Table of Content

Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar Kemdikbud

Proses mengisi survei lingkungan belajar Kemdikbud sangat penting untuk dilakukan. Survei ini perlu di isi oleh semua satuan pendidikan dan para guru di seluruh wilayah Indonesia. 

Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar KEMDIKBUD
Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar KEMDIKBUD

Proses pengisian perlu dilakukan secara online melalui situs resmi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Proses pengisian ini perlu dilakukan pada 7-18 Februari 2022. 

Lalu bagaimana cara mengisi kolom survei lingkungan belajar ini? Yuk simak ulasan berikut. 

Apa itu Survei Lingkungan Belajar?

Survei lingkungan belajar adalah sebuah alat ukur yang dilakukan untuk mengevaluasi dalam proses pendidikan. Proses ini perlu dilakukan untuk pemetaan kualitas pembelajaran di lingkungan masing-masing satuan pendidikan. 

Proses pengisian survei tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi juga kepala sekolah dan operator terkait. Semua elemen tersebut proses pengisiannya dilakukan di situs yang langsung dari Kementrian Pendidikan. 

Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar 

Bagi kamu para guru, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Cara Login Survey Lingaungan Belajar Kemdikbud Dengan Token
Cara Login Survey Lingaungan Belajar Kemdikbud Dengan Token
  • Langkah 1: Koneksikan terlebih dahulu smartphone dengan internet. 
  • Langkah 2: Buka browser Google lalu ketikkan situs berikut https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login 
  • Langkah 3: isilah berbagai data yang ada di sebelah kiri layar smartphone kamu seperti NPSN, token, NIK dan tanggal lahir
  • Langkah 4: Kamu bisa membaca prosedur pengisian survei lingkungan belajar terlebih dahulu. 
  • Langkah 5: Setelah semua proses dilakukan selesai, kamu bisa klik login. 

Proses pengisian survei ini dilakukan secara berbeda dan ada jadwal untuk setiap jenjang pendidikan. Hal seperti ini perlu kamu cari tahu informasinya agar pengisian survei bisa dilakukan dengan benar. 

Jika gagal saat login pasti ada beberapa kesalahan pengetikan di setiap bagiannya. Sehingga sebelum menekan tombol login, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu dan mencocokkan dengan data yang ada. 

Istilah-Istilah dalam Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Dari proses pengisian di atas, ada beberapa istilah yang mungkin kurang dipahami dan berikut penjelasannya. 

NPSN

NPSN singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional yang telah didaftarkan di Kemendikbud. Sehingga untuk mengisi nomor tersebut, kamu bisa bertanya ke pihak sekolah saat akan mengisi survei. 

Selain meminta pihak sekolah kamu juga bisa melihatnya secara online di situs Datapendidikan.com. Namun untuk memudahkan kamu bisa menghubungi pihak sekolah agar proses pengisian lebih cepat. 

Cara Mencari Data Npsn Berdasarkan Alamat Sekolah
Cara Mencari Data Npsn Berdasarkan Alamat Sekolah

Token

Untuk bagian token kamu bisa meminta informasi ke pihak operator Dapodik sekolah. Jika masih kesulitan maka kamu bisa meminta token tersebut ke kepala sekolah atau guru yang bertugas di bagian IT. 

NIK

NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang bisa kamu dapatkan di Dukcapil di daerah masing-masing. Pada bagian ini harus di isi dengan benar agar kamu bisa login ke situs yang ada. 

Tanggal Lahir

Untuk data tanggal lahir pada pengisian survei, diharapkan untuk mengetiknya secara benar. Kesalahan dalam pengetikan ini bisa membuat kamu tidak bisa login ke situs tersebut. 

Semua istilah di atas penting diketahui karena beberapa orang terkadang kesulitan saat login di situs resmi Kemendikbud. Jika ada kesulitan kamu bisa bertanya ke pihak terkait yang ada di sekolah. 

Cara mengisi survei lingkungan belajar Kemdikbud yang sesuai panduan Tim Evaluasi.or.id ini diharapkan dilakukan oleh semua guru, kepala sekolah dan tenaga terkait. Saat mengisi survei, pastikan kamu berada di tempat yang memiliki koneksi internet stabil. Jika tidak maka kamu perlu mengulang survei lingkungan belajar tersebut. 

Post a Comment