Table of Content

Daftar 10 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia (Negeri dan Swasta)

Pendidikan kesehatan dengan jurusan kedokteran selalu menjadi incaran calon mahasiswa baru setiap tahunnya. Jurusan kedokteran di suatu universitas merupakan jurusan yang paling banyak diminati dibandingkan dengan jurusan lainnya. Saking banyaknya peminat pada jurusan kedokteran, beberapa universitas terbaik di Indonesia harus melakukan proses seleksi yang sangat ketat. Ada banyak universitas negeri dan swasta yang memiliki fakultas dengan jurusan kedokteran yang terbaik di Indonesia. 

Daftar 10 Pendidikan Kesehatan Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar 10 pendidikan kesehatan  terbaik di Indonesia untuk jurusan kedokteran

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas pendidikan kesehatan dalam bidang kedokteran terbaik di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia atau yang sering disingkat UI. Universitas Negeri ini berlokasi di Jl.Salemba Raya No.6 Jakarta Pusat.

gedung bersejarah fk ui
gedung bersejarah fk ui

Salah satu yang paling terkenal di universitas ini adalah fakultas kedokteran yang telah berhasil mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, Universitas Indonesia berhasil masuk ke dalam nominasi universitas terbaik di dunia dengan peringkat ke 801 - 1.000 universitas vesi The Times Higher Education.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada atau sering disingkat UGM. Universitas ini terletak di kota Yogyakarta dengan salah satu program studi terbaik yaitu kedokteran.

Jurusan kedokteran di UGM menjadi salah satu jurusan terpopuler dan telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Beberapa mata kuliah kedokteran yang ada di UGM antara lain, Sistem Saluran Kemih, Sistem Pernafasan, Prinsip Biomedik, dan yang lainnya.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Program studi kedokteran yang ada di universitas Airlangga atau yang sering disingkat Unair sangat terkenal dengan kepopulerannya. Jurusan kedokteran Unair telah terakreditasi A oleh  BAN-PT, di tiga jenjang kuliah mulai dari S1, S2 dan S3.

gedung utama fakultas kedokteran unair
gedung utama fakultas kedokteran unair

Beberapa mata kuliah yang ada di fakultas kedokteran Unair diantaranya Otopsi Klinik, Dasar Pertolongan Darurat, Biologi Molekuler, dan yang lain. Selain itu Universitas Airlangga berhasil menempati posisi lebih dari 1.201 sebagai universitas kedokteran terbaik versi The Times Higher Education.

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jawa Tengah dan ingin melanjutkan program studi kedokteran, maka Universitas Diponegoro merupakan pilihan yang tepat. Fakultas kedokteran yang ada di Universitas Diponegoro atau yang kerap disebut Undip merupakan fakultas yang paling populer di Jawa Tengah dan telah mendapatkan akreditasi A BAN-PT sejak 2017 silam.

Tidak hanya berbekal teori saja, mahasiswa kedokteran Undip juga memiliki kesempatan untuk praktik langsung di salah satu rumah sakit berskala nasional milik kampus yaitu Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

5. Universitas Sebelas Maret 

Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu universitas yang sangat terkenal di Kota Solo. Universitas ini memiliki fakultas kedokteran yang telah berhasil melahirkan generasi alumni kedokteran profesional yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika Anda tertarik menjadi seorang dokter profesional yang sukses, maka Universitas Sebelas Maret bisa menjadi salah satu rekomendasi universitas kedokteran terbaik. Namun, Anda juga harus siap bersaing karena proses seleksi untuk masuk ke jurusan kedokteran sangat ketat.

6. Universitas Brawijaya

Universitas yang berlokasi di Kota Batu ini memiliki jurusan atau fakultas kedokteran yang cukup populer. Universitas Brawijaya pernah menduduki peringkat teratas untuk kategori pendaftar terbanyak pada tahun 2019 silam. Salah satu fakultas unggulan di Universitas Brawijaya adalah fakultas kedokteran yang telah terakreditasi A.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas dengan jurusan kedokteran terbaik tidak hanya tersedia di Pulau Jawa saja. Bahka di luar pulau Jawa ada universitas ternama yang sangat populer dengan jurusan kedokteran yaitu Universitas Hasanuddin atau yang sering disingkat Unhas. Universitas ini berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

Salah satu jurusan unggulan di universitas tersebut adalah kedokteran yang telah berhasil menyandang predikat A. Oleh sebab itu, persaingan untuk bisa bergabung dalam fakultas kedokteran di Unhas sangat ketat.

8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Berdiri sejak 1957 Universitas Padjajaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNPAD merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini menyediakan beragam fakultas yang populer, salah satunya fakultas kedokteran.

Persaingan agar bisa diterima di fakultas kedokteran UNPAD memang sangat ketat dan cukup sulit, hal ini dikarenakan jurusan kedokteran di UNPAD sudah dikenal dengan kualitasnya dan telah terakreditasi A. Selain itu, peminat jurusan kedokteran sangat tinggi, sehingga membuat universitas mengadakan seleksi atau tahap penyaringan.

9. Universitas Andalas (Unand)

Kota Padang mempunyai universitas yang menyediakan jurusan kedokteran dan cukup populer yaitu Universitas Andalas atau sering disingkat Unand. Menjadi salah satu jurusan yang paling populer di Unand, tentunya tahap atau proses masuk ke jurusan kedokteran tersebut membutuhkan perjuangan yang maksimal.

Berhasil mendapatkan status akreditasi A, membuat fakultas kedokteran Unand diserbu oleh banyak calon mahasiswa. Namun, melalui tahap seleksi dan penyaringan hanya beberapa mahasiswa dengan kualitas maksimal yang berhasil bergabung dalam universitas tersebut.

10. Universitas Jember (Unej)

Universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang lainnya adalah Universitas Jember. Meski tidak berlokasi di Ibu Kota Jawa Timur, namun kualitas universitas ini tidak perlu diragukan lagi. Universitas yang terletak di Kota Jember ini berhasil menyandang sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, dan memiliki beberapa fakultas terbaik, salah satunya fakultas kedokteran.

Memperoleh akreditasi A, fakultas kedokteran di Universitas Jember terbukti dengan kualitas dan banyaknya peminat dari semua kalangan calon mahasiswa. Tentunya untuk bergabung dan menjadi mahasiswa kedokteran di universitas tersebut tidak mudah. Banyak proses seleksi dan tahap penyaringan yang harus dilakukan.

Sumber: Tim Editorial Depkes.org

Post a Comment