menuangkan kreativitas dan dapat membuat desain sesuai dengan selera sendiri.