3 Text to Speech Bahasa Indonesia Terlengkap

Daftar isi [Tampil]

Text to speech bukan sesuatu hal yang asing bukan? Karena teknologi ini sudah aja sejak tahun 1952. Teknologi yang juga kerap dikenal dengan nama lain voice recognition. Pernyataan itu hanya berlaku di daerah luar negeri, jika berbicara tentang text of speech di Indonesia mungkin terdengar kurang familiar.

text to speech indonesia
text to speech indonesia

Karena teknologi ini baru tren atau booming di masa belakangan ini yang bisa membantu Anda menyelesaikan aktivitas. Teks of speech teknologi dengan teks berbicara tengah ramai diperbincangkan di Indonesia.

Secara sederhananya teks to speech merupakan kecanggihan teknologi yang berfungsi untuk mengubah teks menjadi sebuah suara secara otomatis. Untuk beberapa negara teknologi teks of speech ini dapat digunakan dalam aktivitas sehari - hari hingga urusan bisnis.

Awal mulanya tren ini ada pada teknologi buat suara Google Translate. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih ada beberapa situs ataupun aplikasi yang mempunyai fitur serupa.

Jadi, kesimpulannya teks of speech yaitu teknologi berbasis sistem artificial intelligence yang berfungsi mengubah atau mengkonversi teks digital menjadi sebuah suara atau audio.

Manfaat Text of Speech untuk Buat Suara Google

Sebelum beranjak terlalu jauh, Anda harus mengetahui atau paham terlebih dahulu akan manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan teknologi text of speech tersebut. Anda dapat memanfaatkan software text to speech ini nantinya dengan gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu, inilah beberapa manfaat dari teknologi text of speech untuk membantu kehidupan sehari-hari.

  1. Membuat video bahan ajar dengan adanya tambahan audio narasi.
  2. Membuat audio narasi dari teks untuk sebuah video berita.
  3. Utamanya membantu merubah materi bacaan menjadi bentuk audio atau suara.
  4. Dapat juga digunakan untuk membuat audio suara narasi dari teks digital untuk video tutorial.

3 Text to Speech Bahasa Indonesia

Berbicara mengenai teks of speech tentunya ada banyak situs ataupun aplikasi yang menawarkan fitur teknologi tersebut. Maka dari itu, berikut rangkuman mengenai 3 layanan text to speech dalam bahasa Indonesia terlengkap yang bisa Anda gunakan untuk membantu memenuhi aktivitas Anda.

1. Voiceoftext.com

Sudah berkenalan dengan layanan ini? Voiceoft ext.com merupakan sebuah layanan bebas biaya alias dapat dikatakan gratis. Voiceoftext.com memungkinkan Anda sebagai penguna untuk mengunduh suara dari Google Translate dalam  bentuk format mp3.

Sebuah situs yang dikembangkan oleh web developer asal Indonesia ini tentunya menyediakan banyak pilihan bahasa yang bisa Anda pilih dan unduh, termasuk bahasa Indonesia terlengkap dengan adanya bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Buat Anda yang penasaran bagaimana cara menggunakan teknologi text to speech dari Voiceoftext.com ini sebagai berikut.

text to speech indonesia di voiceoftext
text to speech indonesia di voiceoftext

  1. Langkah pertama tentu awali dengan membuka situsnya di voiceoftext.com.
  2. Jika sudah berhasil masuk, Anda bisa memilih pilihan bahasa yang Anda kehendaki pada menu Voice.
  3. Setelah berhasil memilih bahasa, selanjutnya ketikan sebuah teks yang sesuai dengan bahasa yang dipilih ke dalam kolom yang tersedia.
  4. Selanjutnya lanjutkan dengan menekan atau klik tombol Convert to Voice yang berguna untuk mengubah teks ketikan tersebut menjadi suara Google.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses berhasil, dan Anda bisa mendownload atau unduh dengan menekan atau mengklik icon download.

2. Voice Maker

Selanjutnya yang tidak kalah hebat dalam teknologi text of speech bahasa Indonesia terlengkap yaitu Voice Maker. Aplikasi yang bisa mengubah teks menjadi suara ini dikembangkan oleh tim dari kebangsaan India, dan dapat dikatakan layanan text of speech yang paling premium.

Ada banyak pilihan efek yang bisa Anda gunakan dan pilih, populernya dengan efek pilihan emosi seperti sedih, marah, takut yang bisa di atur dalam bahasa tertentu.

Sudah semakin penasaran bagaimana cara menggunakan situs ini? Jangan lagi penasaran, khawatir di bawah ini ada akan langkah - langkah yang bisa Anda ikuti untuk menunjang terjadinya keinginan Anda.

  1. Langkah pertama tentunya diawali dengan membuka aplikasi atau situs voicemaker.in.
  2. Setelah itu Anda bisa langsung memasukkan atau mengetikkan sebuah teks ke dalam kolom yang sudah disediakan dengan ketentuan pengguna yang tidak mempunyai akun login hanya mampu mengonversi maksimal 250 karakter agar dapat diubah dalam bentuk audio atau suara.
  3. Anda bisa memilih Al engine untuk menunjang mode standar text of speech dengan jenis suara yang paling mirip dengan manusia pada umumnya.
  4. Anda juga bisa memilih bahasa serta jenis suara mulai dari pengaturan advanced ataupun genre, pengaturan advanced seperti pitch, format file audio hingga efek suara lainnya yang bisa Anda coba sendiri saat menggunakan layanannya.
  5. Kemudian tekan atau klik tombol Convert to Speech guna mengubah teks menjadi suara atau audio.
  6. Selesai, jika ingin mengunduh bisa tekan icon download di halaman yang tersedia.

3. Botika Online

Tidak ketinggalan ada yang keren lagi yaitu Botika Online. Botika Online ini merupakan sebuah situs text to speech yang berasal dari Indonesia. Tidak seperti pada kedua text or speech diatas, karena Botika Online hanya menyediakan suara dengan pilihan berbahasa Indonesia saja.

Tapi jangan salah bahwa Botika Online mempunyai dua pilihan suara yang bisa digunakan yaitu suatu wanita muda yang terdengar lebih cepat dalam pengucapannya, dan suara wanita dewasa yang terdengar profesional.

Seperti pada layanan text of speech pada umumnya, jika Botika Online tidak dipungut biaya dan penggunaannya hanya dibatasi oleh karakter teks. Dan jika ingin menambah karakter teksnya tentu diperuntukan untuk membayar.

Penasaran cara menggunakannya? Jangan lagi karena di bawah ini ada caranya.

  1. Pertama tentu seperti yang lainnya buka situs botika.online.
  2. Jika sudah seperti ini lanjutkan untuk mengetik teks ke dalam kolom yang sudah tersedia.
  3. Jika sudah Anda bisa melanjutkan dengan memilih jenis suaranya.
  4. Setelah itu tekan klik play untuk memainkannya agar tahu terlebih dahulu hasilnya, dan tekan converter untuk mengubah teks ke dalam suara.
  5. Selesai, tinggal tunggu prosesnya dan Anda bisa mendownload hasilnya.

Demikian informasi mengenai 3 text to speech bahasa Indonesia terlengkap dari tim Evaluasi.or.id yang bisa Anda gunakan untuk membantu setiap aktivitas atau kebutuhan hidup. Gunakan dengan cara yang baik dan bijak agar membuahkan hasil yang bermanfaat.

Sumber referensi: https://whitepaper.co.id/cara-buat-dan-download-suara-google/