Kenapa Burung Mengeluarkan Suara dan Berkicau?

Daftar isi [Tampil]

Burung merupakan hewan yang sangat unik, yang selalu menunjukkan ciri khas mereka. Yaitu mengeluarkan bunyi kicauan. Burung sering mengeluarkan kicauannya di pagi hari. Mereka seolah ingin membangunkan manusia dan menemani dalam mengawali aktivitas di pagi hari.

Tapi, tahukah kamu, mengapa burung selalu bersuara dan mengeluarkan kicau yang terus menerus? Ternyata hewan unik ini memiliki alasan dan faktor tertentu yang membuat mereka berkicau saat pagi hari.  Apa sajakah itu?

Alasan Burung Berkicau

Beberapa burung memiliki kicau dengan durasi yang panjang, seperti burung kenari, burung cendet, dan burung kacer. Pada umumnya, kicau burung tersebut menjadi nyanyian yang memiliki tujuan atau alasan tertentu. Baik untuk menunjukkan kehebatan berkicaunya, merayu betina, mengajak kawin, dan masih banyak lagi. Inilah beberapa alasan mengapa burung mengeluarkan suara dan berkicau:

alasan burung berkicau
alasan burung berkicau

Menarik Pasangan

Kicauan burung dimaksudkan untuk menarik betina. Jantan akan memberitahu betina bahwa mereka masih memiliki tenaga dan masih fit untuk melakukan kawin. Ternyata sejak zaman nenek moyang, burung sudah mempelajari mana waktu yang terbaik untuk menarik betina dengan suara kicauan itu.

Ketika matahari terbit, udara masih terasa sejuk. Suara pastinya dapat merambat dengan lancar di udara. Momen inilah yang digunakan pejantan untuk mulai mengeluarkan kicauan mereka. Betina pun bisa tertarik dengan adanya suara kicau dari pejantan.

Ingin Pamer

Burung ternyata juga bisa pamer layaknya manusia. Entah itu pamer makanan atau pamer suara. Mereka menggunakan kicauan tersebut agar burung yang lain dapat mengetahui makanan apa yang telah mereka dapatkan hari ini. Burung dengan suara bagus juga mengeluarkan siulan mereka untuk menarik perhatian temannya.

Tanda Peringatan

Burung pastinya akan mencari makan saat mereka lapar. Di pagi hari saat bangun tidur, dan di sore untuk mengatasi kelaparan di malam hari. Burung juga akan mencari makan saat udara dingin atau setelah hujan. Kicauan mereka sebagai tanda agar burung lain tidak mengambil makanan yang telah menjadi miliknya di wilayah tersebut.

Itulah 3 hal yang bisa memberi Anda jawaban mengapa burung bisa mengeluarkan suara dan berkicau. Burung biasanya leboh sering mengeluarkan kicauan mereka saat pagi hari. Ada satu teori yang membuat burung memilih waktu di pagi hari, karena mereka menganggap pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan penting dengan burung lain.

Faktor lainnya adalah, karena di pagi hari proyeksi citra kekuatan kicauan mereka akan lebih terdengar jelas. Aktivitas yang rendah membuat burung memilih bernyanyi dan berkicau dengan keras. Nyanyian yang penuh semangat ini juga memberi tanda pada burung lain bahwa ia selamat di malam hari.

Ternyata ada alasan mengapa burung bisa berkicau tanpa henti atau berkicau dengan mengeluarkan nada yang rumit. Organ bunyi di dalam tubuh burung yaitu Syrinx berfungsi sama dengan kotak suara manusia. Otot-otot kontrol detail dari syrinx inilah yang membuat suara kicauan tersebut. Kicauan yang lebih kompleks dihasilkan dari sistem otot vokal burung yang lebih rumit.

Keistimewaan dari burung ini juga sering dijadikan perlombaan oleh orang-orang untuk membandingkan burung kicau mana yang lebih bagus. Suara kicauan bagus dari burung muncul karena beberapa faktor, seperti faktor keturunan, cara merawat, makanan, pemberian masteran, dan lain-lain.

Jika dari lahir burung memiliki induk yang suara bagus, maka kemungkinan besar suara mereka juga akan bagus. Begitu juga dalam faktor pemberian makanan. Jenis makanan yang tepat dan baik juga bisa meningkatkan kualitas dari suara kicau burung.