Table of Content

30+ Contoh Soal Essay Informatika Kelas 11 SMA Semester 2 Kurikulum 2013

Soal Informatika positngan ke11 Kurtilas ini, merupakan lanjutan 60 contoh soal informatika kelas 11 bagian ke-10 (latihan soal nomor 11-25) dengan berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang Praktik Lintas Bidang (Bab 3).

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2
60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2

Pada materi sebelumnya, butir soalnya berbentuk pilihan ganda, maka untuk tulisan yang sedang anda baca ini berbentuk essay/uraian, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 26.

26. Tuliskan dua unsur utama dalam budaya kerja!

Jawaban: Budaya kerja dapat di bagi menjadi dua unsur, yaitu sebagai berikut.
a. Sikap terhadap pekerja, yaitu kesukaan akan kerja dibandingkan dengan kegiatan lain. Seperti bersantai, atau semata-mata memperoleh kepuasan dari kesibukan pekerjaan nya sendiri, atau merasa terpaksa melakukan sesuatu hanya untuk kelangsungan hidupnya.
b. Perilaku pada waktu bekerja, seperti rajin, berdedikasi, bertanggung jawab, berhati-hati, teliti, cermat, kemauan yang kuat untuk mempelajari tugas dan kewajibannya, suka membantu sesama pegawai, atau sebaliknya

27. Bagaimanakah cara membuat abstraksi data pada gambar seekor kucing?

Jawaban: Beberapa hal yang perlu dipahami dalam mengabstraksi data gambar kucing adalah sebagai berikut.
a. Mencatat bahwa semua kucing memiliki karakteristik umum, misalnya mata, ekor, bulu, keinginan makan ikan, dan kemampuan untuk membuat suara tertentu.
b. Membuat rincian spesifik, dimana setiap kucing memiliki ciri khas seperti bulu hitam, ekor panjang, mata hijau, cinta salmon, dan nyaring keras.
c. Membuat karakteristik relevan dapat menggambarkan kucing dengan mengetahui bahwa hewan tersebut memiliki, bulu dan mata pada tahap ini tidak perlu tahu bagaimana suara kucing dibuat atau jenis ikan yang disukai kucing, sehingga karakteristik jenis ini tidak relevan dan bisa disaring
d. Spesifik yang bisa disaring dengan mengetahui bahwa kucing memiliki ekor bulu dan mata, tetapi tidak perlu mengetahui ukuran dan warnanya. Berdasarkan karakteristik umumnya di atas, maka ide dasar menggambarkan seekor kucing telah terkumpul. Penggambaran tersebut, jika seseorang berada dalam posisi non/abstrak pasti akan berpikir bahwa semua kucing memiliki ekor panjang dan bulu pendek. Setelah disaringkan, dapat diketahui meskipun kucing memiliki ekor dan bulu, tidak semua kucing memiliki ekor dan tidak semua bulu pendek. Dalam kasus ini, metode abstraksi telah membantu dalam membentuk pemodelan seekor kucing yang leih jelas.

28. Uraikan tentang bentuk awal dari teknologi informasi dan komunikasi!

Jawaban: Teknologi informasi dan komunikasi pada awalnya dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Untuk berkomunikasi dan bertukar informasi pada awalnya orang menggunakan surat, telegram, dan lain-lain menggunakan tulisan tangan dan mesin ketik untuk menuliskannya. Istilah teknologi informasi (information Technology) maulai populer diakhir decade 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi  informasi dikenal dengan pengolahan data elektronik atau EDP (Elektronic Data Processing)

29. Budaya kerja berpijak dari nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi….

Jawaban: Nilai-nilai baru yang akan menjadi sikap dan prilaku yang diharapkan dapat menghadapi tantangan baru

30. Nama logo di bawah ini, digunakan pada aplikasi….
DropBox

Jawaban: DropBox

31. Masyarakat modern dapat menghargai hasil karya orang lain dengan cara….

Jawaban: Tidak menggandakan (copy), membajak, atau memperjualbelikan karya tersebut secara illegal.

