Table of Content

Contoh RPP K13 SMA Kelas 10-12 Semua Mapel (B. Indonesia, B.Inggris, Fisika, Biologi)

RPP Kurikulum 2013 merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus dipelajari dan dikuasai oleh guru. Baik itu guru untuk jenjang pendidikan SD, SMP, maupun SMA.

Kurikulum 2013 memiliki tujuan pembelajaran yaitu membentuk peserta didik menjadi pribadi yang berwawasan luas, berakhlak mulia, serta memiliki jiwa nasionalisme. Dalam kurikulum 2013 lebih ditekankan kegiatan belajar mengajar yang interaktif sehingga dapat tercipta pembelajaran yang efektif.

Pada jenjang pendidikan SMA, kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan kegiatan yang beragam yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis. Guru dituntut kreatif dalam membuat RPP Kurikulum 2013 dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang contoh RPP Kurikulum 2013 untuk SMA.

#1 Pengertian RPP

Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA semua Mata Pelajaran
Download Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA semua Mata Pelajaran

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh RPP kurikulum 2013 tingkat SMA, maka perlu diketahui terlebih dahulu tentang pengertian RPP. RPP adalah sebuah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

RPP dapat diartikan sebagai sebuah komponen pembelajaran yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran. Agar dapat tercapai satu atau lebih kompetensi yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

RPP bertujuan untuk membuat guru agar lebih siap dan percaya diri dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar bisa menjadi lebih terarah.

Umumnya, RPP dibuat di awal semester. Tujuannya agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif sesuai yang direncanakan di RPP.

#2 Bagian-bagian RPP

Format penulisan dan struktur RPP mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dari awal mulanya RPP memiliki format yang lengkap dan terdiri dari beberapa halaman kemudian disederhanakan menjadi 2 lembar.

Penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar ini berdasarkan keputusan menteri pendidikan, Nadiem Makarim yang tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019. Penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar ini diharapkan akan menjadi lebih efektif.

Mulanya RPP terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Jika dijabarkan, RPP tersebut akan menjadi beberapa halaman panjang.

Hal ini dinilai kurang efektif karena akan menyita waktu guru untuk mempersiapkan RPP tersebut. Oleh karena itu, kemudian dikeluarkan keputusan tentang penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar.

Kini, RPP hanya memiliki tiga bagian utama yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, hingga penilaian pembelajaran. Meskipun lebih sederhana, namun kegiatan pembelajaran tetap diimplementasikan sesuai dengan RPP agar proses pembelajaran berjalan secara efektif.

#3 Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA

Dalam proses penyusunan RPP, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh guru. Diantaranya yaitu memilih kompetensi dasar (KD) dan mengkaji silabus, kemudian menjabarkan KD tersebut ke dalam tujuan indikator pembelajaran, serta mengidentifikasi materi pembelajaran.

contoh rpp k13 bahasa Indonesia tingkat SMA-MA terbaru
contoh rpp k13 bahasa Indonesia tingkat SMA-MA terbaru

Selain itu, guru juga perlu memilih metode atau media pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan jenis penilaian yang akan digunakan. Semua komponen tersebut harus tercantum dalam satu RPP.

Jika Anda mencari contoh RPP Kurikulum 2013, berikut ini contohnya yang bisa Anda download.

  • RPP BHS INDONESIA  SMA/SMK Kelas 10  Semester 1 [Unduh]
  • RPP FISIKA  SMA/SMK Kelas 10  Semester 1 [Unduh]
  • RPP GEOGRAFI  SMA/SMK Kelas 10  Semester 1 [Unduh]
  • RPP BAHASA INDONESIA SMA/SMK Kelas 11  Semester 1 [Unduh]
  • RPP BIOLOGI SMA/SMK Kelas 11  Semester 1 [Unduh]
  • RPP Sosiologi SMA/MA Kelas 11 Semester 1 [Unduh]
  • RPP B.INGGRIS SMA/SMK Kelas 12  Semester 1 [Unduh]
  • RPP FISIKA  SMA/SMK Kelas 12  Semester 1 [Unduh]
  • RPP EKONOMI SMA/SMK Kelas 12  Semester 1 [Unduh]

Demikian informasi tentang RPP Kurikulum 2013 tingkat SMA beserta dengan contohnya yang dihimpun tim Evaluasi.or.id. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Post a Comment