1 Yuan Berapa Rupiah? Apa Perbedaan Yuan dan Renminbi?

Daftar isi [Tampil]

Seringkali terjadi kebingungan, apa mata uang China? Yuan atau Renminbi? Lalu 1 Yuan berapa Rupiah? Mengapa China menggunakan dua mata uang? Bahkan RI dan China sekarang ini sudah mulai melakukan transaksi menggunakan Rupiah-Yuan. Memahami kurs suatu mata uang memang akan memudahkan

China adalah salah satu negara yang paling kuat secara ekonomi. Bahkan, diprediksi bahwa pada tahun 2028, China akan menyalip Amerika Serikat dan menjadi ekonomi terbesar dunia. Selain dolar dan euro, yuan sekarang diakui sebagai mata uang internasional. Berbagai produk dari China bahkan telah mendominasi pasar hampir di seluruh dunia. Apalagi di era pasar bebas ini, setiap negara berbisnis dengan China.

Mata uang China: Yuan atau Renminbi?

mata uang china yuan dan Renminbi
mata uang china yuan dan Renminbi

Mata uang China adalah Renminbi (RMB) yang dicetak oleh Bank Rakyat Tiongkok. Anda mungkin bertanya-tanya apakah mata uang China adalah Renminbi atau Yuan. Mata uang resmi Cina adalah Renminbi (RMB), Renminbi atau人民币 artinya uang rakyat. Renminbi adalah nama resmi atau sebutan formal mata uang yang digunakan di Tiongkok daratan.

Lihat pula: Mengenal Sistem Peradilan di Indonesia

Renminbi pertamakali dikeluarkan pada bulan Desember 1948 ketika Republik Rakyat China (PBOC) atau Bank Rakyat China didirikan di Shijiazhuang, Provinsi Hebei. Mata uang ini mulai digunakan dengan simbol internasional adalah CNY (¥) atau CNH pada tahun 1949 dan diperdagangkan di luar Tiongkok daratan, seperti Hong Kong, Makau, dan Singapura.

Sedangkan Yuan adalah nama satuan atau unit dari mata uang renminbi. Jadi bisa dikatakan bahwa Yuan digunakan untuk penyebutan nilai atau satuan sebuah barang sedangkan renminbi merupakan nama resmi mata uangnya. Jadi untuk penyebutannya misalnya kursi seharga 300 yuan. Sama halnya bertanya 1 yuan berapa rupiah, bukan 1 renminbi.

Tools edukasi terkait: Text to Speech bahasa Inggris

Denominasi Mata Uang China

Yuan terdiri dari uang koin dan uang kertas. Uang pecahan koin terdiri dari 0.01 yuan, 0.05 yuan, 0.10 yuan, dan 1 yuan. Sedangkan pecahan uang kertas  adalah 1 yuan, 5 yuan, 10 yuan, 20 yuan, 50 yuan, dan 100 yuan. 1 yuan dapat dibagi menjadi 100 fen atau 10 jiao. Mata uang yuan paling kecil adalah 1 jiao.

Perbedaan CNY dan CNH

Selain memiliki satuan dan mata uang yang berbeda, Renminbi juga mempunyai 2 kode ISO, CNY, dan CNH di mana keduanya memiliki nilai tukar yang berbeda karena arah pergerakan nilai tukar yang berbeda. berikut akan dibahas perbedaan antara CNH dan CNY.

CNY adalah mata uang renminbi (yuan) yang hanya dapat diperdagangkan di Tiongkok Daratan. Renminbi membedakan mata uang China dengan negara lain seperti Taiwan. Nilai tukar CNY bersifat tetap yang telah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah China.

CNH adalah mata uang renminbi (yuan) yang dipedagangkan di luar wilayah Tiongkok Daratan seperti di Makau, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura. Hong Kong adalah hubungan internasional pasar offshore mata uang renminbi. Berbeda dengan CNY, CNH memiliki nilai tukar yang fluktuatif sesuai dengan supply dan demand yang terkadang nilainya bisa melebihi CNY berdasarkan jumlah permintaan yuan.

Sedangkan jika ditanya 1 yuan berapa rupiah, maka jawabannya akan relatif. Saat artikel ini ditulis di Evaluasi.or.id, 1 yuan China adalah 2,218.71 IDR dan 0,15 USD. Kurs mata uang ini dapat berubah setiap hari baik itu naik atau turun tergantung pada kondisi perekonomian kedua negara sehingga sebaiknya periksa kurs mata uang kembali saat ingin melakukan transaksi.