32. Jika belum mampu membeli yang berbayar, pemerintah memberikan sumbangsih kepada masyarakat dengan menggalakkan penggunaan produk alternatif adalah….

Jawaban: Produk open source

33. Jika ada yang melanggar Undang-Undang Hak Cipta, dampaknya adalah….

Jawaban: Sanksi akan menjerat pelaku berupa denda beserta hukum pidana akan menjeratnya sehingga efek jera.

34. Jelaskan yang Anda ketahui tentang Sky Drive!

Jawaban: Sama seperti Google Drive atau siapa saja yang mendaftar google mail, mereka mendapatkan akun Google Drive free 5GB. Di Skydrive juga sama, siapa saya mendaftar Hotmail mereka mendapat free cloud storage. Hanya saja untuk SkyDrive besar ruang yang diberikan lebih besar, yaitu sekitar 7 GB. Selain fitur yang sama dengan Google Drive, SkyDrive juga memiliki fitur atau upload photo untuk Windows phone. Setiap kita mengambil gambar, maka secara otomatis diunggah ke SkyDrive.

35. Uraikan tentang nilai sebagai indicator-indikator budaya kerja!

Jawaban: Nilai mereka penghayatan seseorang ymengenai apa yang lebih penting atau kurang penting, apa yang lebih baik atau kurang baik, dan apa yang lebih benar atau kurang benar. Supaya dapat berperan nilai harus menampakan diri melalui media atau encoder tertentu. Nilai bersifat abstrak, hanya dapat di amati atau dirasakan jika terekam atau termuat pada suatu wahan atau budaya kerja. Jadi, nilai dan budaya kerja tidak dapat dipisahkan dari keduanya harus ada keselarasan dengan budaya kerja searah, keserasian, dan keseimbangan maka penilaian dirasakan sangat penting untuk memberikan efaluasi terhadap kinerja pegawai agar dapat memberikan nilai baik secara kualitas maupun kuantitas.

36. Jabarkan tentang tujuan fundamental budaya kerja!

Jawaban: Tujuan fundamental budaya kerja adalah untuk membangun seumber daya manusia seutuhnya agar setiap orang sadar bahwa mereka berada dalam suatu hubungan sifat peran pelanggan, pemasok dalam komunikasi dengan orang lain secara efektif dan efisien serta mengembirakan. Budaya kerja berupa mengubah komunikasi trasional menjadi perilaku manajemen modern, sehingga tertanan kepercayaan dan semangat kerja sama yang tinggi dan displin.

37. Sebutkan unsur-unsur budaya organisasi!

Jawaban: Unsur-unsur dalam budaya organisasi antara lain seperti berikut.
a. Falsafah, yaitu berupa nilai Pancasila UUD 1945, Agama tradisi, dan teknologi
b. Kualitas, yaitu dimensi yang meliputi performance, features, conformance, durability, serviceability, ae sthetics, perceived quality, value, responveness, humanity, security, dan competency.
c. Nilai-nilai instrument, yaitu standar mutu, hubungan pemasok-pelanggan, orientasi pencagahan, mutu dan setiap sumber, dan penyempurnaan terus menerus.

38. Terangkan yang Anda ketahui tentang I DriveSync!

Jawaban: Fitur free accound iDrive Sync memberikan free storage sebesar 10GB. Fitur yang ada di DropBox sama dengan yang ada di iDriveSync dan tidak ada batasan besar uploud file fitur out of box di gunakan untuk meng-cloud kan folder mana saja di PC/laptop kita. Fitur ini jelas menjadi nilai plus dibanding aplikasi cloud sejenis yang hanya bisa meng-cloud kan satu folder saja.

39. Nilai-nilai yang telah menjadi kebiasaan pada masyarakat digital yang dikaitkan dengan mutu atau kualitas kerja di mana suatu keberhasilan kerja akan berakar pada nilai dan prilaku yang berpola menjadi sebuah kebiasaan bisa dikategorikan sebagai….

