9 Tips Terbaik dalam Menyunting Video Bagi Para Pemula

Daftar isi [Tampil]

Model kerja seorang editor video dapat membantu Anda mengetahui bagaimana mereka melihat dunia. Rekaman video yang sama dapat diedit dengan berbagai cara. Seorang editor berpengalaman tahu pikiran dan selera penonton. Mereka menggunakan pengetahuan mereka untuk membuat cerita yang menarik. Anda harus memperhatikan bahwa gaya kerja editor video meninggalkan kesan pada jenis proyek yang sedang mereka kerjakan. Ada beberapa pedoman umum yang dapat diikuti untuk membuat cerita yang menarik.

Tips Sunting Video untuk Pemula
Tips Sunting Video untuk Pemula

#1 Butuh Sudut Pandang yang Pas dalam Menyampaikan Cerita

Pilih sudut terbaik untuk menangkap bidikan akhir dalam video Anda. Sudut kamera tergantung pada jenis proyek yang sedang Anda kerjakan. Untuk setiap proyek video, Anda perlu mengetahui aspek mana yang harus Anda fokuskan.


Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan fitur dokumenter atau skrip, Anda perlu menyorot setiap karakter di seluruh video. Saat mengerjakan proyek semacam itu, editor tidak perlu melakukan apa pun dalam video. Videonya sendiri sudah cukup.


Sebaliknya, ketika Anda perlu mengedit adegan wawancara, tujuan utama Anda adalah menyelaraskan pesan yang dimaksudkan pembicara dengan keinginan audiens. Oleh karena itu, saat memilih adegan yang diperlukan dari rekaman mentah, Anda perlu menentukan apa yang Anda ingin audiens Anda lihat. Trik ini diterapkan untuk memilih sudut kamera.

#2 Potong Bagian yang Tidak Perlu

Membuat potongan yang ketat berarti membuang bagian yang tidak perlu dari rekaman mentah. Ini membantu membuat transisi klip video menjadi mulus dan mulus. Hal ini juga membantu untuk mengurangi kesenjangan antara dua dialog. Sebagian besar proyek memiliki waktu berjalan yang telah ditentukan, yang perlu Anda ingat saat mengedit. Jika Anda pandai melakukan pemotongan yang efisien, maka Anda tidak perlu memulai dari awal lagi. Setelah melakukan pemotongan yang diperlukan, periksa apakah panjang video sudah tepat atau tidak.

#3 Pilih alat yang Paling Tepat

Langkah paling penting yang terlibat dalam proses pengeditan video adalah memilih alat yang tepat untuk pekerjaan Anda. Biasanya, sebagian besar alat video memiliki semua fitur yang diperlukan untuk melakukan pengeditan video dasar. Anda harus memilih untuk bekerja dengan alat itu dengan desain UX sederhana, antarmuka digital yang halus, dan opsi pengeditan yang mudah. Tidak semua alat bekerja untuk Anda dan pola pengeditan Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih editor video paling canggih untuk pengeditan Anda.

#4 Perbaiki Kesalahan Kecil

Editor video mengelola aspek teknis dan kesalahan pengucapan video. Melakukan ini secara efisien dapat membantu Anda menjadi editor video yang berharga dan terkenal di dunia pascaproduksi. Cut-on-action adalah metode pengeditan video yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan. Dalam teknik editing video ini, satu shot video dipotong dan digabung menjadi shot lainnya. Selain itu, mengambil bidikan pada sudut yang berbeda dan pengambilan beberapa kali menyembunyikan kesalahan. Memotong tindakan membantu memastikan aliran yang berkelanjutan dalam video dan membuat video menarik bagi penonton.

#5 Gunakan Bidikan Close Up dengan Bijak

Di awal video, editor perlu menunjukkan sudut pandang yang berbeda dari kamera sehingga orang dapat memiliki asumsi cerita. Saat video berlangsung dan dialog dimulai, pemotretan medium dan close-up sangat penting untuk membuat sisa video. Bidikan close-up diambil untuk menonjolkan ekspresi wajah pembicara dan fokus pada cara mereka berbicara. Mengambil bidikan close-up membuat video Anda lebih menawan, dan inilah alasan utama mengapa bidikan close-up menjadi yang paling penting.

#6 Berikan Titik Fokus pada Gestur Karakter

Seorang aktor dapat menyampaikan banyak hal melalui gerak tubuh mereka. Selain itu, setiap aktor memiliki kualitas nada dan ritme masing-masing. Anda dapat mengekstrak petunjuk halus dari cara seorang aktor berbicara dan fokus pada bahasa tubuh mereka. Menggabungkan dua elemen ini dapat menawarkan tempo alami dalam video Anda.


Walter Murch, seorang editor film terkenal, menyunting sebuah film berjudul The Conversation. Saat mengedit video, dia mengamati bahwa orang itu akan berkedip setiap kali dia memilih untuk memotong. Ini terutama benar ketika karakter harus bermain dengan emosi dan pikiran baru.

#7 Fokus pada Musik Terbaik

Anda tidak hanya harus memperhatikan visual, tetapi Anda juga harus fokus pada musik yang menarik. Setiap genre video membutuhkan jenis musik tertentu. Misalnya, dalam membuat adegan dramatis, Anda perlu memilih musik dan instrumental yang sesuai dengan sentimen adegan. Di sisi lain, adegan komedi membutuhkan set musik dan instrumental yang berbeda. Pilih musik dengan hati-hati, atau video akan berakhir dengan cara yang memalukan. Anda juga dapat menunjuk seorang komposer musik jika Anda tidak memiliki pengetahuan musik yang benar.

#8 Kecepatan yang Tepat Sangat Penting

Saat mengerjakan cerita apa pun, editor video bertujuan untuk menciptakan alur dalam cerita, terutama pada waktu pemotongannya. Pada saat yang sama, ketika sebuah lagu secara bertahap dimulai dari awal dan tidak berakhir dengan tiba-tiba, itu memberikan ritme yang menyenangkan.

Sebelum Anda berencana untuk memasukkan musik apa pun, perhatikan bahwa cara terbaik adalah memanfaatkan musik dari penyedia musik terkenal. Anda dapat dengan mudah menemukan musik gratis di internet, tetapi ingatlah bahwa musik terbaik dapat melakukannya tidak datang dengan gratis. Jika Anda melakukan proyek profesional, tidak diragukan lagi biaya pembuatan musik akan dimasukkan dalam anggaran produksi.

#9 Selalu Bekerja di Komputer Spesifikasi Tinggi

Terlepas dari mereknya, pilih komputer yang dilengkapi dengan penyimpanan luar biasa dan setidaknya memori 8 GB untuk membantu Anda mengedit video lebih cepat.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa tips pengeditan video yang dapat Anda praktikkan untuk membuat konten yang menarik untuk produk atau layanan Anda. Semua tips ini patut dicoba dan akan memberikan hasil yang menjanjikan. Sebelum membagikan video, Anda harus meminta teman Anda untuk memberikan ulasan tentang pekerjaan yang telah Anda lakukan.