Jawaban: Budaya kerja

40. Perilaku yang senantiasa berpijak pada peraturan dan norma yang berlaku di dalam maupun diluar perusahaan disebut….

Jawaban: Disiplin

41. Kesuksesan organisasi bermula dari….

Jawaban: Disiplin dalam menerapkan nilai-nilai inti yang sudah ditetapkan

42. Jabarkan pengertian teknologi menurut kamus Oxford (1995)!

Jawaban: Menurut kamus Oxford (1995) teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronik, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar

43. Bagaimana perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masa sekarang?

Jawaban: Perkembangan di bidang teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat pesat dan berpengaruh sangat signifikan terhadap pribadi maupun komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir Oleh karena itu, pemanfaatan TIK harus diperkenalkan kepada sejak dini agar memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai aspek kehidupan sehari-hari, bahkan bisa juga dikembangkan menjadi kegiatan wirausaha.

44. Tombol kombinasi yang bisa digunakan untuk menggantikan perintah File > New > Source File adalah….

Jawaban: CTRL + N

45. Perintah yang digunakan untuk meminta pengguna memasukan nilai x pada C++ adalah….

Jawaban: P r I n t f)”\n memasukan nilai x : “); scanf(“%”,&x);

46. Jelaskan yang anda ketahui tentang Ubuntu One!

Jawaban: Ubuntu One adalah aplikasi cloud yang termasuk ke dalam cross platform/lintas platform yang didirikan pada tahun 2009 dengan Canonical Ltd. Sebagai developernya. Ubuntu One memberikan space sekitar 5 GB untuk akun gratis/free account.

47. Uraikan penggunaan DropBox pada sistem operasi Android!

Jawaban: Khusus pada perangkat mobile dengan sistem oprasi android bisa menginstalnya dengan membuka Google Playstore, selanjutnya mencari aplikasi DropBox dan melakukan instalasi ke perangkat mobile. Dalam hal ini, penggunaan DropBox diperangkat mobile hampir mirip dengan yang di jalankan di komputer. Di awali dengan melakukan login ke akun DropBox melalui perangkat mobile. DropBox pada perangkat mobile dapat digunakan untuk membuatkan foto yang di ambil melalui kamera perangkat mobile, dan operasi file lainnya sama halnya seperti DropBox yang dijalankan komputer

48. Sebutkan elemen-elemen budaya kerja!

Jawaban: Budaya kerja tersusun dari beberapa elemen sebagai berikut
a. Saling menghargai
Perilaku yang menunjukkan penghargaan terhadap individu, tugas dan tanggung jawab orang lain sesama mitra kerja
b. Keterbukaan
Kesiapan untuk memberi dan menerima informasi yang benar dari dan kepada sesama mitra kerja untuk kepentingan perusahaan
c.  Kerja sama
Kesediaan untuk memberi dan menerima kontribusi dari dana tau kepada mitra kerja dalam mencapai sasaran dan target perusahaan
d. Disiplin
Perilaku yang senantiasa berpijak pada peraturan dan norma yang berlaku di dalam maupun di luar perusahaan. Disiplin meliputi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, prosedur, berlalu lintas, waktu kerja, berinterkasi dengan mitra, dan lain sebagainya

49. Sebutkan karakteristik dari metode abstraksi!

Jawaban: Karakteristik dari metode abstraksi antara lain adanya proses untuk memperoleh intisari dari sebuah objek, menghilangkan kebergantungannya pada objek-objek dunia nyata yang pada mulanya mungkin saling terkait, dan memiliki terapan-terapan yang lebih luas atau bersesuaian dengan penjelasan abstraksi lain untuk gejala yang setara.

50. Tuliskan yang Anda ketahui tentang kelebihan DropBox!

Jawaban: Kelebihan DropBox adalah dapat terkoneksimenggunakan perangkat jenis apa pun, seperti komputer PC, laoptop, maupun perangkat mobile (HP Smartphone, tablet dan lain-lain), sehingga sanggup berhubungan terus menggunakan file DropBox untuk mengunggah arsip, mengambil atau melihat file serta lain sebagainya. DropBox tersedia pada perangkat mobile dengan Apple OS, Android OS, dan Microsoft mobile.

51. Jabarkan yang Anda ketahui tentang budaya kerja dalam masyarakat digital!

Jawaban: Budaya kerja bisa dikategorikan sebagai nilai-nilai yang telah menjadi kebiasaan pada masyarakat digital yang dikaitkan dengan mutu atau kualitas kerja dimana suatu keberhasilan kerja akan berakar pada nilai dan prilaku yang berpola menjadi adat kebiasaan, agama, norma dan kaida sehingga menjadi keyakinan dan kebiasaan dalam prilaku kerja masyarakat digital dalam hal ini, membina budaya kerja sebagai sekumpulan pola prilaku yang melekat secara keseluruhan pada diri setiap individu dalam sebuah organisasi dengan tujuan meningkatkan dan mempertahankan sisi-sisi positif, serta berupaya membiasakan (habituating process) pola prilaku tertentu agar tercipta suatu bentuk baru secara individu maupun dalam sebuah tim yang solid.

52. Bagaimanakah penggunaan komputer untuk meyelesaikan masalah di masa sekarang?

Jawaban: Saat ini penggunaan komputer untuk mnyelesaikan masalah sudah merambah kesegala sisi yang ada. Penyebabnya adalah komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Seiring dengan hal tersebut, makin dituntu proses komputasi yang makin cepat. Guna meningkatkan kecepatan proses komputasi, dapat ditempuh dengan peningkatan kecepatan perangkat keras dan peningkatan kecepatan perangkat lunak.

53. Jabarkan yang Anda ketahui tentang prosedur membangun budaya masyarakat dalam mengharagai hasil karya orang lain!

Jawaban: Hal yang paling sederhana untuk mengatsi pelanggaran hak cipta adalah membangun budaya masyarakat untuk menghargai hasil karya orang lain. Dengan adanya sikap menghargai dari masyarakat terhadap hasil karya seseorang. Masyarakat modern tidak akan melanggar hak cipta jika memiliki kesadaran untuk menghargai hasil karya orang lain dengan cara tidak menggandakan (copy), membajak, atau memperjual belikan karya tersebut secara illegal. Ketika masyarakat sebagai pengguna terbesar sebuah hasil karya memiliki kesadaran terhadap sikapnya, maka pelanggran hak cipta bisa di atasi.

54. Jelaskan yang anda ketahui tentang Google Drive!

Jawaban: Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (cloud) milik Google yang telah diluncurkan sejak April 2012 yang lalu. Google Drive memudahkan pengguna untuk menyimpan file melalui internet, sehingga dokumen Anda tidak akan hilang selama Anda mengetahui email dan password Anda.

Google drive memberikan penawaran siapa saja yang mendaftar gmail, secara otomatis mendapatkan akun Google Drive free 5 GB. Meskipun 5 GB untuk free storage, tetapi bisa menggunakan aplikasi google seperti docs dan lain-lain. Masing-masing file documents, spreadsheets, and presentasions yang kita buat memakai aplikasi google memiliki batas file.
a. Documents dengan maksimal 1.024.000 karakter sehingga file dokumen yang dikonversi ke format google maksmimal unggahan tidak bisa lebih dari 2 MB.
b. Presentations yang dibuat melalui Google slide bisa sampai 50 MB, yang artinya bisa sampai 200 slide.
c. Selin file dokumen, menggugah/upload ke google drive bisa sampai 10 GB,  tidak peduli itu free account atau bukan free account.

55. Berikan contoh penggunaan perangkat lunak open source yang mampu meraih keuntungan maksimal!

Jawaban: Menggunakan perangkat lunak open source adalah salah satu cara bagi banyak perusahaan untuk meraih keuntungan maksimal. Bursa Efek Indonesai (BEI) sebagi contoh menarik perusahaan yang memerlukan sistem TI yang canggih dengan TCO dengan biaya total kepemilikan yang rendah. BEI adalah bursa kelas dunia dengan 440 perusahaan terdaftar dan kapitalisasi pasar sejumlah Rp. 3,537 milyar perbulan desember 2011. BEI dijalankan dengan sistem Red Hat Enterprise Linux, sebuah platform open source dari Red Hard, provider solusi open source terkemuka. Ada dua faktor utama yang menjadi pertimbangan BEI untuk pindah ke platform Linux, yaitu niali dan fungsi.

56. Uraikan yang Anda ketahui tentang usaha pemerintah memerangi pembajakan terhadap karya-karya intelektual!

Jawaban: Pemerintah baik instansi-instansi terkait jajaran penegak hukum maupun segenap lapisan masyarakat hendaknya sepakat untuk secara bersama sama memerangi pembajakan terhadap karya-karya intelektual pemerintah merupakan organisasi tertinggi yang memiliki kewenangan untuk mengatur masyarakat dari level bawah ke level atas masyarakat. Pemerintah juga dapat menjadi contoh terhadap prilaku baik untuk secara bersama-sama memeragi pembajakan, dengan tidak memberikan mudahnya ijin memperbanyak hasil karya orang lain dengan tidak mencantumkan nama pihak yang menghasilkan karya tersebut. 

Pemerintah mampu mmberikan contoh kepada masyarakat dengan menggalakan produk open source jika belum mampu membeli yang berlisensi berbayar. Apabila dari tingkatan organisasi tertinggi (pemerintah, institute-institut, serta jajaran penegak hukum) memiliki kesadaran tidak membajak hasil karya orang lain, maka dapat menjadi contoh kepada masyarakat untuk tidak membajak karya orang lain yang berakibat mampu meminimalisir pelanggaran hak cipta di bidang IT.

57. Tuliskan hubungan antara sanksi pidana dengan mencegah adanya pelanggaran hak cipta!

Jawaban: Sanksi pidana yang memberatkan pelaku pelanggaran. Saksi yang berat yang terdiri dari hukuman pidananya yang sangat lama dan denda yang sangat besar. Dengan adanya hukuman pidana yang sangat berat kepada pelaku pelanggaran maka diharapkan akan mencegah adanya pelanggaran Hak Cipta.

58. Jelaskan yang anda ketahui tentang box.net!

Jawaban: Box adalah perusahaan penyedia layanan berbagi berkas dan manajemen konten daring yang berpusat di Redwood City, California yang didirikan oleh Aaron Levie, Dylan Smith, Sam Ghods, Jeff Queisser pada tahun 2005.

Kelebihan utama dari box.net adalah kapasitasnya. Jika mendaftar box.net lewat perangkat Apple bisa mendapat 25 GB secara gratis. Selain itu, maksimal unggah untuk box.net sedikit lebih besar dibanding DropBox, yaitu sekitar 250 MB (DropBox 200 MB). Di samping itu, box.net juga tersedia dengan paket Business dan Enterprise.

59. Terangkan tantang tugas Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran HKI!

Jawaban: Dibentuknya Tim Nasional Penangulangan Pelanggara HKI oleh pemerintah yang bertugas merumuskan kebijakan nasional penanggulangan pelanggaran HKI, menetapkan langkah-langkah nasional dalam menangulangi pelanggaran HKI, serta melakukan koordinasi sosialisasi dan pendidikan di bidang HKI guan penanggulangan pelanggaran HKI. 

Dengan adanya Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran HKI yang dibentuk oleh pemerintah di harapkan mampu membantu kinerja pemerintah untuk melindungi hasil karya dari warga negaranya. Meminimalisir pelanggaran hak cipta berupa pembajakan karya, mengklaim karya orang lain, dll. Melalui tim ini, pemerintah juga mudah mengawasi warga negaranya untuk hasil karya yang ada.

60. Tuliskan bunyi Pasal 72 Undang-Undang tentang Hukum Pelanggaran Hak Cipta!

Jawaban: Pelanggaran hak cipta dapat dikenakan hukuman sesuai dengan pasal 72 ayat (1) undang-undang berikut:
1) Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud pada pasal 2 ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) di pidanakan dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dana /atau denda paling sedikit Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan / atau denda paling banyak 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)

Post a Comment